Pemakan Daging Vs Vegetarian, Mana yang Bisa Membuat Panjang Umur?

Kamu tim daging atau vegetarian? Share pengalamanmu dong

Umumnya, umur panjang dikaitkan dengan pola hidup yang sehat dengan menjaga pola makanan. Banyak yang menerapkan keseimbangan proporsi asupan gizi, dengan menyeimbangkan konsumsi daging dan sayuran. Bahkan ada juga yang tidak mengonsumsi daging sama sekali, dan produk-produk hewani seperti susu ataupun keju. Itulah yang disebut sebagai vegetarian.

Tapi apakah benar kalau kita menjadi seorang vegetarian lebih awet muda dan panjang umur ketimbang pemakan daging? Berikut ini ulasannya:

1. Anggapan ini berhasil dibuktikan melalui sebuah studi yang dilakukan oleh beberapa ilmuwan dari Massachusetts General Hospital

Pemakan Daging Vs Vegetarian, Mana yang Bisa Membuat Panjang Umur?thebreastcaresite.com

Dilansir dari Independent, penelitian ini dilakukan dengan memantau perkembangan kesehatan dan pola makan lebih dari 130 ribu warga Amerika Serikat selama 30 tahun. Dari hasil pengamatan itu , diketahui mereka yang menerapkan pola makan vegetarian memiliki potensi hidup lebih lama dibanding mereka yang tidak menerapkannya.

Penemuan ini juga dibuktikan oleh penelitian lainnya dari Loma Linda University of California. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 silam, menunjukkan bahwa peluang kematian yang dimiliki para vegetarian lebih rendah 12 persen ketimbang para non-vegetarian.

2. Peluang vegetarian memiliki umur yang lebih panjang tak lain karena protein yang terkandung dalam sayuran lebih menyehatkan dari pada protein yang terkandung dalam produk hewani

Pemakan Daging Vs Vegetarian, Mana yang Bisa Membuat Panjang Umur?pexels.com

Hal ini tak lain karena selain protein, produk hewani juga kerap mengandung kolesterol dan lemak jenuh. Kedua kandungan tambahan ini juga diketahui berpotensi menyumbat pembuluh darah dalam tubuh. Meningkatkan asupan protein dari produk hewani sebanyak 10 persen saja diketahui dapat meningkatkan risiko kematian sebanyak 2 persen. Makanya, gak heran kalau menggantikan asupan protein dari daging ke sayuran turut berdampak terhadap kesehatan dan berpengaruh mengurangi risiko kematian.

3. Pengaruh pola makan vegetarian terhadap umur yang panjang juga diiringi berbagai manfaat lainnya bagi kesehatan

Pemakan Daging Vs Vegetarian, Mana yang Bisa Membuat Panjang Umur?flatabsfitness.com

Dilansir dari TIME, berbagai faktor yang menjadikan pola makan vegetarian dapat membuat kita panjang umur antara lain karena dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi kemungkinan penyakit jantung hingga 32 persen, menurunkan risiko kanker, diabetes, juga obesitas. Bahkan pola makan ini juga diyakini dapat memperbaiki mood, karena diketahui melalui sebuah penelitian dari Benedictine University, bahwa mereka yang menerapkan pola makan vegetarian mengalami perubahan mood ke arah yang lebih baik.

Pola makan vegetarian kini mulai dijalankan oleh sebagian masyarakat Indonesia. Bahkan kini sudah ada menu khusus vegetarian. Buat kamu yang mengalami masalah kesehatan, gak ada salahnya lho ikut menerapkan pola makan vegetarian. Selamat hidup sehat.