Comscore Tracker

Takut Sama Ibu Mertua Termasuk Fobia, Ini Bukti Ilmiahnya

Nah lho. bukan mengada-ada ya, guys

Fobia atau phobia adalah ketakutan berlebihan terhadap benda, hal, atau kondisi. Contohnya takut ketinggian, gelap, ruang sempit, badut, ular dan lainnya. Tetapi ada juga lho fobia yang jarang diketahui oleh banyak orang. Termasuk ketika kamu takut sama mertua, itu sudah tergolong fobia, guys. Ini dia fobia aneh yang jarang diketahui banyak orang:

1. Takut sama boneka disebut pupaphobia

Takut Sama Ibu Mertua Termasuk Fobia, Ini Bukti Ilmiahnyavnreview.vn

Pupaphobia adalah ketakutan terhadap boneka dan sejenisnya. Pengidapnya merasa gak nyaman dan khawatir ketika melihat boneka. Apalagi jika satu ruangan dengan boneka-boneka yang seolah-olah 'menatap' dirinya.

2. Siapa yang kahwatir berlebihan jika tidak pegang ponsel? Ini masuk kategori nomophobia

Takut Sama Ibu Mertua Termasuk Fobia, Ini Bukti IlmiahnyaPexels/Giftpundits.com

Nomophobia adalah sebuah singkatan dari no mobile phone phobia yang artinya takut berlebihan ketika jauh dari ponsel. Fobia ini akan muncul karena ketergantungan yang sangat tinggi terhadap ponsel. Pengidapnya bakalan merasa sangat khawatir jika terpisah dari ponselnya, atau ketika ponselnya lowbatt dan tidak ada sinyal.

3. Takut sama ibu mertua masuk golongan pentheraphobia

Takut Sama Ibu Mertua Termasuk Fobia, Ini Bukti IlmiahnyaPexels/Pixabay

Fobia ini cukup unik. Sebab pengidapnya merasa takut terhadap ibu mertuanya sendiri. Biasanya fobia ini muncul karena pernah ada traumatis yang melibatkan ibu mertua.

Baca Juga: Selalu Dianggap Penghibur dan Seram, Ini Sejarah Lahirnya Badut

4. Ada yang takut mandi? Ini namanya ablutophobia

Takut Sama Ibu Mertua Termasuk Fobia, Ini Bukti Ilmiahnyadconheels.com

Siapa yang sewaktu kecil malas kalau disuruh mandi? Kalau sudah dewasa tapi tetap tidak mau mandi (Bukan karena malas ya), itu disebut ablutophobia atau ketakutan terhadap aktivitas seperti mandi, mencuci muka, dan membersihkan badan. Biasanya fobia ini terjadi karena pernah mengalami peristiwa traumatis yang melibatkan air.

Baca Juga: Tanda-tanda Anak yang Cenderung Jadi Psikopat, Orangtua Wajib Tahu!

6. Globophobia, orang yang takut sama balon

Takut Sama Ibu Mertua Termasuk Fobia, Ini Bukti Ilmiahnyaflickr.com

Ada gak sih temanmu yang ketakutan setengah mati jika melihat balon? Kondisi disebut sebagai globophobia. Penderitanya merasa ketakutan ketika menyentuh atau dekat dengan balon. Biasanya mereka semakin takut dengan suara ledakan balon yang memang mengagetkan.

6. Hippopotomonstrosesquippedaliophobia

Takut Sama Ibu Mertua Termasuk Fobia, Ini Bukti Ilmiahnyaunsplash.com/Priscilladupreez

Ini termasuk julukan terpanjang untuk jenis fobia. Sama seperti namanya yag panjang. Penderitanya akan ketakutan terhadap kata-kata yang panjang. Berarti kamu gak bisa PHP-in gebetan dengan kata-kata yang panjang, guys.

7. Spectrophobia, takut melihat cermin

Takut Sama Ibu Mertua Termasuk Fobia, Ini Bukti Ilmiahnyares.cloudinary.com

Ada yang takut melihat cermin. Kondisi ini disebut sebagai spectrophobia, takut ketika becermin atau melihat refleksi bayangan sendiri. Pemicunya bisa karena pernah nonton film horor, atau insecure dan tidak percaya diri terhadap penampilan sendiri.

Itulah 7 fobia yang aneh dan gak biasa ditemukan. Kalau kalian pernah punya fobia yang aneh juga gak? Tulis di kolom komentar ya!

Baca Juga: 7 Macam Fobia Terhadap Alam, Ternyata Ada yang Takut Melihat Bintang

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya