7 Reaksi Tubuh Ketika Kamu Sedang Merahasiakan Sesuatu

Jaga rahasia bisa bikin stres juga lho

Apakah kamu tengah menyimpan rahasia saat ini? Menyimpan rahasia adalah sifat natural manusia karena mereka tidak ingin berbagi kepada banyak orang. Dilansir dari Journal of Personality and Social Psychology, setiap satu orang bisa menyimpan 13 macam rahasia yang berbeda dalam satu waktu. Namun menyimpan rahasia ternyata bisa berakibat buruk bagi tubuh dan mental lho. Kok bisa? Berikut ini penjelasannya:

1. Menyebabkan stres hingga depresi

7 Reaksi Tubuh Ketika Kamu Sedang Merahasiakan Sesuatutheplectrums.co.uk

Dilansir dari Women’s Health Mag, hal yang paling memengaruhi seseorang adalah seberapa dalam dan intens mereka memikirkan rahasia yang dijaga. Semakin tenggelam dalam pikiran tersebut, kondisi psikologis kita akan semakin terbebani.

Hal ini kemudian akan meningkatkan level hormon stres kortisol di tubuh. Ini adalah respons “fight or flight” pada tubuh. Kamu akan mengalami stres, moody, dan merasa kesepian. Jika terus dibiarkan, kamu akan mengalami stres depresi karenanya.

2. Mengganggu sistem pencernaan

7 Reaksi Tubuh Ketika Kamu Sedang Merahasiakan Sesuatueffectivehomeremedy.com

Selain mengganggu kesehatan mental, menjaga rahasia juga bisa berdampak pada kesehatan fisik. Salah satunya adalah gangguan pencernaan.

Saat stres atau berada di bawah tekanan, otak akan melepaskan respons tertentu di sistem saraf yang bisa meningkatkan asam lambung. Ini akan menyebabkan penyakit seperti maag, refluks asam, GERD, atau inkontinensia urine.

3. Munculnya pikiran-pikiran negatif

7 Reaksi Tubuh Ketika Kamu Sedang Merahasiakan Sesuatufreepik.com

Ketika kamu memutuskan untuk menjaga menyembunyikan sesuatu dari orang lain, korteks di otak akan merasakan stres. Ia menstimulasi pikiran-pikiran negatif untuk muncul dan menimbulkan rasa takut akan terbongkarnya rahasia. Ini karena korteks bertugas untuk membuat keputusan, memproses pemikiran yang kompleks, dan berbohong.

4. Meningkatkan tekanan darah

7 Reaksi Tubuh Ketika Kamu Sedang Merahasiakan Sesuatunhlbi.nih.gov

Seperti yang sudah dijelaskan, tubuh mengeluarkan hormon stres kortisol saat merasa tertekan. Hormon tersebut dapat mengakibatkan naiknya tekanan darah karena jantung berdebar dan pembuluh menyempit.

Dilansir dari Science Daily, sel T dari sistem imun tubuh akan memerintahkan hormon angiotensin untuk mengatur tekanan darah sebagai respons dari terganggunya kondisi psikologis. Namun ini bersifat sementara, jika kamu sudah melepaskan pikiran dari rahasia yang disimpan, tekanan darah akan kembali normal.

5. Menyebabkan insomnia

7 Reaksi Tubuh Ketika Kamu Sedang Merahasiakan Sesuatuhellosehat.com

Stres dan gangguan kecemasan yang timbul akibat menjaga rahasia juga bisa menyebabkan insomnia. Dilansir dari Sleep Health Foundation, masalah tidur tersebut terjadi pada satu dari tiga orang. Sering kali hal ini disebabkan oleh tekanan fisik dan mental yang terjadi pada penderitanya.

“Menjaga rahasia dapat memicu stres dan timbulnya perasaan bersalah yang bisa membuat seseorang tetap terjaga di malam hari,” kata Dr Sanam Hafeez, seorang ahli saraf New York, dilansir dari Bustle.

6. Semakin besar rahasia yang disimpan, semakin besar efek yang dirasakan tubuhmu

7 Reaksi Tubuh Ketika Kamu Sedang Merahasiakan Sesuatuwinsightmedia.com

Sebagian orang mengalami banyak kesulitan dalam proses menyimpan rahasia. Kesulitan itu akan bertambah seiring dengan semakin besarnya rahasia yang dijaga. Misalnya mengenai identitas diri atau kesalahan yang telah diperbuat. Beban dan konflik pribadi akan bertambah, begitu pula dengan efeknya pada tubuh kita.

7. Di sisi lain, menyimpan rahasia termasuk sifat natural manusia dalam situasi tertentu

7 Reaksi Tubuh Ketika Kamu Sedang Merahasiakan Sesuatufreepik.com

Studi yang dilakukan pada tahun 2017 oleh Columbia Business School menemukan, bahwa di situasi tertentu menyimpan rahasia bisa menjadi sifat natural manusia. Kita bisa mudah menyensor hal-hal yang kita anggap sebagai rahasia saat berbicara dengan orang lain. Hal ini kemudian menjadi kebiasaan dan terjadi secara natural.

Menyimpan rahasia itu diperbolehkan. Tetapi jika sudah mulai mengganggu kesehatan psikologis dan fisik, sebaiknya perlu dipertimbangkan lagi. Misalnya mengaku pada orang yang terpercaya atau menuliskannya.

Baca Juga: 7 Alasan Bangkai Kucing Jarang Ditemukan

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You