Comscore Tracker

Pernah Jadi Perdebatan, Warna Tas ini Putih atau Biru sih?

Hayo, coba ditebak

Tahun 2015 lalu, netizen pernah mendebatkan warna dress hitam-biru atau putih-emas. Tak lama ini, kejadian serupa terulang lagi dan pernah viral di Twitter. Masih ingat gak kamu perdebatan tentang foto tas yang diposting oleh Taylor Corso @whyofcorso di akun Twitter-nya? Sebuah tas tangan yang difoto oleh Corso ini langsung menyebar di timeline Twitter. Netizen memperdebatkan warna tas milik Corso ini putih atau biru? Barangkali sampai sekarang, kamu juga masih bingung warna apa tas ini. Iya gak sih?

1. Apa sih warna tas ini?

Pernah Jadi Perdebatan, Warna Tas ini Putih atau Biru sih?iflscience.com

Ketika pertama kali melihatnya, mata saya menangkap warna tas tersebut adalah putih. Tetapi teman saya mengatakan, ia melihatnya sebagai warna biru. Kalau menurut kamu? 

Ternyata jawaban yang tepat, warna tas tersebut memang biru. Tepatnya berwarna mystic blue.

2. Kenapa kita bingung membedakan warna tersebut? Sebuah penelitian ini berhasil mengungkapkan penyebabnya

Pernah Jadi Perdebatan, Warna Tas ini Putih atau Biru sih?twitter.com/whyofcorso

 

Fenomena perbedaan persepsi dalam melihat warna ini disebut sebagai color constancy. Color constancy adalah suatu kondisi, di mana persepsi manusia terhadap warna berubah akibat konteks dan lingkungan di sekitarnya.

Umumnya, fenomena itu terjadi pada saat kita melihat suatu foto. Faktor-faktor yang terjadi saat melihat foto tersebut, misalnya jenis lampu di ruangan apakah warna kekuningan atau kebiruan, juga memengaruhi bagaimana kita melihat suatu warna dalam foto. Otak seolah melakukan kesalahan penilaian dalam mempersepsikan sebagian informasi.

3. Cahaya handphone atau komputer juga ikut berpengaruh

Pernah Jadi Perdebatan, Warna Tas ini Putih atau Biru sih?kchatjjigae.com

Selain kondisi-kondisi di atas, perbedaan persepsi saat melihat suatu warna bisa juga disebabkan oleh gelap-terangnya layar monitor handphone atau komputer di mana kita melihat foto.

Fenomena-fenomena color constancy ini sangat menarik ya. Pasti bukan hanya persoalan itu saja. tetap menarik perhatian dan menjadi perdebatan orang di seluruh dunia. Pernah punya pengalaman serupa?

Baca Juga: Apakah Kamu Gila atau Normal? Cobalah Tes Sederhana ini Kalau Berani

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You