Comscore Tracker

Aneh dan Menggelikan! 12 Serangga Ini Ternyata Aman untuk Dimakan

Kamu pernah nyobain gak?

Rasanya terdengar begitu aneh dan menggelikan ya kalau manusia mengonsumsi serangga. Ternyata serangga untuk kudapan telah dilakukan oleh banyak orang. Misalkan saja di Gunung Kidul, Yogyakarta, ada budaya makan belalang atau jangkrik yang disajikan dengan cara digoreng.

Nah ada beberapa jenis serangga yang memang aman untuk dikonsumsi. Bahkan ada yang proteinnya tinggi! Apa saja serangga yang dimaksud? Cek yuk!

1. Semut

Aneh dan Menggelikan! 12 Serangga Ini Ternyata Aman untuk Dimakanwikipedia.org

Ada spesies semut yang cukup besar untuk dimakan yakni honeypot ants. Tradisi memakan semut dilakukan di beberapa negara yakni Australia, Kolombia dan Thailand, sebagaimana diungkapkan dalam laman NBC News.

Di Australia, penduduk asli (native Australia) menunggu perut honeypot ants membengkak sampai seukuran anggur, lalu dimakan mentah karena rasanya manis. Sementara, penduduk Kolombia lebih suka semut pemotong daun (Hormigas culonas) dan dimakan dengan cara dipanggang. Nah untuk penduduk Thailand lebih suka makan semut merah, terutama telurnya.

2. Kumbang huhu

Aneh dan Menggelikan! 12 Serangga Ini Ternyata Aman untuk Dimakanteara.govt.nz

Meski namanya kumbang huhu, tetapi yang dimakan bukan kumbang, melainkan larva yang besar dan gemuk. Penduduk Selandia Baru akan memakan larvanya, baik sebagai camilan mentah maupun ditumis. Hal itu juga diungkapkan dalam laman NBC News.

Nah kamu bisa mencarinya di batang kayu busuk. Larvanya memakan kayu busuk yang menjadikannya kaya protein. Menurut pengakuan orang yang pernah memakannya, rasanya seperti selai kacang! Membayangkannya saja sudah menggelikan ya.

3. Cicada

Aneh dan Menggelikan! 12 Serangga Ini Ternyata Aman untuk Dimakandiscovermagazine.com

Orang-orang dari Tiongkok, Jepang dan Amerika suka makan cicada. Serangga ini menghabiskan 17 tahun hidupnya di bawah tanah dan mengisap getah dari akar pohon. Dalam laman NBC News juga diungkapkan bahwa saat serangga ini muncul untuk bereproduksi dan mati, banyak orang berebut menangkapnya sebelum kulitnya mengeras.

Cicada bisa direbus, ditumis, atau digoreng. Setelah matang, rasanya disebut mirip seperti udang. Serangga ini dipercaya memiliki 30-40 persen kandungan protein.

4. Tarantula

Aneh dan Menggelikan! 12 Serangga Ini Ternyata Aman untuk Dimakankhmertimeskh.com

Apakah kamu bisa membayangkan memakan tarantula, hewan dengan delapan kaki ini? Pasti menggelikan! Faktanya, tarantula adalah menu favorit penduduk Kamboja dan Venezuela. Menurut mereka, kakinya renyah dan crispy, sementara bagian perutnya lengket. Fakta itu dipaparkan dalam laman NBC News.

Tarantula ini akan digoreng dengan minyak, garam, gula, dan bawang putih sampai garing, lalu dijajakan sebagai street food. Hewan ini dimakan secara utuh, tidak dipotong dulu. Sementara orang Venezuela lebih suka memanggangnya langsung di atas api.

5. Larva tawon

Aneh dan Menggelikan! 12 Serangga Ini Ternyata Aman untuk Dimakanbugguide.net

Di Jepang, ada menu bernama hachinoko yang terbuat dari larva tawon atau lebah. Ini merupakan tradisi yang masih dilestarikan di Prefektur Gifu dan Nagano yakni area pegunungan di mana jumlah ternak terbatas dan ikan tidak berlimpah, sebagaimana diungkap dalam laman Zojirushi.

Mereka makan larva tawon atau lebah yang diambil secara hati-hati dari sarangnya. Lalu, larva ini dimasak dengan kecap dan gula, tetapi bisa juga dijadikan camilan mentah seperti dijelaskan dalam laman NBC News. Meski menggelikan, larva ini kaya akan kandungan lemak, protein, dan vitamin B.

Baca Juga: 10 Serangga Ini Paling Dibenci di Dunia, Pasti Ada yang Kamu Takuti

6. Belalang

Aneh dan Menggelikan! 12 Serangga Ini Ternyata Aman untuk Dimakanmigrationology.com

Thailand memiliki street food yang menjual kuliner ekstrem yakni serangga goreng! Salah satu yang paling digemari adalah belalang. Cara makannya simpel, belalang yang berukuran 10 cm ini harus dimasukkan langsung ke dalam mulut dengan sekali gigitan, lalu kunyah dan telan, cara itu disarankan dalam laman Migrationology.

Belalang goreng juga dikonsumsi di Meksiko. Cara memasaknya mudah, belalang dipanggang, lalu disajikan dengan cabai dan jeruk nipis seperti diungkapkan pada laman NBC News. Hidangan ini disebut dengan chapulín dan dijual di pinggir jalan atau pasar.

7. Pupa ulat sutera

Aneh dan Menggelikan! 12 Serangga Ini Ternyata Aman untuk Dimakanihstattler.com

Pernah terbayang memakan pupa ulat sutera? Ya makanan ini populer di Vietnam, Tiongkok, dan Korea. Di fase pupa (kepompong), ulat sutera tidak lagi berguna karena tidak menghasilkan benang sutera. Alhasil, pupa ini diolah dan dimanfaatkan untuk makanan, daripada dibuang begitu saja, sebagaimana dijelaskan laman The IHS Tattler.

Di Korea, pupa ini dibumbui dulu sebelum direbus, sementara di Tiongkok dan Vietnam langsung digoreng. Menurut mereka yang sudah mencoba, rasanya asin, kenyal, dan mirip udang. Uniknya, pupa ulat sutera juga disajikan dalam kaleng, tetapi siap-siaplah, karena baunya sangat busuk!

8. Kalajengking

Aneh dan Menggelikan! 12 Serangga Ini Ternyata Aman untuk Dimakansurvival-mastery.com

Dalam keadaan hidup, kalajengking adalah hewan yang mengerikan sebab sengatannya mengandung racun yang mematikan. Tetapi dalam keadaan mati, kalajengking adalah kuliner ekstrem favorit di Vietnam, Tiongkok, dan Thailand. Hal itu disampaikan lewat laman NBC News.

Cara memasaknya, kalajengking diambil dalam keadaan hidup dan menggeliat, lalu langsung ditusuk dan digoreng dalam minyak panas. Berdasarkan pengakuan orang yang pernah mencoba, rasanya seperti udang atau kepiting cangkang lunak. Menurut laman Survival Mastery, setidaknya ada 80 persen protein dalam kalajengking.

9. Kumbang air

Aneh dan Menggelikan! 12 Serangga Ini Ternyata Aman untuk Dimakanmigrationology.com

Kumbang air dikenal dengan nama maeng daa di Thailand. Kamu bisa menemukannya di Bangkok dengan mudah. Kumbang air disajikan dengan cara dimakan utuh, dikukus, atau digoreng dengan saus pedas sebagaimana diungkap dalam laman NBC News.

Ada pula kumbang air dalam versi dipanggang dan dikalengkan. Cara memakannya bagaimana? Lepas dulu sayap luarnya yang keras. Rasanya unik yakni mirip black licorice atau adas manis dan tubuhnya agak berair. Sementara, bagian kepalanya mirip kepiting yang lembek, seperti dideskripsikan dalam laman Migrationology.

10. Larva kumbang sagu

Aneh dan Menggelikan! 12 Serangga Ini Ternyata Aman untuk Dimakanbugsfeed.com

Larva kumbang sagu adalah makanan bagi penduduk Papua, Papua Nugini, Malaysia, dan Nigeria. Ulat sagu ini hidup di batang atau bonggol kelapa sawit di negara-negara tropis. Rupanya, ulat sagu adalah hama karena menggerogoti pohon palem, kurma, kelapa dan sawit, seperti dijelaskan dalam laman Bugsfeed.

Meski begitu, ulat sagu sangat lezat sekaligus bergizi. Ulat ini kaya kalsium, protein, dan kalium, seperti diungkap pada laman NBC News. Ulat sagu bisa dimakan langsung dalam keadaan mentah maupun digoreng dan dipanggang dulu di atas bara api. Setelah dimasak, rasanya jadi mirip seperti bacon!

Baca Juga: Kenali Ketonggeng, Berikut 7 Fakta soal Serangga Berbau Menyengat Ini

11. Kumbang bau

Aneh dan Menggelikan! 12 Serangga Ini Ternyata Aman untuk Dimakanchicagoreader.com

Ada trik khusus agar bau kumbang bau hilang sebelum dimakan! Bau ini bisa diserap dengan merendamnya di air hangat. Kumbang bau adalah makanan favorit di Meksiko dan Afrika Selatan sebagaimana disampaikan dalam laman NBC News.

Serangga ini didapatkan dari hutan. Di Afrika Selatan, kumbang ini diperas dulu untuk mengosongkan kelenjar bau, lalu direbus, dijemur, dan dimakan sebagai makanan ringan.

Rasanya bagaimana ya? Seperti campuran yodium dan kayu manis!

12. Rayap

Aneh dan Menggelikan! 12 Serangga Ini Ternyata Aman untuk Dimakanjohnsonpestcontrol.com

Rasanya tidak pernah terbayangkan untuk memakan rayap ya?  Rayap adalah serangga yang dimakan oleh orang-orang dari Asia, Afrika, Australia, dan Amerika Selatan. Biasanya, rayap dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein dan lemak di daerah yang mengalami kekurangan gizi. Hal ini disampaikan dalam laman Clegg's Pest Control.

Serangga ini tinggi asam amino dan bisa diperoleh dengan mudah. Selain itu, rayap juga digunakan untuk memberi makan ternak. Cara memasaknya adalah dengan digoreng atau dipanggang di atas bara api, seperti diungkapkan pada laman NBC News.

Nah itulah 12 serangga yang ternyata aman untuk dikonsumsi. Serangga yang mana ingin coba kamu makan?

Baca Juga: Hati-hati, 7 Serangga Ini Doyan Makan Daging Manusia, Apa Saja? Part 1

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya