Comscore Tracker

9 Hal yang Ternyata Bisa Menular ke Orang Lain Selain Penyakit

Kalau mimin pengin ketularan bahagia nih

Kalau mendengar kata "menular", satu hal yang spontan terbesit di pikiran adalah bakteri atau penyakit. Wajar saja, karena menular lebih banyak digunakan dalam konteks kalimat negatif daripada positif. Inilah yang menyebabkan pemahaman kita cenderung negatif sebelum mengetahui apa kata yang mengikutinya.

Padahal dilansir dari berbagai sumber, ada banyak lho hal lain yang bisa menular seperti berikut ini:

1. Kebahagiaan sanggup menularkan kepada orang lain sampai 34 persen

9 Hal yang Ternyata Bisa Menular ke Orang Lain Selain Penyakitunsplash.com/@genessapana

Sebuah studi yang dilakukan peneliti dari Harvard dan University of California dengan 5 ribu responden, menunjukkan bahwa kebahagiaan ternyata bisa menular. Saat kamu merasa senang, seorang kawan dan tetangga yang berada dalam radius 1 km cenderung merasa bahagia pula sebesar 25 dan 34 persen.

Data yang sama juga menunjukkan bahwa tambahan uang senilai US$5 ribu (sekitar Rp71 juta) hanya meningkatkan kebahagiaan sebanyak 2 persen.

2. Pikiran negatif

9 Hal yang Ternyata Bisa Menular ke Orang Lain Selain Penyakitunsplash.com/@brookecagle

Di sisi lain, pikiran negatif juga ternyata bisa menular. Sebuah penelitian dari University of Notre Dame memperlihatkan bahwa mahasiswa baru yang dipasangkan dengan teman sekamar secara acak memiliki kecenderungan tinggi mengenai gaya berpikir negatif hanya dalam waktu tiga bulan.

Kamu juga mungkin pernah pula merasa 'terbawa' jadi mudah berpikiran negatif saat lingkungan di sekelilingmu demikian, kan?

3. Stres

9 Hal yang Ternyata Bisa Menular ke Orang Lain Selain Penyakitunsplash.com/@thethoughtcatalog

Otakmu dapat mendeteksi stres pada orang lain melalui beberapa hal seperti semakin cepatnya napas seseorang. Heidi Hanna, Executive Coach dan penulis Stressaholic mengatakan bahwa hal tersebut memicu pula produksi hormon stresmu.

Jadi lain kali kalau kamu merasa stres, ambil rehat sejenak untuk menenangkan diri. Tak hanya untukmu, solusi ini juga baik untuk orang-orang di sekitarmu.

4. Gatal

9 Hal yang Ternyata Bisa Menular ke Orang Lain Selain Penyakitunsplash.com/@eessoo

Kalau pernah melihat orang merasa gatal dan menggaruknya lalu kamu jadi ikut merasa dan melakukan hal serupa, kamu tidak sendiri. Sebuah studi di Journal Science menemukan bahwa tikus akan menggaruk badan mereka saat melihat tikus lainnya yang gatal dan menggaruknya. 

5. Berhenti merokok

9 Hal yang Ternyata Bisa Menular ke Orang Lain Selain Penyakitunsplash.com/@iriser

Penelitian yang dilakukan oleh tim dari Harvard dan University of California juga menemukan fakta ini. Ketika satu orang berhenti merokok, teman-teman terdekat dan anggota keluarga juga akan cenderung berhenti merokok sebesar 36 persen.

6. Menginginkan hal-hal baru

9 Hal yang Ternyata Bisa Menular ke Orang Lain Selain Penyakitunsplash.com/@dylu

Sama sekali bukan kebetulan kalau kamu tiba-tiba ingin ikut membeli barang serupa dengan apa yang temanmu beli. Sebuah studi pada tahun 2012 yang dipublikasikan di Journal of Neuroscience mendapati bahwa partisipan menilai suatu barang menjadi lebih tinggi ketika orang lain juga menginginkan hal serupa.

Elizabeth Lombardo PhD, menyebut kondisi ini sebagai wedding band syndrome, seperti laki-laki yang jadi terlihat lebih menarik ketika seseorang juga menyukai atau bahkan memilikinya.

7. Kesepian nampaknya bisa menular

9 Hal yang Ternyata Bisa Menular ke Orang Lain Selain Penyakitunsplash.com/@challengart

Menurut sebuah studi di Journal of Personality and Social Psychology, justru ketika seseorang mulai merasa kesepian, orang-orang lain dalam kelompok sosial tersebut juga lambat laun akan merasakan hal tersebut. Peneliti juga meyakini bahwa suatu kelompok pun cenderung akan mengasingkan orang yang mengalami rasa sepi tersebut sehingga membuat kelompok mereka tetap 'stabil'. 

8. Perceraian juga menular. Wah, bahaya ya

9 Hal yang Ternyata Bisa Menular ke Orang Lain Selain Penyakitunsplash.com/@hutomoabrianto

Sebuah riset tahun 2013 di Journal Social Forces menemukan bahwa orang-orang yang berada dalam lingkungan perceraian memiliki kecenderungan sebesar 75 persen untuk bercerai juga. Saat seorang kawan bercerai, pasangan yang menikah memiliki kemungkinan untuk juga bercerai sebesar 33 persen.

Selain itu, penelitian ini juga mengungkapkan bahwa orang-orang dengan status menikah yang memiliki banyak teman memiliki kemungkinan lebih kecil untuk berpisah.

9. Turun berat badan

9 Hal yang Ternyata Bisa Menular ke Orang Lain Selain Penyakitunsplash.com/@happyveganfit

Satu penelitian di Obesity menemukan bahwa saat para sukarelawan memulai program penurunan berat badan, pasangan mereka juga ikut mengalami penurunan berat badan. Bisa jadi #couplegoal yang sehat, nih!

Itulah hal-hal yang bisa menular selain penyakit. Semoga kamu ketularan hal-hal yang positif ya.

Baca Juga: 15 Cara Mencegah Ular Masuk Rumah, Bukan Pakai Garam

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You