Comscore Tracker

Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Kanker, Ini 7 Manfaat Kembang Sepatu

Yuk, budidayakan kembang sepatu di rumah

Kembang sepatu memiliki nama ilmiah hibiscus rosa-sinensis. Banyak modelnya dan memiliki ciri yang berbeda. Kembang sepatu ini sebenarnya berasal dari daerah Asia Timur Cina. Meski begiu bunga ini bisa hidup di daerah tropis maupun tidak. Pasti di rumahmu juga ada bunga ini, kan? Tolong dirawat baik-baik ya. Karena bunga ini punya banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini manfaat kembang sepatu:

1. Mengurangi kerontokan rambut dan berhban

Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Kanker, Ini 7 Manfaat Kembang Sepatubustle.com

Berguna untuk rambut, dengan pengertian kembang sepatu punya manfaat untuk merawat rambut. Sebelumnya, daun dari kembang sepatu ini bisa menghasilkan sabun dan membersihkan rambut. Melansir dari healthbenefitstimes.com, tumbuhan kembang sepatu memiliki vitamin C dan mineral.

Daun tumbuhan ini juga memiliki anti-inflamasi. Bagian bunganya dapat mengurangi kerontokan rambut, dan beruban. Menjadi solusi rambut rontok karena vitamin A dan C yang ada di kembang sepatu dapat melawan rambut rontok dan bantu rambut bertumbuh. Bisa juga menghilangkan ketombe.

2. Meningkatkan sistem imun tubuh

Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Kanker, Ini 7 Manfaat Kembang Sepatususandanzig.com

Sebuah penelitian juga mengatakan bahwa Kembang Sepatu bisa membantu sel yang bertugas untuk jadi pelindung tubuh dari penyakit. Jadi, dengan meminum teh hibiscus bisa membantu kamu lebih kuat untuk melawan penyakit.

3. Buat mengurangi kolesterol dan darah tinggi

Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Kanker, Ini 7 Manfaat Kembang Sepatusmartdetoxplus.net

Mengonsumsi hibiscus pun dapat membantu merendahkan kadar kolesterol kamu. Penelitian mengatakan bahwa ekstrak dari bagian bunga hibiscus ini bisa bantu arteri yang tersumbat sebanyak 22 persen. Kadar saponin dalam kembang sepatu mengikat kolesterol, serta mencegah penyerapannya juga.  

Sama halnya dengan mengobati kolesterol, tumbuhan ini bisa bantu mengobati darah tinggi atau hipertensi. Melansir dari livelittlelonger.com, ada senyawa bioflavonoid dalam teh tumbuhan hibiscus yang bisa membuat jantung lebih sehat.

4. Mengurangi racun dan bantu menurunkan berat badan

Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Kanker, Ini 7 Manfaat Kembang Sepatubulletproof.com

Tumbuhan hibiscus memiliki banyak nutrisi dan mineral. Dengan begitu, bisa membantu tubuh mengurangi penyerapan terhadap lemak dan karbohidrat. Selain itu, tumbuhan ini memiliki antidioksidan tinggi yang menurunkan berat badan dan meningkatkan metabolisme. 

5. Bantu mencegah kanker kulit

Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Kanker, Ini 7 Manfaat Kembang Sepatumetabolicooking.onthercdn.com

Tumbuhan hibiscus pun dapat mengobati kanker kulit dengan sifat protektifnya. Menurut penelitian, mengoleskan ekstrak hibiscus sebelum terkena radiasi UV dan bahan kimia beracun, dapat mengembalikan enzim pelindung dan mencegah sel yang rusak.

6. Bantu menyembuhkan demam dan sembelit

Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Kanker, Ini 7 Manfaat Kembang Sepatukiddocare.my

Ternyata tumbuhan hibiscus sudah digunakan untuk pengobatan sejak lama. Karena efek dari bunga hibiscus dapat mengurangi suhu tubuh, jadi bantu menurunkan panas demam. Pengobatan tersebut dilakukan oleh orang Mesir zaman dahulu.

Sedangkan di Afrika, bunga dari tumbuhan ini digunakan untuk mengurangi gejala sembelit. Tak hanya itu, teh dari tumbuhan hibiscus ini bisa mengobati sakit perut karena menstruasi dan mengobati menopause, dilansir dari livealittlelonger.com.

7. Bisa bantu obati depresi

Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Kanker, Ini 7 Manfaat Kembang Sepatudaily.jstor.org

Karena dapat membantu melancarkan darah, tumbuhan hibiscus punya cara untuk melindungi otak kita. Penelitian mengatakan bahwa polyphenols dapat meningkatkan peredaran darah. Namun beberapa penelitian tentang itu masih terus dilakukan.

Itulah manfaat kembang sepatu. Kamu sudah ada yang memanfaatkan kembang sepatu ini untuk pentibatan?

Baca Juga: 7 Reaksi Tubuh Ketika Kamu Sedang Merahasiakan Sesuatu

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You