Comscore Tracker

5 Alasan Rambut Kamu Beruban Meski Masih Muda

Kalau mimin beruban masih pede sih. Kalau kamu?

Orang yang beruban selalu diidentikkan dengan usianya sudah tua. Padahal usia muda juga ada yang beruban. Kenapa bisa begitu? Secara biologis, ubanan terjadi ketika sel pigmen yang berfungsi memberikan warna pada rambut tidak lagi bekerja. Dilansir dari IFLScience, umumnya proses perubahan warna terjadi saat kita memasuki usia 30-an yang diawali dari beberapa helai. Barulah proporsi uban di rambut menjadi semakin signifikan begitu memasuki usia 50-an.

Faktor ras juga turut memengaruhi. Orang-orang Kaukasia cenderung memiliki uban yang lebih banyak dibanding orang Afrika dan Asia.

Tapi apa sih yang menyebabkan rambut seseorang bisa beruban meski masih muda? Berikut ini penjelasannya:

1. Faktor genetik tentu berperan penting kenapa kamu sudah ubanan saat masih muda

5 Alasan Rambut Kamu Beruban Meski Masih Mudaid.pinterest.com

Munculnya uban bisa terjadi karena faktor genetik. Saudara kembar identik dikabarkan memiliki uban di usia yang sama, dengan tingkat dan pola uban yang serupa pula.

2.Selain itu, beruban saat masih muda juga bisa berindikasi adanya penyakit

5 Alasan Rambut Kamu Beruban Meski Masih Mudacoolmenhairstyles.com

Beberapa jenis penyakit diketahui memberikan dampak terhadap cepatnya pertumbuhan uban penderitanya. Dilansir dari TIME, penyakit-penyakit autoimmune seperti vitiligo dan alopecia dimana sel di tubuh menyerang tubuh sendiri bisa memegang andil.

Beberapa kondisi asing lainnya juga diketahui berpengaruh, seperti Hutchinson-Gilford progeria Syndrome dan Werner syndrome yang membuat penderitanya mengalami penuaan lebih cepat. Bahkan anaemia dan gangguan di kelenjar tiroid sendiri juga bisa membuatmu ubanan lho.

3. Stres juga bisa memicu munculnya uban saat masih muda

5 Alasan Rambut Kamu Beruban Meski Masih Mudaid.pinterest.com

Faktor stres hingga saat ini masih diperdebatkan oleh para ilmuwan terkait hubungannya dengan pertumbuhan uban yang lebih cepat. Namun sebuah penelitian dari New York University mengaku menemukan penyebabnya. Dengan mengamati perkembangan yang terjadi pada hewan tikus, peneliti menemukan bahwa stres bisa mematikan sel-sel stem yang menjadi basis folikel rambut yang berperan dalam pertumbuhan rambut.

4. Beruban saat masih muda bisa disebabkan karena kekurangan vitamin

5 Alasan Rambut Kamu Beruban Meski Masih Mudashefinds.com

Pertumbuhan uban yang muncul secara dini ternyata juga bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin. Salah satu jenis vitamin yang berperan penting bagi rambut yaitu vitamin B12. Vitamin yang satu ini berperan bagi sistem imun, kesehatan otak, dan sel darah.

Vitamin B12 diketahui cuma terkandung di produk makanan hewan, jadi para vegetarian sangat berisiko kekurangan jenis vitamin yang satu ini. Kekurangan vitamin juga dapat terjadi karena faktor lainnya, seperti mengonsumsi pil KB atau karena beberapa penyakit seperti anemia.

5. Kebiasaan merokok ternyata juga berpengaruh terhadap rambut

5 Alasan Rambut Kamu Beruban Meski Masih Mudawd5688.net

Buat kamu yang masih gemar mengisap rokok sebaiknya berhati-hati. Lebih baik segera berhenti jika gak mau cepat beruban. Tentu semua pasti tahu jika merokok dapat mempercepat proses penuaan. Proses penuaan ini ternyata gak cuma terjadi di kulit, tapi juga di rambut.

Keriput ini juga terjadi di kulit kepala, kemudian berdampak pada folikel rambut yang akhirnya membuatmu beruban lebih cepat.

Dari banyak penjelasan di atas apakah sudah cukup menjawab kegelisahanmu?

Baca Juga: Apakah Kamu Gila atau Normal? Cobalah Tes Sederhana ini Kalau Berani

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You