Comscore Tracker

11 Ilmuwan Hebat Indonesia yang Temuannya Diakui Dunia

#MenjagaIndonesia Salut dan bangga Indonesia memiliki mereka

Indonesia sesungguhnya memiliki banyak anak bangsa dengan prestasi yang luar biasa. Karya-karya mereka tidak bisa dipandang sebelah mata, bahkan ada yang telah berhasil sampai diakui oleh dunia. Walau kerap muncul ujaran bahwa potensi mereka justru kurang dihargai di negara sendiri. 

Nah di bawah ini 11 ilmuwan hebat Indonesia yang telah meraih banyak penghargaan dan karya-karya mereka sudah diakui oleh dunia internasional. Siapa saja mereka? Yuk simak ulasannya di bawah ini. Semoga kamu juga bisa terinspirasi ya!

1. Profesor B.J. Habibie, penemu teori Crack untuk mengetes kualitas pesawat terbang

11 Ilmuwan Hebat Indonesia yang Temuannya Diakui DuniaB. J Habibie, Presiden Indonesia Ketiga (Website/kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id)

Mantan presiden RI ini adalah ilmuwan asal Indonesia yang paling dikenal dunia. Ia menemukan teori Crack, menghitung crack propagation on random sampai ke atom-atom pesawat terbang untuk mengetes kualitas pesawat terbang. Tak hanya itu, ia juga menciptakan pesawat terbang sendiri berjenis CN-235 dan N-250, serta membantu dalam produksi pesawat Eropa berjenis A-300.

2. Dr. Khoirul Anwar, penemu konsep dua FFT, yang dipakai dalam teknologi 4G LTE

11 Ilmuwan Hebat Indonesia yang Temuannya Diakui Duniarangkumania.com

Tahun 2010 Dr. Eng Khoirul Anwar menemukan konsep dua Fast Fourier Transform (FFT) yang kemudian menjadi standar International Telecommunication Union (ITU). Temuannya ini berhasil meningkatkan kecepatan transmisi data. ITU adalah salah satu pembentuk komponen teknologi LTE. Hingga saat ini Dr. Eng Khoirul Anwar telah memiliki tiga paten dalam dunia telekomunikasi.

3. Dr. Yogi Ahmad Erlangga, penemu rumus matematika berdasarkan persamaan Helmholtz, membuat pencarian sumber minyak bumi lebih cepat dan akurat

11 Ilmuwan Hebat Indonesia yang Temuannya Diakui Duniayoutube.com

Dr. Yogi Ahmad Erlangga dinobatkan sebagai doktor matematika terapan di Belanda. Dirinya dikenal oleh dunia karena berhasil memecahkan persamaan Helmholtz yang digunakan untuk pencarian minyak bumi. Penemuannya ini membuat ribuan insinyur minyak bekerja lebih cepat dengan akurasi yang lebih tinggi.

4. Dr. Warsito Purwo Taruno, penemu alat pemindai (ECVT) 4 dimensi (4D)

11 Ilmuwan Hebat Indonesia yang Temuannya Diakui Duniarangkumania.com

Selain sebagai ketua Masyarakat Ilmuwan Teknolog Indonesia (MITI) dan ketua dewan penasehat Institute for Science and Technology Studies, Dr. Warsito Purwo Taruno adalah pemilik paten Electrical Capacitance Volume Tomography (ECVT). Ia penemu yang mengembangkan ECVT 4 dimensi pertama di dunia, yang digunakan untuk melakukan pemindaian pada dinding pesawat ulang-alik.

5. Prof. Josaphat T. S. Sumantyo, penemu radar 3 dimensi

11 Ilmuwan Hebat Indonesia yang Temuannya Diakui Duniayoutube.com/SMA Pradita Dirgantara

Prof. Josaphat T. S. Sumantyo menemukan radar 3 dimensi yang sangat membantu dalam mengirim informasi untuk navigasi pesawat. Penemuannya ini tersebar di beberapa negara di dunia dan sering digunakan untuk memprediksi cuaca. Banyak penghargaan sudah diraihnya berkat dedikasinya di bidang antena, sensor, dan radar, di antaranya adalah Nanohana Venture Competition Award, Nanohana Competition Award, hingga Chiba University President Award.

6. Dr. Eniya Listiani Dewi, penemu membran sel bahan bakar menggunakan unsur Vanadium

11 Ilmuwan Hebat Indonesia yang Temuannya Diakui Duniaristekdikti.go.id

Salah satu peneliti di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) ini menemukan sel bahan bakar baru yang menggunakan unsur Vanadium. Penemuannya ini membuat dirinya mendapat penghargaan Mizuno Award dan Koukenkai Award dari Waseda University, tempat ia menempuh pendidikan hingga S3, di tahun 2003.

7. Dr. Johny Setiawan, penemu planet baru HIP 13044 b

11 Ilmuwan Hebat Indonesia yang Temuannya Diakui Duniaserabi-indonesia.com

Dr. Johny Setiawan adalah seorang astronom lulusan doktor termuda di Albert Ludwigs University of Freiburg, Jerman. Sejak 2003, ia adalah satu-satunya ilmuwan non Jerman yang menjadi Ketua Tim Proyek Max Planck Institute for Astronomy, di Heidelberg, Baden-Wurttemberg, Jerman.

Ilmuwan ini dikenal dunia karena menemukan planet baru yang diberi nama HIP 13044 b. Selain itu, ia juga menemukan planet HD 47536 b, HD 11977 b, HD 47536 c, HD 70573 b, HD 110014 b, hingga TW Hydrae b.

8. Prof. Mezak Arnold Ratag, penemu lebih dari 100 buah Planetary Nebulae

11 Ilmuwan Hebat Indonesia yang Temuannya Diakui Duniaeso.org

Banyak sekali karya dan prestasi yang telah diraih oleh Prof. Mezak Arnold Ratag dan sangat dihargai di tingkat dunia. Salah satu kebanggaannya adalah sebagai penemu lebih dari 100 buah planetary nebulae (PN) baru. Namanya bahkan diabadikan di 120 Planetary Nebula Cluster, termasuk Ratag-Ziljstra-Pottasch-Menzies dan Ratag-Pottasch cluster.

9. Mulyoto Pangestu, Ph.D, penemu teknik pengeringan dan penyimpanan sperma dalam suhu ruang

11 Ilmuwan Hebat Indonesia yang Temuannya Diakui Duniayoutube.com/lingkarideppia

Ilmuwan yang satu ini berhasil menemukan teknik pengeringan (evaporative drying) dan penyimpanan sperma dalam suhu ruang, serta bisa disimpan selama bertahun-tahun. Penemuan ini sangat berguna bagi para ilmuwan dan dokter di negara berkembang karena selain sebagai alternatif penyimpanan dengan alat pendingin, teknik ini menggunakan bahan-bahan yang tergolong sangat murah.

10. Dr. Joe Hin Tjio, penemu fakta jumlah kromosom manusia sebanyak 46 buah (23 pasang)

11 Ilmuwan Hebat Indonesia yang Temuannya Diakui Duniablog.helix.com

Dr. Joe Hin Tjio merupakan ahli genetika kelahiran Pekalongan yang menemukan fakta bahwa jumlah kromosom manusia sebanyak 46 buah, bukan 48 buah. Penemuannya ini mematahkan asumsi yang sudah ada di dunia selama lebih dari 50 tahun yang percaya bahwa manusia normal memiliki 48 buah.

Penelitian dilakukan di laboratorium Institute of Genetics of Sweden’s University of Lund dan dipublikasikan di Hereditas, jurnal ilmiah Denmark, Norwegia, dan Swedia, jurnal genetika yang terkemuka saat itu. Ini menjadi penemuan yang sangat penting karena merupakan perhitungan yang pertama dan definitif, terkandung gen yang menentukan garis keturunan seseorang.

11. Prof. Dr. Ir. Sedijatmo, penemu fondasi cakar ayam

11 Ilmuwan Hebat Indonesia yang Temuannya Diakui Duniadekoruma.com/

Ilmuwan asal Karanganyar ini dikenal dunia berkat fondasi cakar ayam temuannya. Teknologi pemasangan fondasi yang kokoh di atas tanah labil ini telah diterapkan di beberapa bandara dan bangunan-bangunan di Indonesia, juga di beberapa negara lain, seperti Jerman, Inggris, Prancis, Italia, Belgia, Kanada, Amerika, dan Belanda.

11 Ilmuwan Hebat Indonesia yang Temuannya Diakui DuniaIDN Times/Sukma Shakti

Nah itu 11 ilmuwan hebat Indonesia yang karya-karyanya turut mengharumkan nama Indonesia. Semoga kamu bisa terinspirasi dan terpacu dengan pencapaian mereka untuk menghasilkan karya yang lebih bernas.

Memperingati HUT ke-75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, IDN Times meluncurkan kampanye #MenjagaIndonesia. Kampanye ini didasarkan atas pengalaman unik dan bersejarah bahwa sebagai bangsa, kita merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI dalam situasi pandemik COVID-19, di mana kita bersama-sama harus membentengi diri dari serangan virus berbahaya. Di saat yang sama, banyak hal yang perlu kita jaga sebagai warga bangsa, agar tujuan proklamasi kemerdekaan RI, bisa dicapai.

Baca Juga: Seorang Akademisi Rela Menulis 270 Wikipedia demi Para Ilmuwan Wanita

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya