Comscore Tracker

Saingi Pesawat, 10 Burung Ini Punya Kemampuan Terbang Paling Tinggi

Dikenal memiliki penglihatan yang sangat tajam

Apakah kamu pernah melihat seekor burung yang bisa terbang sangat tinggi, bahkan sampai di ketinggian yang menyamai pesawat terbang? Percaya atau tidak, ada beberapa jenis burung yang mampu terbang begitu tinggi hingga mampu menyaingi pesawat.

Ya setiap burung memang memiliki keunikan masing-masing. Ada yang bisa terbang dengan kecepatan sangat tinggi, ada yang memiliki kemampuan menyelam di air. Tak tanggung-tanggung, bahkan ada yang bisa terbang sangat jauh hingga melintasi benua. Nah berikut ini 10 burung yang memiliki kemampuan terbang paling tinggi.

1. Kondor Andes

Saingi Pesawat, 10 Burung Ini Punya Kemampuan Terbang Paling Tingginationalgeographic.com

Kondor Andes (Vultur gryphus) bisa terbang hingga ketinggian 15 ribu kaki atau setara dengan 4,5 kilometer dari permukaan tanah, sebagaimana dijelaskan dalam laman The Mysterious World. Burung bangkai ini memiliki rentang sayap selebar 3,3 meter.

Dikenal memiliki penglihatan yang sangat tajam, burung ini bisa melihat bangkai sembari terbang tinggi di atas langit. Mereka bisa ditemukan di pegunungan Andes serta dataran berumput di Amerika Selatan.

2. Bangau putih

Saingi Pesawat, 10 Burung Ini Punya Kemampuan Terbang Paling Tinggiqz.com

Berlanjut ke bangau putih (Ciconia ciconia) bisa terbang hingga ketinggian 16 ribu kaki atau sekitar 4,87 kilometer dari permukaan tanah, sebagaimana disampaikan dalam laman The Mysterious World. Bangau putih memiliki rentang sayap 1,55-2,15 meter, bahkan ada yang memiliki rentang sayap 2,3 meter!

Selain bisa terbang sangat tinggi, bangau putih sangat tangguh saat bermigrasi. Mereka berasal dari Eropa serta Asia Tengah dan Barat, lalu bermigrasi ke Afrika saat musim dingin tiba.

3. Godwit Alaska

Saingi Pesawat, 10 Burung Ini Punya Kemampuan Terbang Paling Tinggiebird.org

Godwit Alaska (Limosa lapponica) adalah burung migran yang sangat kuat. Burung ini berkembang biak di Alaska dan Siberia, lalu pergi ke Australia dan Selandia Baru saat musim dingin datang seperti diungkapkan pada laman The Mysterious World.

Burung Godwit Alaska bisa terbang hingga ketinggian 20.000 kaki atau 6,09 kilometer dari permukaan tanah. Ukuran tubuhnya tidak terlalu besar, panjangnya hanya 37-41 cm, rentang sayap 70-80 cm, berat pejantan 190–400 gram dan berat betina 260–630 gram.

4. Mallard

Saingi Pesawat, 10 Burung Ini Punya Kemampuan Terbang Paling Tinggideltawaterfowl.org

Mallard (Anas platyrhynchos) adalah sejenis bebek liar yang bisa terbang sangat tinggi. Biasanya, mereka terbang di ketinggian 1.000-4.000 kaki (304-1.219 meter) dari permukaan tanah. Tetapi, mallard juga bisa terbang hingga ketinggian 21 ribu kaki atau 6,4 kilometer dari permukaan tanah!

Tak disangka mallard bisa sekuat itu, padahal panjangnya hanya 50-65 cm, berat 0,7-1,6 kilogram dan rentang sayap 81-98 cm. Mallard bisa bermigrasi sangat jauh, dari Amerika Utara dan Eropa menuju daerah selatan yang lebih hangat.

5. Burung bangkai berjenggot

Saingi Pesawat, 10 Burung Ini Punya Kemampuan Terbang Paling Tinggiwired.com

Burung bangkai berjenggot (Gypaetus barbatus) termasuk hewan yang unik karena secara spesifik hanya memakan tulang. Saat mendapatkan tulang yang besar, mereka akan memecahnya menjadi potongan kecil, lalu ditelan.

Keunikan lainnya, burung ini bisa terbang sangat tinggi, hingga 24.000 kaki atau 7,3 kilometer dari permukaan tanah sebagaimana dituturkan pada laman The Mysterious World. Mereka mampu melakukannya karena sayapnya sangat kuat dan lebar, mencapai 2.31-2.83 meter.

Baca Juga: Miris! 16 Jenis Burung Bangkai ini Terancam Punah akibat Ulah Manusia

6. Gagak Alpen

Saingi Pesawat, 10 Burung Ini Punya Kemampuan Terbang Paling Tinggiwallpaperflare.com

Apa kemampuan khusus yang bisa dilakukan oleh burung gagak Alpen (Pyrrhocorax graculus)? Ternyata, burung berwarna hitam pekat ini bisa terbang hingga ketinggian 26.500 kaki atau sekitar 8 kilometer dari permukaan tanah. Fakta tersebut diungkap pada laman The Mysterious World.

Burung gagak Alpen juga memiliki sarang tertinggi di dunia, yakni di ketinggian 21.300 kaki (6,49 kilometer) dari permukaan tanah. Rupanya, tubuh dan alat pernapasannya didesain khusus untuk hidup di tempat dengan atmosfer yang tipis.

7. Angsa whooper

Saingi Pesawat, 10 Burung Ini Punya Kemampuan Terbang Paling Tinggiirishnews.com

Tak disangka, angsa whooper (Cygnus cygnus) bisa terbang sangat tinggi, mencapai ketinggian 27.000 kaki atau sekitar 8,22 kilometer dari permukaan tanah, jelas laman The Mysterious World. Burung ini berasal dari Eurasia Selatan dan bermigrasi rutin ke Denmark, Jerman, dan Inggris.

Saat bermigrasi, mereka biasanya hanya terbang di ketinggian 8.000 kaki (2,43 kilometer) dari permukaan tanah. Kebiasaan unik lain, mereka akan bermigrasi dalam kelompok besar yang berisi ribuan ekor angsa sekaligus.

8. Bangau Eurasian

Saingi Pesawat, 10 Burung Ini Punya Kemampuan Terbang Paling Tinggitelegraph.co.uk

Siapa sangka kalau bangau bisa terbang sangat tinggi? Hal ini dibuktikan oleh bangau Eurasia (Grus grus) yang bisa terbang hingga ketinggian 33 ribu kaki atau sekitar 10 kilometer dari permukaan tanah, tutur laman The Mysterious World.

Bangau ini diketahui bisa terbang melintasi Himalaya. Ini berkat sayapnya yang kuat dan lebar, mencapai 1,8-2,4 meter. Mereka bisa ditemukan di lembah sungai Tunisia, Sudan, Etiopia, Turki, Irak, Eritrea, dan negara sekitarnya.

9. Angsa berkepala garis

Saingi Pesawat, 10 Burung Ini Punya Kemampuan Terbang Paling Tinggiblogs.bu.edu

Apabila melihat hanya sepintas, angsa berkepala garis (Anser indicus) terlihat begitu menggemaskan. Tetapi, jangan remehkan kemampuannya karena mereka bisa terbang hingga ketinggian 29.000 kaki atau sekitar 8,83 kilometer dari permukaan tanah. Hal ini juga dipaparkan pada laman The Mysterious World.

Organ tubuhnya disesuaikan untuk terbang di atas puncak Himalaya, di mana tekanan udara sangat rendah. Kapasitas paru-parunya pun lebih tinggi dari angsa lain. Angsa berkepala garis juga memiliki lebih banyak sel darah merah yang berfungsi untuk meningkatkan curah jantung saat terbang.

10. Burung bangkai Rüppell's

Saingi Pesawat, 10 Burung Ini Punya Kemampuan Terbang Paling Tinggiwikipedia.org

Siapa juara dalam daftar ini, burung yang terbangnya paling tinggi? Tak lain dan tak bukan adalah burung bangkai Rüppell's (Gyps rueppellii). Burung ini bisa terbang hingga ketinggian 37 ribu kaki atau sekitar 11,2 kilometer dari permukaan tanah. Hal ini diungkapkan dalam laman Mother Nature Network.

Pesawat terbang komersial saja terbang di ketinggian antara 35 ribu sampai 42 ribu kaki (10,6-12,8 kilometer) dari permukaan tanah. Diketahui pula ternyata tidak sedikit dari burung ini yang sampai bertabrakan dengan pesawat.

Nah itu 10 burung yang dikenal memiliki kemampuan terbang paling tinggi di dunia. Luar biasa ya?

Baca Juga: 8 Spesies Burung Nuri Paling Cantik dan Cerdas, Sungguh Bikin Takjub

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya