Penjelasan Ilmiah Kenapa Tali Sepatu Bisa Lepas Meski Diikat Ketat

Tag teman kamu yang tali sepatunya sering terlepas

Sebelum membaca keseluruhan artikel ini, coba kamu perhatikan tali sepatumu. Apakah ikatannya masih kencang, atau justru terlepas? Mungkin, gara-gara ikatan talinya kurang kencang? Kecenderungan tali sepatu yang lepas ini rupanya diteliti oleh para ilmuwan lho. Para peneliti berhasil menemukan jawaban ilmiah di balik misteri ini: semuanya berhubungan dengan injakan, hentakan dan ayunan/cambukan.

Faktanya, penelitian membuktikan bahwa gaya yang terjadi pada tali sepatu terikat bisa jadi jauh lebih besar daripada yang dirasakan manusia pada rollercoaster yang paling ekstrem sekalipun. Jadi gak heran kalau tali sepatu bisa lepas. Berikut ini penjelasannya:

1. Penelitian dilakukan terhadap orang yang lari di atas treadmill maupun kaki mekanis"robot" yang diayunkan

Penjelasan Ilmiah Kenapa Tali Sepatu Bisa Lepas Meski Diikat Ketatreference.com

Untuk mengetahui akar permasalahan misteri terlepasnya tali sepatu, para peneliti dari University of California, Berkeley, mempelajari baik pelari di atas treadmill maupun kaki mekanis terprogram yang berayun dan menghentak seperti kaki kita bisa mewakili aktivitas bergerak kita. Mereka menemukan kombinasi beberapa gaya pada ujung tali sepatu yang menyebabkan talinya terlepas sendiri dari ikatannya – walaupun kamu benar-benar menjaga kerapatannya. Sekalinya sudah merenggang, gak akan berhenti sampai talinya terlepas.

2. Lepasnya tali sepatu itu sering kali tiba-tiba dan gak terduga, terutama setelah beberapa langkah mantap yang kita lakukan

Penjelasan Ilmiah Kenapa Tali Sepatu Bisa Lepas Meski Diikat Ketatblogs.discovermagazine.com

Oliver O'Reilly mengatakan dalam wawancaranya dengan Hannah Devlin dari the Guardian bahwa memang gak bisa diduga kapan terjadinya dan ketika sudah terjadi, dalam dua atau tiga tekanan lagi, buyar lah sudah, akhirnya lepas. Kamu pun perlu mengikat ulang tali sepatumu.

Ketika kita melakukan lari pagi keliling kompleks atau lari mengejar angkutan, kaki kita bisa menghantam tanah hingga 7 kali dari gaya gravitasi, ini lah yang ditemukan para peneliti dalam observasinya. Hal tersebut menyebabkan ujung dari tali sepatu kita berayun-ayun – tapi yang terjadi sebenarnya adalah tali tersebut meregang dan kembali berulang kali seiring kita berlari atau berjalan dengan cepat.

3. Dengan kata lain, gaya gravitasi dan gerakannya menarik ujung tali sepatu seperti yang bisa dilakukan oleh tangan kita

Penjelasan Ilmiah Kenapa Tali Sepatu Bisa Lepas Meski Diikat Ketatthesun.co.uk

Seiring dengan kaki berayun ke atas, tali-tali sepatumu tertangkap oleh gaya/momen inersia yang bekerja melawan gerakanmu, tersalur sepanjang ujung tali ke ujung satunya. Baik itu kaki yang menghantam tanah maupun ayunannya itulah yang menyebabkan ikatan talinya meregang dan tanpa disadari, kamu sudah berusaha untuk gak tersandung tali sepatumu sendiri yang terlepas.

Penjelasan Ilmiah Kenapa Tali Sepatu Bisa Lepas Meski Diikat Ketatjp.pinterest.com

Para peneliti menemukan bahwa menghentakkan sepatu dalam keadaan terlepas atau mengayunkan kaki saat duduk di kursi gak memiliki efek yang sama, jadi ini hanya berlaku pada aktivitas berlari (atau berjalan) dan kombinasi gaya tertentu yang menjadi kuncinya. Penelitian ini juga menelaah perbedaan antara satu jenis simpul dengan jenis simpul lainnya. Mereka menemukan bahwa beberapa jenis simpul hanya bisa bertahan setengah dari simpul mati umumnya sementara ada jenis simpul lain yang selalu gagal dan terlepas dengan cepat.

4. Berdasarkan data, simpul yang kuat itu memang tercatat lebih tahan terhadap tekanan gaya ketika kaki kita menghantam tanah. Tapi untuk hal ini, tim peneliti belum yakin sepenuhnya

Para peneliti mengatakan bahwa kita bisa belajar lebih banyak dari hasil penelitian ini selain dari seberapa sering kita perlu mengikat ulang tali sepatu dalam satuan waktu tertentu. Hal tersebut bisa memperdalam pemahaman kita terhadap berbagai simpul penting pada ilmu sains, mulai dari mekanika kuantum sampai DNA.

Penjelasan Ilmiah Kenapa Tali Sepatu Bisa Lepas Meski Diikat Ketatskynews.com.au

Seorang peneliti bernama Christoper Daily-Diamond, mengatakan bahwa ketika membicarakan soal struktur bersimpul, kamu perlu memulai pemahamannya dari tali sepatu, maka kamu akan bisa mengaplikasikannya pada hal lain, seperti DNA atau struktur-mikro, yang gagal melawan gaya dinamis.

Ia menambahkan, ini langkah pertama untuk memahami alasan beberapa simpul lebih baik daripada simpul lainnya, yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Penelitian ini dipublikasi dalam Proceedings of the Royal Society A.

Baca Juga: Terdengar Aneh, 11 Suara Misterius di Dunia yang Pernah Terekam

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You