Comscore Tracker

Riset ini Menunjukkan Kaya & Miskin Seseorang Bisa Dilihat dari Wajah

Silakan dicoba hasil riset ini

Umumnya orang-orang beranggapan bahwa status perekonomian seseorang, sebut saja kaya atau miskin, itu ditentukan oleh usaha, doa dan nasib. Namun itu semua tergantung pada penilaian seseorang juga sih, dan lagi-lagi campur tangan Tuhan juga berperan di sini. Tapi penelitian ini menunjukkan sebaliknya. Sebuah penelitian mengatakan, wajah seseorang bisa menggambarkan status sosial ekonominya. Meski penelitian ini kontroversial, tapi telah dipatenkan.

Sebaiknya kamu ambil yang positif-positif saja ya dari artikel. Karena penelitian ini bukan untuk menilai seseorang, tapi untuk mencegah orang lain menilai kita secara sepihak. Berikut ini penjelasannya:

1. Penelitian ini dilakukan oleh para psikolog dari University of Toronto

Riset ini Menunjukkan Kaya & Miskin Seseorang Bisa Dilihat dari Wajahdigest.bps.org.uk

Mereka menemukan bahwa orang-orang cukup akurat dalam memprediksi apakah seseorang itu kaya atau miskin, hanya dengan melihat foto dari wajah berekspresi datar mereka. Kamu juga bisa mencobanya nanti.

Penelitian ini dipublikasi dalam Journal of Personality and Social Psychology. Tim dalam proyek ini berkata, penelitian ini bisa menjadi alasan kenapa prasangka menyebabkan lingkaran kemiskinan itu terus berputar.

2. Ekspresimu akan menentukan arah komunikasi dan peluang yang akan kamu dapatkan

Riset ini Menunjukkan Kaya & Miskin Seseorang Bisa Dilihat dari Wajahhuffingtonpost.co.uk

Thora Bjornsdottir, pemimpin penelitian, menyatakan hal tersebut mengindikasikan bahwa 'sinyal' yang terpancar dari ekspresi wajahmu menyampaikan karakteristik tertentu. Kesan pertama orang lain terhadap ekspresi datar tersebut bisa menjadi objek ramalan sederhana bagi orang lain. Itu akan memengaruhi interaksimu dan peluang-peluang yang akan kamu dapatkan.

3. Hasilnya, lebih dari 53 persen penilaian akurat dalam menilai status ekonomi berdasarkan ekspresi datar seseorang. Menarik juga ya

Riset ini Menunjukkan Kaya & Miskin Seseorang Bisa Dilihat dari Wajahabc.net.au

Para peneliti meminta para partisipan untuk melihat sekumpulan foto yang menunjukkan wajah datar. Mereka harus menyampaikan penilaian mereka dalam waktu sangat cepat: apakah orang tersebut status ekonominya di atas rata-rata atau di bawah rata-rata. Lebih dari 53 persen menjawab secaraakurat.

Faktor seperti jenis kelamin, gaya rambut atau pakaian tidak dipertimbangkan di sini dan tidak memengaruhi hasilnya. Ketika mereka ditanya tentang alasan memilih menggolongkan seseorang kaya atau miskin berdasarkan wajahnya, mereka tidak bisa menjelaskannya. Bjornsdottir mengungkapkan, bahwa orang-orang akan secara alami melihat dan menilai tanpa bisa menjelaskan alasannya, itu wajar.

4. Ada cara untuk menghindar supaya status sosial atau ekonomi kita tidak bisa terbaca

Riset ini Menunjukkan Kaya & Miskin Seseorang Bisa Dilihat dari Wajahiflscience.com

Walaupun begitu, ada cara mengakalinya kok. Penelitian ini menyatakan bahwa persepsi kelas sosial seseorang itu lebih bisa ditebak hanya jika wajahnya tetap netral dan berekspresi datar. Ketika selanjutnya mereka memunculkan ekspresi, seperti senyum atau kesal, orang akan susah menebaknya kok. Kamu bisa melakukannya jika gak ingin seseorang bersikap seenaknya hanya berdasarkan mereka menganggapmu kaya atau miskin. Tersenyumlah!

5. Penilaian itu bisa dilakukan karena kebiasaan umum kita yang akhirnya terhubung ke ekspresi alami kita

Riset ini Menunjukkan Kaya & Miskin Seseorang Bisa Dilihat dari Wajahnewstatesman.com

Para peneliti memperdebatkan, bahwa kemampuan ini bisa memungkinkan karena kebiasaan rutin seseorang yang akhirnya terhubung dengan ekspresi netral atau datarnya. Jika seseorang memiliki hidup yang nyaman dan memuaskan, maka akan terpancar dari wajah ekspresi datarnya.

6. Contohnya saja, kumpulan foto mahasiswa berikut yang langsung bisa kamu nilai status ekonominya dari wajah datarnya

Riset ini Menunjukkan Kaya & Miskin Seseorang Bisa Dilihat dari Wajahiflscience.com

Nicholas Rule, seorang profesor muda penelitian ini, menjelaskan wajah-wajah pada foto di atas merupakan pemuda berusia 18-22 tahun yang sudah mendapatkan cukup pengalaman hidup, yang memungkinkan mengubah ekspresi wajah datar mereka. Sehingga kamu sudah bisa menilai kelompok mana yang termasuk lebih miskin dari rata-rata, dan kelompok mana yang lebih kaya dari rata-rata.

Ya, kelompok A dan C adalah kelompok kaya di atas rata-rata, sedangkan kelompok B dan D adalah kelompok miskin di bawah rata-rata.

Siasat senyum juga bisa kamu gunakan saat menjalani interview penting. Sehingga orang yang mewawancarai kamu tidak akan bersikap seenaknya sesuai prasangka tentang status sosial ekonomimu. Ya, jangan lupa tersenyum! Kita memang tidak boleh menilai seseorang terlalu cepat. Tapi setidaknya kita perlu tahu bahwa inilah yang berlaku di masyarakat, sehingga kita bisa menjaga sikap.

Ingat. Artikel ini bukan untuk men-judge, sebab ini hanyalah hasil eksperimen atau penelitian. Cukup buat pengetahuan kamu saja. Gimana menurutmu dari hasil penelitian? Silakan berikan tanggapanmu di kolom komentar.

Baca Juga: 8 Cara Selfie Biar Mendapat Banyak Like, Ilmuwan ini Membuktikannya

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You