Comscore Tracker

Cara Mengatasi Penyakit Dysania, Orang yang Sulit Bangun Pagi

Bukan karena malas ya guys

Tiba-tiba hari ini udah Senin lagi, dan kamu harus bangun pagi untuk melakukan rutinitas seminggu ke depan. Tapi rasanya berat banget ya. Bawaannya pengin tidur mulu. Waktu tidurmu juga cukup. Ternyata, kondisi ini bisa saja terjadi karena ada permasalahan psikologi. Yaitu kamu menderita dysania. Penyakit ini membuat seseorang terobsesi untuk berada di tempat tidur dalam waktu yang lebih panjang.

Beberapa kondisi dianggap berhubungan dengan terjadinya dysania seperti depresi atau sedang mengalami Chronic Fatigue Syndrome (CFS). Jika penderita dysania ini kebiasaan tidak mau bangun pagi, maka akan kehilangan banyak kesempatan untuk melakukan berbagai aktivitas bermanfaat lainnya. Ada caranya kok biar terhindari dari dysania. Berikut caranya:

Baca Juga: Pas untuk Menu Sarapan! Ini Cara Membuat Omelet Ayam 

1. Selain mengatur jangka waktu tidur, kualitasnya juga harus dijaga. Misalnya dengan tidak terlalu lama main gadget, memikirkan permasalahan ketika mau tidur. Tenangkan pikiranmu dan rileks. Bikin kamu nyaman di atas kasur

Cara Mengatasi Penyakit Dysania, Orang yang Sulit Bangun PagiPexels/bruce mars

Banyak orang yang mengaku jangka waktu tidurnya cukup lama tapi masih mengantuk. Bisa jadi, bukan karena jangka waktunya yang keliru. Melainkan kualitas tidur kamu yang buruk. Penting sekali mendapatkan tidur yang berkualitas biar tubuhmu segar ketika bangun pagi.

2. Jaga pola makan kamu

Cara Mengatasi Penyakit Dysania, Orang yang Sulit Bangun PagiPexels/Daria Shevtsova

Pola juga memengerahi tidurmu hingga timbul dysania. Untuk itu usahakan tidak minum alkohol dan kafein sebelum tidur.

3. Menu sarapan yang menarik

Cara Mengatasi Penyakit Dysania, Orang yang Sulit Bangun Pagipexels/Daria Shevtsova

Orang yang tidur semalaman biasanya langsung kosong perutnya begitu bangun pagi. Jadi sebelum tidur, kamu sudah harus memikirkan sarapan apa untuk esok hari. Siapkan dulu bahan-bahannya supaya besok bisa langsung menyiapkan sarapan dengan cepat. Kalau bisa sarapan yang sehat ya. Jangan yang berat-berat dulu.

Baca Juga: Salah Kaprah, Sereal dan Susu Bukan Untuk Sarapan

4. Kebiasaan buruk menekan tombol snooze biar dapat tidur 5 sampai 10 menit

Cara Mengatasi Penyakit Dysania, Orang yang Sulit Bangun PagiPexels/Acharaporn Kamornboonyarush

Hampir semua orang mengalaminya. Begitu alarm berbunyi, bukannya beranjak dari tempat tidur tapi kamu langsung menekan tombol snooze dan kembali tidur. Tujuannya biar alarm tersebut bunyi lagi dalam waktu 5 atau 10 menit. Kebiasaan ini justru tidak baik, guys. Karena kamu membiasakan pikiran untuk menunda-nunda bangun pagi.

5. Lakukan olahraga

Cara Mengatasi Penyakit Dysania, Orang yang Sulit Bangun PagiPexels/Chevanon Photography

Olahraga itu penting banget ya. Karena dapat memicu produksi hormon serotonin. Hormon ini berperan untuk mengatur tidur, nafsu makan, dan mood tetap baik. Kamu tidak akan tahu manfaatnya jika tidak pernah berolahraga.

Baca Juga: Lakukan di Pagi Hari, 10 Olahraga Ringan Untuk Membentuk Tubuh Ideal

6. Berikan rewards untuk diri sendiri

Cara Mengatasi Penyakit Dysania, Orang yang Sulit Bangun PagiPexels/mentatdgt

Tidak ada salahnya kalau kamu bikin penghargaan (Rewards) untuk diri sendiri. Ketika berhasil bangun pagi secara rutin, maka berikan self rewards. Rewards-nya tergantung kamu sih. Misalnya beli makanan favorit atau lainnya.

Itulah cara bangun pagi untuk penderita dysania. Silakan dicoba dan semangat bangun pagi. guys!

Jadi, sudah siapkah kamu untuk bangun pagi dan segera melakukan aktivitas? Ayo, jangan sia-siakan waktu hanya untuk bermalas-masalan di kasur! 

Baca Juga: Wah, Ternyata 6 Jenis Makanan Ini Bikin Kamu Sulit Tidur Lho

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Dita Anitya I di IDN Times Community dengan judul Si Malas Bangun Pagi Mungkin Terkena Dysania, Ini Tips Menghindarinya

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya