Comscore Tracker

7 Penyebab Keringat Bisa Meninggalkan Noda Kuning di Baju

Orang berkeringat belum tentu sehat

Adakalanya kamu tidak percaya diri ketika memakai baju warna putih. Khawatirnya akan ada noda warna kuning di sela-sela ketiak. Apalagi saat kamu sedang berkeringat. Lalu, mengapa hal itu bisa terjadi? Berikut ini penjelasannya:

1. Deodoran yang mengandung bahan tertentu bisa memicu noda

7 Penyebab Keringat Bisa Meninggalkan Noda Kuning di Bajusilicones.elkem.com

Noda berwarna kuning yang ditinggalkan keringat ternyata dapat terjadi akibat adanya reaksi kimia yang muncul karena kandungan deodoran yang kamu pakai. Hal ini disebabkan karena pertemuan antara protein dan mineral pada keringat dengan alumunium, yang biasa terkandung pada deodoran, dapat mengubah struktur keringat. Sehingga keringat berubah menjadi kuning dan diserap oleh pakaian.

Baca Juga: 5 Mimpi Pertanda Kamu Bakalan Dapat Rezeki dan Keberuntungan

2. Penggunaan produk yang mengandung aluminium

7 Penyebab Keringat Bisa Meninggalkan Noda Kuning di Bajustartyourindustry.com

Selain deodoran, memakai produk lain yang mengandung aluminium juga bisa menyebabkan munculnya reaksi kimia, sehingga keringat berubah warna menjadi kuning. Beberapa produk tersebut seperti sabun, deterjen, dan bedak.

3. Noda kuning bisa muncul akibat bakteri dan jamur

7 Penyebab Keringat Bisa Meninggalkan Noda Kuning di Bajutheindianwire.com

Pemecahan lemak dan protein saat proses keluarnya keringat secara normal pada kulit juga dapat noda kuning yang tertinggal di pakaian. Biasanya, hal tersebut terjadi akibat bakteri dan jamur saat tubuh berkeringat.

4. Kotoran pada kulit

7 Penyebab Keringat Bisa Meninggalkan Noda Kuning di Bajuhindigyanweb.com

Saat menjalankan aktivitas, tubuh bisa saja terpapar kotoran atau justru tubuh sendiri yang mengeluarkan zat kotor seperti keringat. Sayangnya, kotoran yang menempel pada kulit tersebut bisa saja berisiko meninggalkan noda kuning pada pakaian akibat mengalami gesekan secara terus menerus.

5. Noda muncul karena Chromhidrosis. Apa itu?

7 Penyebab Keringat Bisa Meninggalkan Noda Kuning di Bajuescholarship.org

Chromhidrosis merupakan kondisi langka yang dapat membuat keringat seseorang berubah warna menjadi kuning, oranye, bahkan kehijauan. Hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebab kondisi tersebut. Namun, umumnya chromhidrosis terjadi akibat asupan makanan dan obat-obatan tertentu yang dikonsumsi.

6. Fakta unik: keringat tidak memiliki bau

7 Penyebab Keringat Bisa Meninggalkan Noda Kuning di Bajumoddworks.com

Meski kerap dipermasalahkan sebagai sumber bau badan, ternyata keringat sama sekali tidak mengeluarkan bau tidak sedap lho. Hal ini karena tidak ada sedikit pun kandungan senyawa pada keringat yang dapat menimbulkan bau.

7. Fakta unik: keringat bukan tanda tubuh sehat

7 Penyebab Keringat Bisa Meninggalkan Noda Kuning di Bajusweatblock.com

Ketika seseorang berkeringat nyatanya tubuh memang mengeluarkan racun. Akan tetapi, menurut profesor fisiologi manusia dan olahraga, Juan Del Coso, keringat yang keluar tersebut belum bisa menandakan orang tersebut terbebas dari sakit. Sebab saat seseorang sakit, racun justru akan keluar melalui urin, bukan keringat.

Itu dia alasan keringat kamu bisa meninggalkan noda kuning pada pakaian. Mulai saat ini perhatikan penggunaan deodoran serta hal lainnya ya.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya