Comscore Tracker

Musuh Sejuta Umat, 7 Hal yang Berbahaya dari Kecoa Menurut Peneliti

Awas ancang-ancang terbang ke arahmu

Pasti hampir sebagian besar orang membenci yang namanya kecoak. Sebab makhluk ini tiba-tiba terbang mendekati ketika diusir. Kecoak identik dengan sesuatu yang kotor, berkuman dan bahaya bagi kesehatan. Berikut ini hal yang harus kamu ketahui tentang kecoak:

1. Kecoak dapat menyebabkan diare dan keracunan makanan

Musuh Sejuta Umat, 7 Hal yang Berbahaya dari Kecoa Menurut Penelitihealthline.com

Karena suka di tempat kotor, kecoak dapat menyebabkan gangguan masalah kesehatan. Seperti diare, keracunan makanan, hingga infeksi staphylococcus. Kecoak sering mencari makanan busuk di tempat sampah. Alhasil kuman dan bakteri menempel di kakinya, menurut laman Batzner Pest Control.

Makanya kamu harus waspada ketika kecoak ini masuk ke dalam rumah. Karena bisa menularkan bakteri dan bibit penyakit ke makanan yang tidak ditutup. Mikroorganisme penyebab penyakit juga ada di dalam sistem pencernaan kecoak dan bisa menyebar melalui kotorannya.

Baca Juga: 6 Cara Alami Meredakan Sakit Kepala, Gak Ada Efek Samping

2. Bisa memicu gejala asma pada anak-anak

Musuh Sejuta Umat, 7 Hal yang Berbahaya dari Kecoa Menurut Penelitimedicalnewstoday.com

Asma bisa dipicu oleh paparan iritasi dan zat yang memicu alergi (Alergen) seperti serbuk sari, tungau debu, spora kapang, bulu hewan peliharaan sampai partikel kotoran kecoak, menurut laman Mayo Clinic. Ciri-ciri asma adalah adanya sesak napas, nyeri dada atau serangan batuk yang parah.

Kecoak memiliki beberapa konsekuensi negatif bagi kesehatan manusia. Karena memiliki alergen yang bisa ditemukan di kotoran, air liur dan bagian tubuh lain kecoak. Ini bisa memicu reaksi alergi dan gejala asma pada anak-anak.

3. Bisa menyebabkan ruam pada kulit

Musuh Sejuta Umat, 7 Hal yang Berbahaya dari Kecoa Menurut Penelitimomjunction.com

Alergi pada kecoak tidak hanya menyebabkan asma. Tetapi juga memicu ruam pada kulit. Alergi pertama kali dilaporkan pada tahun 1943, ketika seorang pasien mengalami ruam kulit setelah serangga merayap pada kulitnya. Tahun 1959, dikembangkan tes alergi pada kulit dan dikonfirmasi bahwa kecoak bisa menjadi pemicunya, ungkap Pest World.

Menurut laman tersebut, air liur, feses dan bagian tubuh kecoak yang tercecer bisa memicu alergi. Karena itu segera bersihkan kulit yang terkena kontak kecoak dengan air bersih dan sabun.

4. Ada 33 jenis bakteri yang bisa disebarkan oleh kecoak

Musuh Sejuta Umat, 7 Hal yang Berbahaya dari Kecoa Menurut Penelitimedicalnewstoday.com

Semakin mengerikan, ternyata kecoak membawa sekitar 33 jenis bakteri di tubuhnya! Kecoak mengangkut mikroba di permukaan tubuhnya dan mengandung patogen yang berbahaya bagi manusia. Dari 33 jenis bakteri, yang paling banyak ditemukan adalah e-coli, salmonella, serta 6 cacing parasit dan 7 jenis patogen manusia, ungkap Pest World.

Bakteri e-coli dan salmonella dikenal sebagai penyebab klasik keracunan makanan dan gastroenteritis. Gejala yang paling umum adalah sakit perut, kejang perut, mual dan muntah. Diare yang parah bisa menyebabkan seseorang dehidrasi dan memerlukan rawat inap. Jadi, jagalah kebersihan rumah supaya tak ada kecoak di dalamnya!

5. Bisa memicu munculnya tifus

Musuh Sejuta Umat, 7 Hal yang Berbahaya dari Kecoa Menurut Penelitimedicalnewstoday.com

Tahukah kamu bahwa tifus bisa disebabkan oleh kecoak? Ini karena di tubuh kecoak mengandung bakteri salmonella typhi. Bakteri ini bisa menginfeksi usus dan aliran darah. Beberapa gejala tifus adalah demam tinggi, sakit kepala, sembelit, kelelahan, kehilangan selera makan, pusing dan batuk, ungkap laman BC Center for Disease Control.

Salmonella typhi disebarkan melalui fecal dan oral, misalnya melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi dan bisa juga karena kontak dengan kotoran manusia yang terinfeksi dan tidak disertai dengan cuci tangan yang benar. Tifus bisa membuat tubuh sakit selama 1-2 minggu.

6. Selain tifus, juga juga memicu disentri

Musuh Sejuta Umat, 7 Hal yang Berbahaya dari Kecoa Menurut Penelitihealthjade.com

Tak hanya itu, kecoak juga bisa menyebabkan disentri. Penyakit ini bisa ditandai dari beberapa gejala, misal ada pendarahan saat buang air besar, kram perut yang menyakitkan, mual atau muntah hingga demam hingga di atas 38°C, ungkap Health Jade.

Disentri bisa ditularkan melalui berbagai cara, misalnya makan makanan yang terkontaminasi, menelan air yang terkontaminasi, menyentuh mulut dengan tangan yang tidak bersih atau terkontak langsung dengan orang yang menderita disentri. Cara menghindarinya tentu saja dengan menjaga kebersihan dan menghindari kontak dengan orang-orang yang menderita penyakit ini.

7. Dapat menyebabkan terjangkit infeksi staph. Apa itu?

Musuh Sejuta Umat, 7 Hal yang Berbahaya dari Kecoa Menurut Penelitijointflex.com

Infeksi staph muncul karena dar produksi racun dari bakteri. Contoh penyakit akibat infeksi ini adalah bisul, impetigo, keracunan makanan, selulitis, hingga sindrom syok toksik, ungkap laman Medicine Net.

Kecoak membawa bakteri staphylococcus. Penularannya melalui kontak langsung karena ada luka yang terinfeksi. Misalnya disebarkan oleh pisau cukur atau perban yang digunakan bersaa. Gejala-gejala yang timbul biasanya nanah, bisul, dan abses.

Itulah hal-hal yang harus kamu ketahui tentang kecoak. Mengerikan ya. Makanya jadi hal wajib deh kalau harus menjauhi kecoak.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya