Comscore Tracker

Jangan Tunggu Membesar, 7 Cara Memadamkan Api Tanpa Air

Ini info penting. Siapa tahu diperlukan

Ketika di sekitar kamu muncul api yang besar, Satu hal yang dilakukan adalah panik dan mencari air untuk memadamkannya. Namun apa jadinya bila di sekitarmu minim air dan tidak cukup untuk memadamkannya?

Cobalah pakai cara-cara berikut ini. Cara ini dilakukan untuk memotong suplai oksigen yang memicu api kian membesar. Jadi, harus dilakukan ketika api belum begitu membesar.

1. Menggunakan soda kue

Jangan Tunggu Membesar, 7 Cara Memadamkan Api Tanpa Airseriouseats.com

Menebarkan sejumlah soda kue ke api mampu memadamkannya. Karena soda kue mengeluarkan karbon dioksida. Hal ini dapat dilakukan jika api masih kecil. Jika sudah besar, maka soda kue tidak akan berpengaruh.

2. Menggunakan pasir

Jangan Tunggu Membesar, 7 Cara Memadamkan Api Tanpa Airbeautyharmonylife.com

Paling tidak satu ember pasir, barulah hal ini dapat memadamkan api. Pasir akan memutus pasokan oksigen api hingga meredakannya. Pasir yang ditebarkan bisa pasir kering maupun basah. Tanah juga bisa jadi alternatif lain.

3. Menggunakan karung basah

Jangan Tunggu Membesar, 7 Cara Memadamkan Api Tanpa Airgraphic.com.gh

Jangan pernah menggunakan lap basah untuk memadamkan api. Kandungan airnya akan segera hilang ketika menghadapi api. Lap justru akan ikut terbakar. Lebih baik menggunakan karung basah yang seratnya lebih susah terbakar.

4. Menutup benda

Jangan Tunggu Membesar, 7 Cara Memadamkan Api Tanpa Airfood-hacks.wonderhowto.com

Jika api tersebut berada dalam sebuah benda seperti wajan penggorengan, tutuplah wajan tersebut dengan sesuatu yang kedap udara. Itu akan langsung menghabiskan suplai oksigen api dan membuatnya berhenti.

5. Menggunakan alat pemadam

Jangan Tunggu Membesar, 7 Cara Memadamkan Api Tanpa Airpoison.org

Tabung pemadam dirancang khusus untuk memadamkan api karena adanya kandungan sodium bikarbonat dan aluminium sulfat. Campuran kedua hal itu menciptakan busa serta gas karbon dioksida.

6. Dipukul-pukul dengan batang kayu dan dedaunan

Jangan Tunggu Membesar, 7 Cara Memadamkan Api Tanpa Airnews.trust.org

Metode ini membuatmu harus memukul api secara manual, yang tujuannya adalah memadamkan bara api penyebab api tidak terkontrol. Umumnya menggunakan serabut kelapa yang dibasahi.

7. Mengarantina api

Jangan Tunggu Membesar, 7 Cara Memadamkan Api Tanpa Airstoryblocks.com

Konsepnya sama seperti memotong jalur oksigen suplai api. Perbedaannya adalah api dibiarkan berkobar tanpa memberikannya material untuk terbakar lagi. Namun untuk bisa seperti itu, api serta materialnya perlu dipindahkan ke tempat yang aman terlebih dahulu.

Cara-cara di atas bisa dilakukan asalkan kamu tidak dalam keadaan panik, dan lakukan selagi apinya masih dalam kondisi kecil. Jika sudah membesar, maka satu-satunya cara adalah evakuasi dan meminta pertolongan warga sekitar serta pemadam kebakaran.

Baca Juga: 4 Penyakit yang Mengancam Kesehatan Tubuh Akibat Asap Kebakaran Hutan

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You