Comscore Tracker

7 Kumpulan Kisah Angka Setan Pembawa Sial dari Berbagai Negara

Keramat banget pokoknya. Indonesia ada gak ya?

Setiap manusia hidup berdampingan dengan angka-angka. Entah sebagai penunjuk waktu, tanggal, uang, nomor antre, harga belanjaan, dan lainnya. Namun tanpa disadari sebagian angka memiliki stereotip yang buruk, ddianggap sebagai pembawa kesialan atau bahkan dijuluki sebagai "angka setan". Umumnya itu berasal dari cerita rakyat, kitab-kitab, atau bahkan kebetulan yang terjadi secara berulang di masyarakat.

Berikut ini kumpulan kisah di balik angka setan atau angka keramat:

Baca Juga: Mengenal Ilmu Leak, Paling Ditakuti di Bali Tapi Diminati Orang Eropa

1. Angka 13 terkenal sebagai pembawa sial di seluruh belahan dunia

7 Kumpulan Kisah Angka Setan Pembawa Sial dari Berbagai Negarafuturecdn.net

Mayoritas orang berusaha untuk menghindari angka tersebut untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Bahkan ketakutan angka 13 melahirkan fobia tersendiri bernama triskaidekaphobia. Ada banyak versi mengenai asal-usul kesialan angka 13, di antaranya:

  • Dalam dokumen paling tua dunia, Code of Hammurabi, peraturan ke-13 dilaporkan 'hilang' atau tidak disertakan. Padahal ternyata angka tersebut memang tidak mengandung peraturan sama sekali
  • Dalam Alkitab, Judas Iscariot adalah tamu ke-13 Jesus di Perjamuan Malam Terakhir. Ia jugalah orang yang berkhianat kepada Jesus
  • Angka 12 dianggap sempurna karena digunakan sebagai jumlah bulan dalam setahun, jam dalam sehari, dan lainnya. Angka 13 pun dianggap tidak diperlukan
  • Friday the 13th, tragedi pembunuhan yang dimulai oleh King Phillip IV dari Perancis untuk membunuh para kesatria.

Baca Juga: 6 Benda Untuk Menangkal Santet, Konon Kucing Juga Bisa

2. Angka 4 ternyata juga dianggap sebagai pembawa sial. Terutama oleh masyarakat Asia Timur

7 Kumpulan Kisah Angka Setan Pembawa Sial dari Berbagai Negarachinesetouristagency.com

Wilayah tersebut antara lain Tiongkok, Taiwan, Jepang, dan Korea. Kamu bahkan tidak akan menjumpai angka tersebut ketika masuk ke dalam lift. Angka 4 sering kali diganti 3A atau lainnya. Kamu bakalan tidak akan menemukan angka tersebut di pelat nomor kendaraan di Beijing, Tiongkok.

Kenapa itu terjadi? Dilansir How Stuff Works, ternyata hal ini bermula di Tiongkok. Pelafalan angka 4 dalam Bahasa Mandarin mirip dengan kata "kematian". Masyarakat akhirnya percaya bahwa angka 4 akan membawa kesialan atau bahkan kematian pada mereka.

3. Angka 666 sering kali disebut sebagai angka setan atau bahkan monster

7 Kumpulan Kisah Angka Setan Pembawa Sial dari Berbagai Negaraistockphoto.com

Ternyata asal-usul angka ini memiliki keterkaitan yang erat dengan Alkitab dan sejarah Yunani Kuno. 

Dilansir Science Alert dalam Book of Revelation, wahyu terakhir di kitab perjanjian baru Alkitab, 666 adalah sebuah kode. Secara tak langsung, kitab tersebut mengisyaratkan bahwa 666 adalah "nomor manusia/jumlah manusia" yang juga berkaitan dengan "beast" atau setan.

Dalam budaya pop modern, 666 akhirnya berkembang menjadi simbol anti-Jesus. Dalam kata lain, menurut kepercayaan yang beredar, mereka sama dengan setan.

Baca Juga: 7 Gen Menakutkan Ini Bisa Kamu Dapat dari Orangtuamu

4. Angka 8 sering diasosiasikan sebagai angka keberuntungan

7 Kumpulan Kisah Angka Setan Pembawa Sial dari Berbagai Negaracloudfront.net

Sebagian orang berpendapat bahwa garisnya tidak putus, membuat 8 menjadi angka yang baik. Dalam Bahasa Mandarin, 8 atau "Ba" memiliki pelafalan yang sama dengan kesuksesan.

Namun tahukah kamu, bahwa angka 8 tidak selamanya mengisyarakatkan sebagai keberuntungan. Lain halnya Tiongkok, kalau di India, angka 8 diasosiasikan sebagai kesialan, penderitaan, dan keburukan. Terlebih lagi di negara tersebut, bencana sering terjadi di tanggal 8.

5. Angka 23 sering dianggap misterius dan penuh teka-teki

7 Kumpulan Kisah Angka Setan Pembawa Sial dari Berbagai Negaracentralbibliotek.dk

Itulah kenapa muncul istilah "23 enigma". Dalam sejumlah literatur dunia, angka 23 dikaitkan dengan keberuntungan sekaligus kesialan, jahat, aneh, dan sakral. Angka tersebut juga masuk ke dalam "Law of Five" atau Hukum Angka Lima, karena 2+3=5.

Selain itu, banyak pula peristiwa besar yang mengandung angka 23 di dalamnya. Seperti:

  • Julius Caesar, pemimpin diktator Romawi, diduga ditusuk 23 kali hingga meninggal dunia
  • William Shakespeare lahir pada 23 April 1564 dan meninggal di tanggal yang sama pada 1616
  • Peristiwa serangan 11 September 2001 atau 9/11. Jika kamu menambahkan semua angka di tanggal tersebut (11+9+2+0+0+1), hasilnya adalah 23.

6. Dilansir How Stuff Works, angka 17 di Italia sama sialnya dengan 13

7 Kumpulan Kisah Angka Setan Pembawa Sial dari Berbagai Negarasaggiasibilla.com

Itu terjadi karena dalam angka Romawi, 17 ditulis sebagai XVII yang bisa diatur ulang menjadi VIXI. Kata tersebut memiliki arti "aku sekarang mati" atau "hidupku telah usai" dalam Bahasa Italia. 

Karena itulah angka 17 sering tidak diikutsertakan di berbagai aspek kehidupan masyarakat setempat. Misalnya tempat duduk di penerbangan, lantai dalam gedung, hingga nomor seri mobil dan lainnya.

7. Angka 42 dan 49 dianggap sebagai kematian di Jepang

7 Kumpulan Kisah Angka Setan Pembawa Sial dari Berbagai Negaracrainsnewyork.com

Masyarakat Jepang sangat menghindari angka 42 dan 49. Angka 42 dilafalkan sebagai "shini" dalam Bahasa Jepang, yang mirip dengan pelafalan "mati". Sedangkan angka 49 adalah "shiku" yang artinya "ditabrak". Itulah kenapa pelat nomor kendaraan di negara tersebut tidak ada angka 42 dan 49.

Silakan berikan pendapatmu tentang di atas.

Baca Juga: Ngeri, 7 Gambaran Ilmiah Kondisi Bumi jika Matahari Mati

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya