Comscore Tracker

7 Alasan Psikopat Cenderung Terlihat Menarik, Kelihatannya Normal

Dia jago memikat lawan jenisnya lewat cerita-cerita menarik

Pernah melihat serial Conversations with a Killer: The Ted Bundy Tapes yang tayang tahun 2019 lalu gak? Penonton serial tersebut pernah membanjiri media sosial (Medsos) karena memuji sang psikopat Bundy. Mereka mengaku bahwa semua yang dilakukan oleh lelaki tersebut terlihat seksi. Contoh psikopat seksi lainnya bisa kamu temukan di American Psycho, Extremely Wicked, Shockingly Evil and Vile, dan Gone Girl.

Penggambaran tokoh psikopat yang seksi seperti tayangan film-film tersebut ada benarnya juga. Dari hasil penelitian, sebagian psikopat cenderung memiliki kepribadian yang menarik. Berikut ini ulasannya:

1. Memiliki intelegensi sosial yang kuat dan andal dalam menggoda

7 Alasan Psikopat Cenderung Terlihat Menarik, Kelihatannya Normaltheladders.com

Para peneliti dari Evolutionary Psychological Science tahun 2019 menemukan, bahwa pria psikopat memiliki tingkat atraktivitas yang lebih tinggi. Apa alasannya?

Studi tersebut menyebutkan, alasan pertama yang memengaruhi atraktivitas mereka adalah intelegensi sosialnya yang kuat. Mereka terlihat sangat open minded, tenang, andal dalam menggoda, serta to the point dalam berkomunikasi. Ini membuat lawan jenis mudah terpikat oleh kepribadiannya.

2. Punya kemampuan verbal yang sangat baik dan punya cerita-cerita menarik agar lawan jenisnya terpikat

7 Alasan Psikopat Cenderung Terlihat Menarik, Kelihatannya Normalthe1thing.com

Alasan berikutnya kenapa psikopat terlihat menarik adalah cara berkomunikasi dia sangat baik. Dilansir dari Psychology Today, mereka menguasai berbagai macam percakapan. Seperti small talk atau basa-basi, hingga obrolan yang dalam.

Tak hanya itu, psikopat biasanya memiliki cerita-cerita menarik untuk dibagikan kepada lawan bicaranya. Mereka memastikan orang lain puas setelah mengobrol dengannya. Cara seperti itu ia lakukan untuk membangun image diri yang baik.

3. Psikopat memiliki kepercayaan diri yang sangat tinggi hingga mendekati narsisme

7 Alasan Psikopat Cenderung Terlihat Menarik, Kelihatannya Normaldavidwolfe.com

Tak bisa dibantah, orang yang percaya diri memang jauh lebih menarik daripada mereka yang rendah diri. Mereka memiliki kendali atas dirinya sendiri dan dapat menularkannya kepada orang sekitarnya. Kualitas yang seperti itu bisa kamu temukan pada diri psikopat.

Bedanya, rasa percaya diri mereka sangat tinggi, bahkan cenderung lebih narsisme. Namun anehnya, itulah yang membuat diri psikopat menarik. Mereka terkesan memiliki kontrol penuh akan hidupnya dan tidak terpengaruh oleh omongan orang lain.

4. Dia selalu menunjukkan sikap antusiasme tinggi terhadap apa yang dikerjakan

7 Alasan Psikopat Cenderung Terlihat Menarik, Kelihatannya Normalsquarespace-cdn.com

Dalam dunia kerja, psikopat sering kali menjadi orang yang berada di top management. Mereka melakukan segala cara untuk bisa mencapai posisi tersebut. Orang yang tidak mengetahuinya, akan melihat dia sebagai orang yang memiliki energi dan antusiasme tinggi terhadap pekerjaannya. 

menurut Paul Babiak, seorang ahli Corporate Psychopath dan Forensic Behavioral Consultant, sikap yang seperti itu merupakam bentuk dari nafsu dan sikap impulsif psikopat. Selain itu, mereka juga tidak memiliki empati. Sehingga tak ragu baginya untuk menjatuhkan siapa pun yang mengadang jalannya. 

5. Sangat manipulatif. Pura-pura mengerti tentang kondisimu padahal dia tidak punya simpati dan empati

7 Alasan Psikopat Cenderung Terlihat Menarik, Kelihatannya Normalneurosciencenews.com

Satu sifat psikopat yang paling terkenal adalah manipulatif. Dia ahli dalam menirukan emosi lawan bicaranya, padahal tidak memiliki empati. Misalnya, kamu sedang sedih dan menceritakan masalahmu padanya. Ia akan bertingkah seakan-akan dialah orang yang paling mengerti dan berada di sampingmu.

Menurut laman Psychology Today, setelah kamu memercayainya, mereka akan membujukmu untuk melakukan hal-hal yang tak sesuai dengan tindakan normalmu. Bukan hanya itu, psikopat juga ahli dalam mengambil simpati dan melakukan guilt trip (Menyandungmu dengan rasa bersalah) kepada orang lain.

6. Sikapnya terlampau tenang, dan psikopat tidak akan kaget walaupun ditakuti bagaimana pun

7 Alasan Psikopat Cenderung Terlihat Menarik, Kelihatannya Normalliveboldandbloom.com

Psikopat juga memiliki sikap yang sangat tenang, bahkan bisa dibilang terlampau tenang. Kamu akan kesulitan membaca emosinya. Karena mereka tidak akan menampilkan apa yang benar-benar dia rasakan.

Bahkan studi dari Psychophysiology tahun 2005 menyatakan, bahwa psikopat tidak akan kaget walaupun ditakuti bagaimana pun. Cara berkomunikasinya pun tenang dan terlihat tanpa beban. Dilansir dari Inc.com, sifat tersebut dibutuhkan untuk mendapatkan kontrol dan kekuatan pada interaksi sosial.

7. Psikopat dipenuhi oleh sifat-sifat keji. Tapi ia mampu menyembunyikan semua sifat buruknya tersebut

7 Alasan Psikopat Cenderung Terlihat Menarik, Kelihatannya Normalcleverism.com

Kepribadian yang tenang, manipulatif, dan memiliki intelijen secara sosial, membuat psikopat mampu menyembunyikan segala sifat buruknya. Padahal psikopat dipenuhi oleh sifat-sifat yang keji.

Dilansir dari IFL Science, sifat tersebut meliputi pendendam, egoisme, narsisme, serta tak punya moral. Orang lain tidak akan menyadari sifat asli tersebut sebelum benar-benar berurusan dengan mereka.

Meskipun jumlah psikopat hanyalah satu persen dari seluruh populasi dunia, kamu tetap harus waspada dengan orang-orang sekitarmu.  Waspada bukan berarti self-diagnose, ya! Para peneliti juga mengakui harus melakukan lebih banyak studi tentang sifat-sifat psikopat agar masyarakat tidak salah mengartikannya.

Baca Juga: Cara Didik Anak Seperti Ini Bisa Membentuknya Jadi Seorang Psikopat

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya