Comscore Tracker

Ini yang Terjadi Pada Otak Ketika Postingan di Medsos Dapat 'Like'

Makanya Facebook pengin menghapusnya. Setuju gak kamu?

Kabarnya, Facebook sedang mempertimbangkan untuk menghilangkan tombol 'like' yang ada di unggahan seseorang. Penghilangan tombol ini kemungkinan besar untuk mencegah pengguna stres, jika berpatokan pada jumlah 'like' pada setiap postingan yang diunggahnya. Lalu kenapa seseorang bisa bergantung pada 'like' ya? Berikut ini reaksi otak ketika mendapatkan 'like' di medsos, menurut peneliti:

1. Ada suntikan dopamin ketika kamu menekan tombol 'like'

Ini yang Terjadi Pada Otak Ketika Postingan di Medsos Dapat 'Like'independent.co.uk

Menurut Dr Tara Emrani dari NYU Langone Health, seseorang yang mendapat apresiasi dalam bentuk 'like' maupun komentar di Facebook dapat memicu sistem penghargaan (reward system) pada otak, dan menyebabkan otak melepaskan dopamin.

Dopamin sendiri merupakan hormon yang membuatmu merasa puas dan senang. Meski dalam beberapa kasus, perasaan tersebut juga dapat menjadi adiktif.

2. Mengaktivasi sistem penghargaan

Ini yang Terjadi Pada Otak Ketika Postingan di Medsos Dapat 'Like'wikileaf.com

Dr. Dar Meshi PhD dari Michigan State University juga menegaskan hal ini. Menurutnya, ketika seseorang mendapat 'like' di media sosial atas unggahannya, bagian sistem penghargaan otak akan aktif. Adapun yang dimaksud sistem penghargaan adalah bagian dari otak yang secara penting menaksir nilai dari suatu hal dan membantu seseorang untuk mengambil keputusan-keputusan berdasarkan nilai tersebut. 

3. Seseorang butuh validasi terhadap postingan

Ini yang Terjadi Pada Otak Ketika Postingan di Medsos Dapat 'Like'zoogtech.com

Dr Mark Griffiths PhD dari Nottingham Trent University, juga mengatakan bahwa tombol 'like' mendorong seseorang untuk bolak-balik mengecek media sosialnya. Dari sisi psikologis, kebiasaan ini kerap dideskripsikan sebagai cara untuk memenuhi dahaga terhadap validasi.

Baca Juga: 7 Media Sosial yang Sangat Terkenal di Awal 2000-an, Pernah Pakai? 

4. Orang yang menghitung jumlah 'like' akan kehilangan kepercayaan diri

Ini yang Terjadi Pada Otak Ketika Postingan di Medsos Dapat 'Like'healthbeat.spectrumhealth.org

Psikolog Emma Kenny punya pendapat serupa. Menurutnya, orang terus menghitung perolehan jumlah 'like' akan semakin berbahaya ketika mulai memengaruhi kepercayaan diri seseorang.

Kennye mengatakan, saat seseorang mulai meyakini pendapat orang lain merupakan sebuah kebenaran, maka penghargaan berikut kepercayaan terhadap diri sendiri pun akan anjlok. Termasuk ketika seseorang menghapus unggahannya karena jumlah 'like' yang diperoleh tidak memuaskan.

5. Foto yang banyak di-'like' lebih dipercaya informasinya

Ini yang Terjadi Pada Otak Ketika Postingan di Medsos Dapat 'Like'business.gov.au

Dr Lauran Sheran yang kini bekerja sebagai peneliti UX di Facebook, juga melakukan riset di UCLA pada tahun 2016. Dalam penelitiannya, mereka memperlihatkan dua buah foto sama tetapi dengan jumlah 'like' yang berbeda, kepada para remaja. Hasilnya, foto dengan jumlah 'like' terbanyak lebih diminati dan dianggap memiliki informasi yang paling dipercaya dibandingkan lainnya.

6. Semakin banyak disukai, berarti makin banyak pula orang yang menyukai

Ini yang Terjadi Pada Otak Ketika Postingan di Medsos Dapat 'Like'seo-hacker.net

Hal ini selaras dengan yang ditekankan oleh Meshi. Seseorang akan beranggapan semakin banyak suatu hal tersebut disukai, maka semakin besar pula kemungkinan orang akan menyukainya.

7. Seseorang akan ketagihan jika postingannya banyak 'like'

Ini yang Terjadi Pada Otak Ketika Postingan di Medsos Dapat 'Like'itstimetologoff.com

Kesimpulannya, jumlah 'like' yang dapat dilihat oleh publik akan mengaktifkan sistem penghargaan pada otak. Semakin banyak kuantitas 'like' yang diperoleh, semakin aktif pula area otak tersebut hingga membuatmu jadi ketagihan.

Dari hasil penelitian di atas, kamu setuju dengan langkah yang akan dilakukan Facebook untuk menghilangkan tombol 'like'? Berikan pendapatmu di kolom komentar ya.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya