Comscore Tracker

7 Jenis Anjing yang Betah di Rumah dan Gak Suka Menggonggong

Cocok nih dipelihara di dalam kos atau apartemen

Bagi para pencinta anjing yang tinggal di apartemen atau kos, rasanya agak mustahil bisa memelihara anjing di dalam kamar yang tidak terlalu besar. Belum lagi suara gonggongan anjing yang bisa menganggu penghuni lainnya. Kamu bisa kok memelihara anjing di dalam apartemen tanpa perlu khawatir lagi.

Karena beberapa anjing berikut ini lebih mencintai aktivitas di dalam ruangan, serta lebih tenang dibandingkan jenis anjing umumnya, alias gak suka menggonggong. Ini dia jenisnya:

6. Coton de Tulear

7 Jenis Anjing yang Betah di Rumah dan Gak Suka MenggonggongWikimedia

Dinamakan sesuai dengan asalnya dari kota Tulear di Madagaskar serta mantel di sana yang terlihat seperti cotton (Kapas). Anjing ini merupakan jenis terbaik yang dapat dipelihara di lingkungan apartemen yang cenderung tenang karena jarang menggonggong. Ia akan menggonggong ketika merasa bosan karena ditinggalkan terlalu lama oleh pemiliknya.

Bagi kamu yang bahkan belum pernah merawat anjing sekalipun tidak perlu khawatir. Karena anjing ini mudah dilatih dan cepat mengerti. Meskipun begitu, sesekali kamu perlu mengajaknya untuk berjalan-jalan kecil di sekitar apartemen. Sehingga dia juga bisa merasakan udara bebas. 

5. Cavalier King Charles Spaniel

7 Jenis Anjing yang Betah di Rumah dan Gak Suka Menggonggongtheblissfuldog.com

Berasal dari Inggris, tidak mengherankan bila anjing ini menjadi sahabat sekaligus anjing pemburu di zaman Raja Charles I dan II. Jenis anjing ini tidak suka menggonggong, kecuali ada sesuatu yang mencurigakan barulah dia akan menggonggong. Perawatan yang diperlukan oleh Cavalier adalah makanan secukupnya karena cenderung gemuk, brushing setidaknya tiga kali setiap minggu, serta tidak dapat ditinggal dalam jangka waktu yang lama atau akan mengalami kecemasan.

4. Basenji

7 Jenis Anjing yang Betah di Rumah dan Gak Suka Menggonggongdogsaholic.com

Anjing yang terkenal sebagai anjing pendiam ini berasal dari Afrika Tengah dan tidak suka menggonggong. Bahkan Basenji hanya akan memberikan sinyal kepada pemiliknya dalam bentuk suara geraman pendek (Mirip suara mendengkur) dan raungan ketika dia merasakan sesuatu yang mencurigakan. Anjing ini juga sangat cocok bagi kamu yang sering berpergian dan pulang larut malam.

Karena anjing ini bisa ditinggal dalam waktu yang lama. Perawatan yang perlu dilakukan bagi anjing ini adalah pelatihan dasar, brushing hanya satu atau dua kali dalam seminggu, serta air liur yang perlu dibersihkan setiap hari.

3. Boston Terrier

7 Jenis Anjing yang Betah di Rumah dan Gak Suka MenggonggongPexels/ freestocks.org

Anjing yang berasal dari Amerika ini tidak memerlukan banyak perawatan dan hanya membutuhkan pelatihan dasar, serta jalan-jalan kecil di sekitar area apartemen, di samping brushing yang merupakan perawatan wajib untuk menjaga kesehatan bulu dan kulit mereka. Anjing berukuran kecil ini juga bisa ditinggalkan dalam waktu lama. Namun tidak sekuat Basensi serta menyukai permainan di dalam ruangan serta sangat bersahabat dengan siapa saja. Sehingga aman untuk ditinggalkan bermain bersama buah hati.

2. French Bulldog

7 Jenis Anjing yang Betah di Rumah dan Gak Suka MenggonggongDog Breed Plus

Selain ukurannya yang kecil, French Bulldog tidak memerlukan banyak aktivitas serta memiliki karakteristik tenang. Dengan karakteristiknya yang tenang serta tidak suka menggonggong, maka tidak heran bila French Bulldog juga sangat mudah bergaul dengan anak-anak. Namun anjing ini tidak bisa ditinggalkan sendirian terlalu lama.

1. Pug

7 Jenis Anjing yang Betah di Rumah dan Gak Suka Menggonggongvetstreet.com

Sering dikira sebagai French Bulldog, Pug ternyata berasal dari Cina. Anjing yang memiliki kecerdasan sangat tinggi dibandingkan anjing pada umumnya ini memerlukan pelatihan dasar. Karena sifat dasarnya yang agak keras kepala serta kesabaran dalam memberi pelatihan.

Selain itu, anjing ini juga sangat cocok dirawat di dalam apartemen karena tidak terlalu suka beraktivitas di luar ruangan, serta merupakan tipikal anjing yang bersahabat dengan anak-anak dan tidak dapat ditinggal terlalu lama. Bulunya perlu di brush setiap harinya karena mudah rontok.

Apakah kamu sudah punya anjing-anjing di atas? Yuk berbagi pengalamannya di kolom komentar ya.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Si Bora Tukang Tulis di IDN Times Community dengan judul 7 Jenis Anjing yang Gak Suka Menggonggong dan Betah di Rumah

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You