Comscore Tracker

7 Peristiwa Langit bulan Agustus 2019, Jangan Dilewatkan!

Gak perlu teropong. Bisa kamu lihat secara langsung

Peristiwa langit memang sangat menarik untuk dilihat. Karena belum tentu kamu bisa melihatnya lagi dalam jangka waktu ke depan. Jika bulan Juli ada gerhana matahari total, terlihatnya sejumlah planet dari bumi, hingga hujan meteor, maka di bulan Agustus ini juga demikian.

Kamu tidak perlu teropong maupun teleskop jika ingin melihat fenomena langit ini. Dilansir dari Space Tourism Guide, peristiwa langit pada bulan Agustus:

1. Puncak hujan meteor Alpha-Capricornids pada 2 Agustus 2019

7 Peristiwa Langit bulan Agustus 2019, Jangan Dilewatkan!abcotvs.com/

Bulan Agustus dibuka dengan fenomena yang menakjubkan, yaitu hujan meteor Alpha-Capricornids. Fenomena ini sudah dimulai sejak tanggal 15 Juli lalu dan masih terus berlanjut hingga 10 Agustus 2019. 

Diperkirakan pada tanggal 2 hingga 3 Agustus 2019 kamu bisa melihat kira-kira lima meteor setiap jamnya. Untuk mencari hujan meteor ini, kamu harus menemukan konstelasi Capricorn di bagian atas langit selatan. 

2. Puncak hujan meteor Tau-Aquariids akan terjadi pada 6 Agustus 2019

7 Peristiwa Langit bulan Agustus 2019, Jangan Dilewatkan!spacetourismguide.com

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, hujan meteor akan banyak menghiasi bulan ini. Empat hari setelah Alpha-Capricornids, kamu bisa menyaksikan puncak hujan meteor Tau-Aquariids. Ini adalah salah satu jenis fenomena yang terjadi sepanjang tahun.

Untuk melihatnya, kamu harus menghadap ke arah tenggara. “Bintang jatuh” akan memancar dari rasi bintang Aquarius. Jumlah meteor yang dapat dilihat per jamnya adalah delapan buah. Tengah malam adalah waktu terbaik untuk menyaksikan peristiwa ini karena langit cukup gelap.

Baca Juga: Gempa Pemicu Tsunami 20 Meter Berpotensi Terjadi di Selatan Jawa

3. Konjungsi bulan dan Jupiter terjadi pada tanggal 9 Agustus 2019

7 Peristiwa Langit bulan Agustus 2019, Jangan Dilewatkan!redd.it

Jupiter adalah planet yang bersinar terang selama beberapa bulan terakhir. Nampaknya, ia masih belum mau kehilangan popularitasnya di bulan ini. Kamu bisa menyaksikan planet terbesar di Tata Surya ini berdekatan dengan bulan pada tanggal 9 Agustus 2019.

Keduanya akan terlihat melewati satu sama lain dengan jarak sekitar 2 derajat. Untuk melihatnya, kamu harus mengamati langit tenggara setelah matahari terbenam hingga tengah malam. Jika memiliki teleskop atau teropong, kamu bisa menggunakannya untuk melihat empat satelit Jupiter, yaitu Io, Europa, Ganymede, dan Callisto.

4. Konjungsi bulan, Saturnus, dan Pluto pada 12 Agustus 2019

7 Peristiwa Langit bulan Agustus 2019, Jangan Dilewatkan!spacetourismguide.com

Saturnus dan Pluto berada di bagian langit yang sama selama berbulan-bulan. Pada malam hari di 12 Agustus kamu memiliki kesempatan untuk melihat keduanya bersama dengan bulan. 

Setelah matahari terbenam, bulan dan Saturnus akan melewati satu sama lain dengan jarak 0,05 derajat dari bumi. Secara bersamaan, bulan dan Pluto juga berada dalam jarak 0,05 derajat. Sayangnya, di hari tersebut bulan akan menyala 91 persen sehingga akan sulit untuk mengamati peristiwa ini.

5. Puncak hujan meteor Perseid pada 13 Agustus 2019

7 Peristiwa Langit bulan Agustus 2019, Jangan Dilewatkan!pcdn.co

Puncak hujan meteor Perseid adalah peristiwa paling istimewa di bulan ini. Peristiwa tersebut hanya terjadi setahun sekali setiap pertengahan Agustus. Kamu bisa melihat hingga 80 meteor setiap jam. Itulah yang menjadikannya hujan meteor paling populer sepanjang tahun.

Untuk melihatnya kamu harus mencari pancaran yang ada di langit timur laut. Sayangnya pancaran sinar dari bulan membuat Perseid cukup sulit diamati tahun ini.

6. Venus akan bersinar terang pada 15 Agustus 2019

7 Peristiwa Langit bulan Agustus 2019, Jangan Dilewatkan!businessinsider.com

Biasanya Venus cukup sulit diamati karena letak orbitnya yang lebih dekat dengan matahari daripada bumi. Namun pada tanggal 15 Agustus 2019 nanti, kamu bisa melihatnya dengan cukup jelas.

Planet tersebut akan menampakkan diri setelah matahari terbenam dan mencapai kecerahan terbesarnya di malam hari. Kamu bisa mencarinya di langit bagian barat.

7. Konjungsi bulan dan M44 pada 28 Agustus 2019

7 Peristiwa Langit bulan Agustus 2019, Jangan Dilewatkan!astronomytrek.com

Peristiwa langit yang terakhir akan terjadi pada tanggal 28 Agustus 2019. Yaitu bulan dan M44 akan terlihat berdekatan dengan jarak 0,33 derajat dari bumi. M44 adalah gugus bintang yang menjadi bagian dari Beehive Cluster.

Untuk menyaksikannya, carilah bulan sabit memudar di langit timur. M44 akan berada di bagian bawahnya, lebih dekat ke cakrawala. Di malam tersebut, bulan tidak akan bersinar terang seperti biasanya. Sehingga kamu bisa mengamatinya dengan jelas.

Jangan lupa dicatat tanggalnya ya. BIsa jadi tontonan menarik nih. Karena jarang-jarang kamu akan melihat peristiwa langit di bulan Agustus ini.

Baca Juga: Foto Kondisi Bumi 100 Juta Tahun Mendatang Versi Ahli Geologi

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You