Comscore Tracker

Ini Dia Penyebab Kucing Selamat Meski Jatuh dari Ketinggian

Misteri kucing punya 9 nyawa akhirnya terjawab

"Kucing punya sembilan nyawa". Entah dari mana asalnya tapi istilah ini muncul bukan tanpa alasan. Banyak orang sejak dulu menyaksikan kucing jatuh dari ketinggian dan mendarat dalam keadaan selamat. Ini hal yang tidak mungkin terjadi pada manusia.

Tapi ini bukan menjawab pernyataan "Kucing punya sembilan nyawa" ya. Tapi karena mereka memiliki sistem kerja pada tubuh yang memungkinkan selamat ketika jatuh dari ketinggian.

1. Kucing kemungkinan akan selamat ketika jatuh dari ketinggian lebih dari 7 lantai

Ini Dia Penyebab Kucing Selamat Meski Jatuh dari Ketinggianblogiversity.org

Faktanya, kucing yang jatuh dari ketinggian kurang dari 7 lantai lebih memungkinkan menyebabkan kematian daripada jatuh dari ketinggian 7 lantai atau lebih. Kenapa bisa begitu? Karena kucing memiliki kemampuan memutar diri ke bagian kanan atas selama ada waktu untuk melakukannya.

Ini Dia Penyebab Kucing Selamat Meski Jatuh dari Ketinggianwonderopolis.org

Ketika mereka melakukannya dengan sukses dan memperoleh kecepatan terminal, badan mereka mulai rileks. Bagian tubuhnya mulai merentang dengan gaya seperti tupai terbang.

Baca Juga: Jawaban Ilmiah Kenapa Kucing Doyan Bersembunyi di Dalam Kardus?

2. Dalam posisi 'terbang' ketika jatuh dari ketinggian, kucing mampu mengurangi kecepatan jatuhnya secara drastis

Ini Dia Penyebab Kucing Selamat Meski Jatuh dari Ketinggianblog.oup.com

Ketika mereka berada di posisi membentang seperti tupai terbang, mereka mulai melambatkan kecepatan hingga 60 MPH (97 km per jam). Sebagai perbandingan, kecepatan terminal manusia ketika jatuh adalah 120 MPH (193 km per jam).

3. Posisi kucing yang merentang akan mendistribusikan dampak kekuatan benturan ketika mendarat. Ditambah dengan kompleksitas sistem cakar serta bantalan pada telapak kakinya yang akan dapat menahan benturan

Ini Dia Penyebab Kucing Selamat Meski Jatuh dari Ketinggianpetsaretreasure.com

Mungkin pada ketinggian tertentu dapat meretakkan beberapa tulang kucing. Tapi kucing beberapa kali terbukti masih tetap hidup. Ia dapat merasakan terjadinya percepatan saat mereka jatuh. Jadi ketika menghentikan percepatan jatuh, mereka mulai rileks dan mulai membentangkan posisi seperti elang, kucing justru melambat. Kemungkinan selamat kucing menjadi stabil di 95 persen ketika jatuh dari ketinggian 9 sampai 32 lantai.

Ini Dia Penyebab Kucing Selamat Meski Jatuh dari Ketinggianpexels.com

Itulah fakta tentang kucing yang jatuh dari ketinggian. Meskipun sudah banyak terbukti kucing mampu bertahan setelah jatuh dari ketinggian, bukan berarti kamu bisa menguji kekuatannya sembarangan ya.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya