Comscore Tracker

9 Kondisi Tubuh yang Kamu Rasakan Ketika Berada di Dalam Lift Jatuh

Ngeri banget sih

Kamu pernah melihat film adegan lift terjatuh? Bagaimana ya rasanya jika lift-nya benar-benar jatuh? Tetapi pada dasarnya tubuh orang ketika lift-nya jatuh rasanya akan sama dengan astronaut yang berada di luar angkasa. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

1. Kalau kamu berbaring di lantai lift kemungkinan bisa menyelamatkanmu

9 Kondisi Tubuh yang Kamu Rasakan Ketika Berada di Dalam Lift Jatuhmirror.co.uk

Hal terbaik yang bisa kamu lakukan ketika lift-nya jatuh adalah berbaring telentang di lantainya. Kenapa demikian? Dilansir dari MIT, hal ini akan mendistribusikan kekuatan tabrakan ke seluruh tubuh. Sehingga tidak ada bagian tertentu yang terkena kekuatan lebih besar dari lainnya.

2. Hati-hati ketika lift-nya jatuh. Sebab puing-puingnya akan melukaimu

9 Kondisi Tubuh yang Kamu Rasakan Ketika Berada di Dalam Lift Jatuhpixabay.com

Walaupun begitu, berbaring di atas lantai tidak sepenuhnya akan menyelamatkanmu. Masih ada kemungkinan lain yang bisa melukai tubuh. Yaitu puing-puing lift yang hancur saat terjatuh. Kabar buruknya, jika kamu berbaring di lantai, tubuhmu akan menjadi sasaran empuk dari runtuhan tersebut.

3. Kecepatan lift yang jatuh bisa mencapai 85 kilometer per jam

9 Kondisi Tubuh yang Kamu Rasakan Ketika Berada di Dalam Lift Jatuhlaverdad.es

Kecepatan lift bergantung pada ada atau tidaknya benda lain yang menghambat proses jatuh. Dilansir dari Mythbusters, jika tanpa adanya penghalang, kecepatan bisa mencapai lebih dari 85 kilometer per jam. Ini bisa mengakibatkan patah lengan dan tulang leher.

4. Kamu akan merasa ringan

9 Kondisi Tubuh yang Kamu Rasakan Ketika Berada di Dalam Lift Jatuhthrillist.com

Kamu pernah naik roller coaster? Perasaan yang muncul saat wahana tersebut menukik ke bawah kurang lebih sama dengan berada di lift yang terjatuh.

Tubuhmu mendadak terasa lebih ringan. Dilansir dari Ranker, ahli astronomi dan fisika dari Georgia State University menjelaskan bahwa perasaan tersebut muncul karena tubuh melesat ke bawah dengan percepatan gravitasi tanpa adanya “berat nyata”.

Baca Juga: Patah Hati? Inilah 7 Reaksi Tubuh yang Akan Kamu Alami Secara Ilmiah

5. Waktu seakan berjalan lebih lambat

9 Kondisi Tubuh yang Kamu Rasakan Ketika Berada di Dalam Lift Jatuhmedia.npr.org

NASA pernah meneliti apa yang terjadi pada tubuh manusia ketika dihadapkan dengan situasi tanpa berat nyata secara mendadak. Mereka mengatakan bahwa beberapa detik akan terasa menyenangkan.

Tiba-tiba waktu akan terasa lebih lambat dan kamu tidak bisa merasakan sakit dan khawatir. Perasaan yang sama ketika seseorang mengonsumsi stimulan.

6. Organ tubuh akan bergeser dari tempatnya

9 Kondisi Tubuh yang Kamu Rasakan Ketika Berada di Dalam Lift Jatuhsi-cdn.com

Sama seperti berada di roller coaster yang tinggi, kamu akan merasa perutmu 'terjatuh'. Dilansir dari WCCO, memang benar bahwa ketika jatuh dari ketinggian, usus akan bergeser sedikit dari tempatnya.

Begitu pula dengan semua cairan yang ada di dalam organ tubuhmu. Bedanya saat di roller coaster, masih ada sabuk pengaman yang menghambat gerak tersebut. Sedangkan di dalam lift tidak akan ada hambatan.

7. Otak berusaha membuatmu tetap sadar

9 Kondisi Tubuh yang Kamu Rasakan Ketika Berada di Dalam Lift Jatuhperthnow.com.au

Para ahli saraf mengatakan saat terjatuh dari ketinggian, otak akan bekerja ekstra untuk membuatmu tetap sadar dan hidup. Caranya adalah dengan mengumpulkan ingatan jauh lebih banyak daripada biasanya.

Oleh karena itu, kamu akan mengetahui detail-detail tidak penting dari lingkungan sekitarmu. Misalnya berapa banyak tombol di dalam lift, apa warna baju yang dipakai orang di sampingmu, dan lainnya.

8. Lompat ke luar adalah usaha yang sia-sia

9 Kondisi Tubuh yang Kamu Rasakan Ketika Berada di Dalam Lift Jatuhakamaized.net

Gak seperti di film action, yang bisa mudah keluar dari lift dan selamat. Faktanya, tidak seperti itu. Ketika berada di dalam lift yang terjatuh, satu-satunya hal yang bisa kamu lakukan adalah pasrah dan berharap ada hal yang akan menghambatnya. Jangan pernah mencoba lompat ke luar lift.. Sebab gerak tubuhmu tentu lebih lambat daripada kecepatan lift.

9. Kamu tidak akan merasakan apa-apa jika mati di dalam lift yang terjatuh

9 Kondisi Tubuh yang Kamu Rasakan Ketika Berada di Dalam Lift Jatuhgeekologie.com

Dilansir dari Ranker, ahli saraf David Eagleman mengungkapkan tubuhmu tidak akan merasakan sakit karena otak bekerja lebih lambat. Namun kondisimu akan mengenaskan. Karena tulang lengan dan leher yang patah. Hampir sama dengan kondisi kematian karena tabrakan mobil.

Itulah rasanya tubuh ketika lift jatuh. Semoga hal ini tidak sampai terjadi ya.

Baca Juga: 7 Reaksi Tubuh saat Kamu Berhenti Makan, Bisa Tahan Berapa Lama?

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya