Comscore Tracker

Sering Terjadi, 9 Alasan Kucing Suka Kabur dari Rumah

Kucing juga bisa mendua lho

Kalau kamu punya peliharaan kucing di rumah pasti sering dibuat pusing ya. Sukanya pergi keluar rumah. Pulang-pulang pada saat ia kelaparan. Ada pula dalam kasus-kasus tertentu, kucing tidak akan kembali ke rumahnya. Apakah itu salah tuannya? Belum tentu juga. Berikut ini beberapa alasan kucing kabur dari rumah:

Baca Juga: 6 Benda Untuk Menangkal Santet, Konon Kucing Juga Bisa

1. Alasan paling umum adalah kucing ingin menyalurkan kebutuhan reproduksi

Sering Terjadi, 9 Alasan Kucing Suka Kabur dari Rumahonecms.io

Ketika memasuki masa birahi, kucing akan mencari lawan jenis. Indranya yang tajam dapat mendeteksi lokasi kucing lain. Mereka yang birahi akan berjalan mencari kucing di lokasi yang jauh apabila di sekitar rumahnya tidak ada. Makanya kucing peliharaanmu bisa hilang berhari-hari, bahkan berbulan-bulan.

Dilansir Tractive, kucing betina umumnya akan pergi dari rumah ketika mau melahirkan. Mereka akan mencari tempat yang tersembunyi agar tidak diganggu oleh kucing lain atau manusia.

2. Kucing dulunya hidup di alam liar. Insting berburunya masih ada

Sering Terjadi, 9 Alasan Kucing Suka Kabur dari Rumahzooplus.co.uk

Walaupun telah didomestifikasi menjadi peliharaan, mereka masih mewarisi insting nenek moyangnya yaitu berburu. Insting tersebut mendorongnya untuk mencari mangsa di sekitar rumahmu.

Entah itu cecak, tikus, serangga, atau burung. Namanya berburu, kucing tak sadar telah berjalan jauh dari rumah dan dalam waktu yang lama.

3. Insting teritorial mendorongnya untuk pergi

Sering Terjadi, 9 Alasan Kucing Suka Kabur dari Rumahcomfortzone.com

Sama seperti berburu, kucing juga punya insting teritorial yang tinggi berkat warisan dari nenek moyangnya. Hal itu membuat mereka menandai semua yang ada di lingkungan sekitarnya. Mulai dari rumah, kebun, dan bahkan kamu sendiri.

Sifatnya akan lebih parah ketika banyak kucing liar di sekitar rumah. Kucing liar berusaha untuk merebut teritori kucingmu dan ia merasa terancam. Makanya ketika itu terjadi, kucingmu akan berusaha untuk menandai area yang lebih jauh dari rumah. Ia pun tak akan pulang selama berhari-hari.

4. Jarang terjadi sih, tetapi kucing bisa menduakanmu lho. Sebab kucing memiliki identitas ganda

Sering Terjadi, 9 Alasan Kucing Suka Kabur dari Rumahpexels.com/cottonbro

Kalau ada orang lain yang memberinya makanan, keamanan, dan kasih sayang lebih banyak dari kamu, kucingmu bisa jadi akan menduakanmu.

Dalam kasus ini, kucing awalnya akan pergi di jam-jam tertentu ke rumah pemilik keduanya. Ketika bosan, ia akan kembali ke rumahmu. Namun ketika kamu memberikan makanan dan perhatian yang kurang, ia akan berpaling ke rumah kedua.

Agar terhindar dari masalah itu, kamu sebaiknya memakaikan kalung identitas di leher kucing. Tujuannya supaya orang lain tahu bahwa kucing itu ada pemiliknya.

Baca Juga: 7 Tips Menemukan Kucing Hilang dengan Cepat Secara Ilmiah

5. Kalau pindah ke rumah yang baru, kucing akan pergi ke rumah lamanya

Sering Terjadi, 9 Alasan Kucing Suka Kabur dari Rumahgethuan.com

Kucing juga bisa kabur karena kamu baru saja pindah rumah. Dilansir Tractive, hewan tersebut ternyata tidak menyukai perubahan yang drastis dan secara tiba-tiba. Jika tidak bisa beradaptasi dengan rumah yang baru, mereka akan kabur.

Kalau beneran menghilang, cobalah cari dia di sekitar rumah lamamu. Kemungkinan besar, mereka masih belum bisa move on dan tetap tinggal di sana untuk mencari teritori lama.

Sarannya adalah ketika pindah rumah, kamu harus memberi waktu kucing untuk beradaptasi. Berikan benda-benda favoritnya di dalam rumah agar merasa familier, menaruhnya di kandang dalam kurun waktu tertentu, dan memastikan agar mereka tidak stres.

6. Perhatikan perlakuanmu kepadanya. Ia akan lebih nyaman di luar rumah apabila ada yang keliru dengan kamu

Sering Terjadi, 9 Alasan Kucing Suka Kabur dari Rumahtreehouseanimals.org

Coba ingat-ingat, deh. Adakah tindakan tertentu yang membuat kucingmu tidak nyaman akhir-akhir ini? Masalah itu bisa terjadi karena terlambat ngasih makan, perilaku kamu yang terlalu keras padanya, lingkungan yang berisik, dan lainnya.

Kalau sudah gak nyaman di rumah, kucingmu akan mencari tempat lain yang lebih cocok dengannya. Entah itu di rumah orang lain atau berkeliaran di jalan sebagai kucing liar.

7. Ada bayi baru di rumahmu

Sering Terjadi, 9 Alasan Kucing Suka Kabur dari Rumahprettylitter.com

Kucing memang sangat sensitif terhadap perubahan. Termasuk ketika ada bayi yang baru di rumah kamu. Dilansir Pet Helpful, hal itu bisa membuat kucingmu merasa terancam.

Sebab kamu cenderung memberi perhatian lebih kepada orang yang baru, bukan padanya. Kucing akan merasa tersingkirkan dan tidak disayangi lagi. Kalau sudah merasa tersisihkan karena keberadaan bayi tersebut, mereka tak akan ragu untuk mencari rumah yang baru.

8. Ada peliharaan baru di rumah

Sering Terjadi, 9 Alasan Kucing Suka Kabur dari Rumahpexels.com/Helena Lopes

Tak berbeda seperti bayi, kucing juga akan merasa terancam apabila ada hewan baru di rumahmu. Mereka butuh waktu untuk beradaptasi dan mengenal anggota keluarga baru di rumah.

Sebagai pemiliknya, kamu harus menjadi mediator agar kucing bisa berteman dengan keluarga baru. Caranya adalah dengan memberikannya ruang pribadi, dan mendorong keduanya untuk bermain ketika sudah siap.

9. Ingat ya, kucing memiliki rasa penasaran yang tinggi. Dia akan mudah terdistraksi di jalan pulang

Sering Terjadi, 9 Alasan Kucing Suka Kabur dari Rumahdailypaws.com

Kucing termasuk hewan yang memiliki indra tajam. Kebanyakan dia tahu jalan pulangnya meskipun cukup jauh dari rumah. Jadi kemungkinan untuk tersesat sangatlah kecil. Tetapi kucing juga punya rasa penasaran yang tinggi.

Kalau tidak pulang-pulang dalam waktu yang lama, ada kemungkinan kucingmu terdistraksi selama perjalanan pulang. Entah makanan, sesama kucing, hewan-hewan kecil yang dianggapnya mangsa, dan lainnya.

Jadi udah tahu ya alasan kucing kabur dari rumah. Gak mudah lho memelihara kucing. Tetapi kalau kamu sudah tahu cara merawatnya dengan benar, dia pasti akan betah di rumah.

Baca Juga: Gak Banyak yang Tahu, 10 Hal Sepele Ini Bikin Kucing Benci Padamu

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya