Cara Didik Anak Seperti Ini Bisa Membentuknya Jadi Seorang Psikopat

Ini hasil penelitian terhadap psikopat di penjara Norwegia

Apa yang menyebabkan seorang jadi psikopat? Pasti kita banyak yang mempertanyakan asal mula perilaku mereka, sampai bisa menjadi psikopat yang gak punya perasaan. Sebenarnya ada penyebabnya. Berikut ini hasil penelitian ilmiahnya:

1. Ada kaitannya dengan pola asuh orangtua

Cara Didik Anak Seperti Ini Bisa Membentuknya Jadi Seorang Psikopattheatlantic.com

Penelitian ini menguraikan dua definisi dasar pembentukan psikopat yang menyangkut pola asuh orangtuanya. Ini hasil penelitian Aina Gullhaugen dan timnya dari Norwegian University of Science and Technology, yang dipublikasi di International Journal of Offender Therapy and Comparative Criminology pada tahun 2011 lalu. Ia melakukan penelitian terhadap kriminal psikopat di penjara Norwegia.

2. Pada tahun 2012, Gullhaugen menyatakan semua psikopat pernah terluka meski dalam pengawasan orang yang merawatnya

Cara Didik Anak Seperti Ini Bisa Membentuknya Jadi Seorang Psikopatsbs.com.au

Menurut Gullhaugen, lebih dari setengah psikopat yang ia teliti pernah mengalami pola asuh yang ekstrem dalam berbagai tingkatan. Baik mereka tinggal di lingkungan yang penuh kekerasan dan mengharuskan mereka tunduk serta dikontrol total, maupun lingkungan di mana tidak ada yang peduli sama sekali.

3. Seorang anak merasa ditolak oleh lingkungan tumbuh kembangnya

Cara Didik Anak Seperti Ini Bisa Membentuknya Jadi Seorang Psikopatnytimes.com

Pada tingkatan yang lebih parah, ada juga orangtua otoriter yang membahayakan kemauan dan kemandirian anaknya. Para periset mengungkapkan, ini bisa membentuk pribadi psikopat, yang menjadikan mereka bisa bertindak tak kenal ampun kepada orang lain. Kurang lebih sadar secara sadis untuk mendapatkan apa yang ia butuhkan.

4. Teori penelitian ini menyatakan bahwa psikopat bukan hanya terjadi secara alami saja. Tetapi juga hasil diajari

Cara Didik Anak Seperti Ini Bisa Membentuknya Jadi Seorang Psikopatau.be.yahoo.com

Kombinasi dasar biologis (DNA), kepribadian, kerentanan individu dan komponen penting lainnya membentuk itu semua. Tentunya gak semua perilaku kelewat batas itu merupakan hasil dari pola asuh yang buruk. Tapi perlu diingat bahwa kita juga gak bisa menurunkan kualitas kepribadian seutuhnya ke anak kita. Itulah inti penelitian ini.

Hasil penelitian ini bisa diambil pelajaran, bahwa pola asuh bisa berhubungan dengan pembentukan psikopat. Jadi kita harus lebih hati-hati dalam bertindak. Selain itu kita juga harus memahami bahwa kehidupan emosional para psikopat lebih kompleks daripada yang mungkin kita alami.

Kita bisa mencegah pembentukan psikopatnya sedini mungkin dengan pola asuh yang tepat.