Apakah Kamu Gila atau Normal? Cobalah Tes Sederhana ini Kalau Berani

Tes ini pernah diuji di sebuah rumah sakit jiwa

Setiap ada orang yang memiliki gangguan jiwa pasti akan dibawa ke rumah sakit jiwa untuk direhabilitasi. Berbeda dengan sakit fisik, orang dengan gangguan jiwa itu relatif, karena sulit untuk diukur secara pasti.

Dalam sebuah kunjungan ke sebuah rumah sakit jiwa, ada seseorang yang bertanya pada pimpinan di sana: bagaimana cara mereka menentukan apakah orang itu harus dirawat di rumah sakit jiwa atau tidak? Pemimpin institusi tersebut lalu menjawab, bahwa mereka akan melakukan tes bathtub untuk orang yang diduga mengalami gangguan kejiwaan. Seperti apa tes bathtub itu?

"Kami akan mengisi penuh sebuah bathtub dengan air. Kamu akan diberikan 3 macam benda: sendok teh, cangkir kopi dan ember. Pilih salah satu benda untuk mengosongkan air dari bathtub." - ungkap pemimpin institusi.

Apakah Kamu Gila atau Normal? Cobalah Tes Sederhana ini Kalau Beraniinsteading.com

Lalu mereka diminta untuk menjawab pertanyaan sederhana:

"Benda mana yang akan kamu pilih untuk mengosongkan air di bathtub?"

Apakah Kamu Gila atau Normal? Cobalah Tes Sederhana ini Kalau BeraniIDN Times/Bayu D. Wicaksono

Mereka dianjurkan untuk memilih satu dari ketiga benda tersebut dan harus menjelaskan alasan yang masuk akal di balik pilihan itu. Sekarang coba kamu jalani tes tersebut. Pilihlah satu dan sebutkan alasannya. Lalu bandingkan dengan ulasan berikut ini:

1. Jika kamu memilih benda pertama: sendok teh, kamu pasti akan dimasukkan ke rumah sakit jiwa

Apakah Kamu Gila atau Normal? Cobalah Tes Sederhana ini Kalau Beranireference.com

Sendok teh memang untuk menyendok air (Sebagaimana biasanya air teh), tapi itu tidak cukup efektif untuk mengosongkan seluruh air dari bathtub yang diisi penuh. Bayangkan berapa jam dan berapa banyak energi yang harus kamu habiskan untuk melakukannya sampai tuntas.

Walaupun sendok teh banyak digunakan oleh narapidana kelas berat dalam membuat jalan keluar rahasia secara pelan-pelan, dengan cara mengorek atau menggali bagian tertentu di sel-nya, ini bukan jawaban yang akan menyenangkan petugas rumah sakit jiwa. Maaf ya, kamu harus masuk ke rumah sakit jiwa.

2. Jika kamu memilih benda kedua: cangkir kopi, kamu juga akan ditangkap dan dimasukkan ke rumah sakit jiwa

Apakah Kamu Gila atau Normal? Cobalah Tes Sederhana ini Kalau Beranishopsanctuaryt.com

Cangkir kopi juga pada dasarnya digunakan untuk menampung air. Walaupun ukurannya lebih besar dari sendok teh, tetap saja ukurannya masih terlalu kecil untuk bisa mengosongkan semua air dari bathtub yang penuh.

Kamu akan keburu kelelahan dan petugas rumah sakit jiwa akan langsung menangkapmu sebagai pasien di saat kamu kelelahan. Ucapkan salam perpisahan untuk keluargamu karena kamu harus menginap di rumah sakit jiwa untuk sementara waktu.

3. Jika kamu memilih benda ketiga: ember, selamat! Pilihanmu sama dengan kebanyakan orang di luar sana. Tapi apapun alasannya, kamu tetap harus masuk ke rumah sakit jiwa

Apakah Kamu Gila atau Normal? Cobalah Tes Sederhana ini Kalau Beranisnjbrand.com

Ember banyak digunakan orang supaya cepat memindahkan air: baik itu saat akan memadamkan kebakaran secara darurat, atau saat rumah kebanjiran dan beberapa situasi lainnya. Ukurannya memang paling besar di antara pilihan tiga benda lainnya.

Tapi jika memilih jawaban ini, kamu tetap harus dimasukkan ke rumah sakit jiwa. Orang yang bertanya pada pimpinan institusi pun menjawab pilihan ini, sama dengan kebanyakan orang lain yang mengaku normal.

Pimpinan institusi membenarkan fakta, bahwa memang banyak orang yang memilih ember untuk mengosongkan bathtub dari air yang memenuhinya. Pilihan ini didasarkan pada kebiasaan dan fungsi umum masing-masing alat di kehidupan masyarakat sekitarnya.

4. Lalu jawaban apa yang tepat bagi orang-orang waras? Bila jalan pikirannya logis dan masih lancar ketika diberi masalah ini, mereka akan memilih mencabut tutup atu penyumbat saluran pembuangan air di bathtub

Apakah Kamu Gila atau Normal? Cobalah Tes Sederhana ini Kalau Beranihomeimprovementgalleries.sg

Cukup dibuka saja penyumbatnya. Bukan pakai ember, cangkir, apa lagi sendok teh. Ini memang pertanyaan jebakan sih. Asalkan kamu bisa menjawab apapun dan bisa diterima secara logika.

Misalnya kamu memilih sendok teh, dengan tambahan penjelasan agar lebih mudah menjangkau penyumbat bathtub, karena kamu tidak mau lengan bajumu sampai basah, dan lainnya. Tapi yang jelas bukan untuk mengeluarkan airnya satu per satu ya.

Ini hanya sebatas ujian sederhana dari rumah sakit jiwa. Mungkin di tempat lain punya metode sendiri untuk menentukan seseorang itu gangguan jiwa atau tidak.

Baca Juga: Riset ini Menunjukkan Kaya & Miskin Seseorang Bisa Dilihat dari Wajah

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You