Comscore Tracker

Beginilah Kondisi Tubuhmu 100 Tahun Setelah Masuk Peti Mati

Kayaknya mending menghindari pakaian berbahan nilon deh

Kematian memang tidak dapat diprediksi kapan datangnya. Cepat atau lambat, siap atau tidak, seseorang pasti akan menghadapinya. Ketika mati, tubuh akan dikubur dengan cara yang berbeda, sesuai adat di masing-masing daerah. Ada yang dikubur ke dalam tanah menggunakan kain kafan saja, dibakar hingga menjadi abu, hingga tubuh disimpan dalam peti mati lalu dikubur ke dalam tanah.

Beberapa ahli telah melakukan penelitian, terhadap kondisi tubuh ketika dimasukkan ke dalam peti mati selama 100 tahun. Berikut ini hasilnya:

1. Perjalanan tubuh kamu belum berhenti meski roh sudah tidak ada

Beginilah Kondisi Tubuhmu 100 Tahun Setelah Masuk Peti MatiIlustrasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Dilansir dari Business Insider, tubuh seseorang masih akan melewatkan beberapa perjalanan meski rohnya sudah tiada. tubuh manusia terdiri dari 200 tulang lebih, triliunan mikroba, dan 37 triliun sel. Bagian-bagian tubuh tersebut akan mengalami beberapa proses sebelum hancur.

2. Satu jam pertama kematian, ketegangan otot mulai mengendur

Beginilah Kondisi Tubuhmu 100 Tahun Setelah Masuk Peti MatiFoto hanya ilustrasi. (IDN Times/Imam Rosidin)

Menurut Very Well Health, seluruh otot tubuh akan mengendur ketika sudah mati. Kelopak mata akan kehilangan ketegangan, pupil membesar, serta rahang kemungkinan besar terbuka.

Kulit tubuh ikut melorot. Sehingga persendian dan tulang semakin menonjol. Inilah yang membuat rahang dan pinggul manusia yang sudah mati akan semakin jelas terlihat

3. Dua sampai empat hari meninggal, tubuh akan mengeluarkan bau

Beginilah Kondisi Tubuhmu 100 Tahun Setelah Masuk Peti Matigrist.org

Mikroba akan menyebar ke mana-mana setelah tubuh tersimpan di dalam peti mati, selama dua sampai empat hari. Mikroba-mikroba tersebut akan menghasilkan gas beracun seperti amonia dan hidrogen sulfida. Itulah yang membuat jasad tubuh mengeluarkan bau tak sedap.

4. Kulit tubuh akan menghitam setelah tiga sampai empat bulan kematian

Beginilah Kondisi Tubuhmu 100 Tahun Setelah Masuk Peti Matidailystar.co

kulit jasad tubuh akan menghitam kecokelatan setelah tiga sampai empat bulan dari kematiannya. Hal ini disebabkan oleh pembuluh darah yang sudah memburuk karena teroksidasi. Jaringan-jaringan tubuh juga akan runtuh hingga seperti bubur berair.

5. Satu tahun ke atas, pakaian yang dikenakan jasad akan hancur

Beginilah Kondisi Tubuhmu 100 Tahun Setelah Masuk Peti Mativerywell.com

Umumnya, jasad tubuh akan memakai pakaian ketika dimasukkan ke dalam peti mati. Tetapi pakaian tersebut mulai hancur begitu memasuki tahun pertama. Kenapa bisa hancur?

Pemicunya adalah cairan dan racun dalam tubuh. Sifat mereka yang asam mampu membuat bahan dari katun hancur. Tetapi kalau bahannya terbuat dari nilon, pakaiannya masih bisa bertahan.

6. Tulang akan hancur begitu 80 tahun berjalan

Beginilah Kondisi Tubuhmu 100 Tahun Setelah Masuk Peti Matisofaclinic.co

Jaringan dan sel tubuh akan menghilang setelah 50 tahun. Namun ketika memasuki tahun ke-80, tulang belulang akan pecah. Ini terjadi karena kolagen lunak di dalamnya semakin memburuk.

7. Setelah berusia 100 tahun, hanya menyisakan gigi dan benang nilon

Beginilah Kondisi Tubuhmu 100 Tahun Setelah Masuk Peti Matiflickr.com

Setelah 100 tahun berlalu, maka tidak ada yang tersisa dari jasad tubuh. Semuanya berubah menjadi debu. Meski begitu, ada kemungkinan gigi kamu masih tetap bertahan. Bahan pakaian dari nilon kemungkinan juga akan tetap bertahan.

Seperti itulah kondisi jasad tubuh dalam peti setelah 100 tahun berlalu. Hmmm, membayangkannya saja kok bikin merinding ya.

Baca Juga: Perusahaan Rusia Tawarkan Jasa Menghidupkan Kembali Manusia, Tertarik?

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya