Comscore Tracker

4 Alasan Ilmiah Kenapa Lidah Bisa Tergigit Sendiri, Bukan Karena Mitos

Tidak ada hubungannya kamu lagi orang ya

Gak mungkin deh kalau kamu gak pernah merasakan lidah atau dinding mulutmu tergigit sendiri. Karena pasti hampir sebagian besar orang pernah mengalaminya. Padahal kamu merasa sudah hati-hati ketika makan atau berbicara, tetapi ada saja tiba-tiba tergigit  sendiri. Wajar gak sih hal itu? Dilansir dari berbagai sumber, ini penjelasannya:

Baca Juga: Ngeri, Ini Dia Foto Asli Virus Corona Ketika Menyerang Tubuh Manusia

1. Penyebab paling umum lidah atau dinding pipimu tergigit adalah karena mengunyah terlalu cepat dalam keadaan emosi berlebihan

4 Alasan Ilmiah Kenapa Lidah Bisa Tergigit Sendiri, Bukan Karena Mitoslivestrong.com

Berdasarkan diskusi para ahli di Quora, seseorang yang sedang dalam kondisi emosi berlebihan dan stres akan membuatmu kehilangan konsentrasi. Cara kerja mulut kamu tidak lagi memakai syaraf refleks, yang memang fungsinya untuk menghindarkanmu dari gerakan tidak diinginkan. Melainkan lebih kepada apa yang kamu pikirkan. Jadi kondisi pikiranmu sangat memengaruhi hal itu terjadi. Bukan pula karena ada orang yang lagi ngomongin kamu ya. Itu hanya mitos.

Baca Juga: Tanda-tanda Anak yang Cenderung Jadi Psikopat, Orangtua Wajib Tahu!

2. Bisa saja terjadi karena kondisi mulut kamu memang kering

4 Alasan Ilmiah Kenapa Lidah Bisa Tergigit Sendiri, Bukan Karena Mitosmedicalnewstoday.com

Ketika lagi mengunyah, gigimu pasti sesekali akan menyentuh bagian dinding dalam pipi. Karena dinding pipi itu juga yang membuat makananmu tetap berada dalam zona kunyahan.

Lidahmu juga sesekali akan bergerak melewati di antara kedua rahang. Karena ketika mengunyah, lidah juga ikut bekerja untuk memindahkan posisi makanan di mulut. Semua ini bisa berjalan lancar kalau kondisi mulut kamu licin, berkat ludah yang dihasilkan oleh kelenjar air liur.

Lubrikasi alami sangat dibutuhkan agar proses mengunyah makanan berjalan lancar. Nah, proses mengunyah itu bisa mengalami masalah ketika lubrikasi mulutmu mengering.

Iya. Mulut kamu bisa mengering ketika mengunyah makanan. Apalagi kalau kamu memakan makanan yang dapat menyerap kelembapan dalam jumlah banyak. Seperti roti, kue, gorengan atau makanan lain yang hydrophobic.

Kalau makanannya kering sekaligus berminyak, mulutmu akan cepat kering. Inilah yang menyebabkan gigi kamu mengatup karena menjepit lidah atau dinding dalam pipi.

3. Penyebab lainnya adalah posisi tulang belakang yang tidak sejajar. Sehingga rahangmu berpindah dari posisi asalnya

4 Alasan Ilmiah Kenapa Lidah Bisa Tergigit Sendiri, Bukan Karena Mitoslivestrong.com

Kalau menurut penjelasan Dr Tanvi Desai DC yang dilansir dari alphasciencecenter.com, posisi tulang belakang berada tepat di belakang rahang (Terutama mandibula). Ketika tulang belakang ini tidak sejajar, akan terbentuk ruang antara tulang belakang dengan rahang. Hal ini akan menyebabkan rahang berpindah dari posisi semula untuk menciptakan ruang tersebut, seiring rahang terbuka.

Ketika kita berbicara atau mengunyah, kedua rahang akan memungkinkan terbentuk posisi zig-zag. Sehingga membuat kamu tidak sengaja menggigit lidah atau bagian dalam pipi.

4. Untuk mencegahnya, kamu harus duduk tegak ketika makan dan minum air putih ketika kering

4 Alasan Ilmiah Kenapa Lidah Bisa Tergigit Sendiri, Bukan Karena Mitosmedicalnewstoday.com

Sebelum berbicara atau mengunyah, pastikan kamu menenangkan diri dulu. Usahakan emosi kamu dalam keadaan stabil.

Lalu jika kondisi mulut kamu kering, minumlah air putih secukupnya sebelum memulai makan. Sesekali minum air putih di tengah kamu mengunyah makanan untuk mencegah tergigit.

Lalu untuk mengatasi gigitan akibat tulang belakangmu yang tidak sejajar, pastikan kamu berdiri atau duduk tegak saat berbicara, lalu duduk juga dengan tegak saat sedang makan.

Itulah beberapa penyebab lidah atau dinding pipi bisa tergigit sendiri. Jadi bukan karena mitos ya.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya