Comscore Tracker

7 Cara Sederhana Mengasah Memori, Cocok Juga untuk Millennials 

Bisa kamu coba lebih dini nih

Apakah selama ini kamu mudah melupakan sesuatu? Biasanya ketika seseorang lupa membawa sesuatu, terlebih untuk urusan yang cukup penting, mood akan langsung jelek dan emosi mulai uring-uringan. Nah apabila hal itu terjadi, apa yang biasanya kamu lakukan? Tentu kamu tidak ingin kan apabila rencana jadi rusak hanya gara-gara lupa akan sesuatu. 

Sesungguhnya ada cara-cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengasah memori. Kamu tidak harus membeli obat tertentu atau mengikuti pelatihan yang biayanya mungkin tidaklah murah. Kamu bisa cek ya di bawah ini hal-hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mengasah memori. Cocok juga lho untuk para millennials. Selamat mencoba dan semoga memori kamu semakin tajam.  

1. Ketika bangun tidur, kamu bisa menghirup aroma rosemary

7 Cara Sederhana Mengasah Memori, Cocok Juga untuk Millennials medicalnewstoday.com

Ilmuwan menemukan bahwa aroma bisa memengaruhi kemampuan kognitif seseorang. Dilansir dari Live Science, sebuah penelitian di tahun 2003 menguji kebenaran pernyataan tersebut. Subjek penelitian diminta untuk masuk ke ruangan tertutup yang berbeda. Satu ruangan diberi aroma essential oil rosemary sedangkan yang lain tidak beraroma.

Mereka yang masuk ke ruangan rosemary terbukti memiliki kemampuan memori jangka panjang dan memori kerja yang lebih baik. Jika kamu ingin otakmu bekerja dengan lebih baik, kamu bisa coba menanam rosemary di dekat jendelamu.

2. Makan permen karet

7 Cara Sederhana Mengasah Memori, Cocok Juga untuk Millennials discovermagazine.com

Dilansir dari Care2, studi menunjukkan bahwa mengunyah permen karet memiliki dampak terhadap otak, tepatnya meningkatkan kemampuan memori. Bagaimana bisa?

Ilmuwan mengatakan bahwa mengunyah permen karet bisa meningkatkan aliran darah menuju otak, terutama bagian hippocampus. Selain itu ia juga memiliki kemampuan mirip kopi, yaitu meningkatkan produktivitas dan kewaspadaan.

3. Mengonsumsi makanan bernutrisi

7 Cara Sederhana Mengasah Memori, Cocok Juga untuk Millennials padhamhealthnews.org

Dalam upaya menjaga kemampuan memori, para ahli menyarankan agar kita mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan dan omega 3. Antioksidan bisa memerangi zat radikal bebas yang ada di dalam pembuluh darah. Jika tidak dikurangi dari sekarang, zat tersebut bisa membunuh sel otak. Sedangkan omega 3 berperan dalam memperbaiki sel-sel yang rusak.

Kamu bisa mendapatkan antioksidan dari apel, pisang, sayuran hijau, dan wortel. Sedangkan omega 3 banyak terkandung dalam ikan dan kacang-kacangan. Makanan penutup yang manis juga baik untuk otakmu, lho. Asalkan tidak berlebihan.

Baca Juga: 5 Gejala Penyakit Lumpuh Otak yang Harus Kamu Ketahui

4. Lakukan permainan asah otak

7 Cara Sederhana Mengasah Memori, Cocok Juga untuk Millennials sciencenews.org

Agar tubuh berfungsi dengan baik, kamu perlu melakukan olahraga. Begitu pula dengan otak. Kamu harus melatihnya agar kemampuan memorimu tidak menurun. Caranya sederhana, cukup dengan memainkan game asah otak secara rutin. Misalnya permainan sudoku, teka-teki silang, game ingatan, dan lain-lain.

5. Tidurlah dalam waktu yang cukup

7 Cara Sederhana Mengasah Memori, Cocok Juga untuk Millennials earth.com

Ketika kamu tidur, otakmu tetap bekerja. Ia akan memutar kembali memori di hari tersebut dan menyimpannya sebagai memori jangka panjang. Proses tersebut penting untuk meningkatkan kemampuan memori.

Jika seseorang tidak mendapatkan tidur yang cukup, otak tidak bisa melakukan penyetoran memori dengan sempurna. Maka tidak mengherankan saat seseorang kurang tidur, kemampuan memorinya akan berkurang.

6. Rajinlah untuk berolahraga

7 Cara Sederhana Mengasah Memori, Cocok Juga untuk Millennials fitnessrocks.org

Hippocampus terus menyusut seiring bertambahnya usia. Diperkirakan per tahun ukurannya berkurang 2 persen. Olahraga bisa mengatasi masalah ini. Dilansir dari Live Science, penelitian menunjukkan bahwa olahraga rutin akan menurunkan tingkat penyusutan tersebut.

Orang yang rajin jogging, yoga, dan peregangan akan kehilangan hippocampus sebesar satu persen dari volumenya. Sebaliknya, mereka yang rajin aerobik akan mendapatkan ekstra 2 persen dari volume hippocampus. Ini berarti membalikkan penuaan alami memori sekitar dua tahun.

7. Jangan lupa untuk tetap bersosialisasi dengan teman

7 Cara Sederhana Mengasah Memori, Cocok Juga untuk Millennials avsmindfulness.com

Bersosialisasi dengan orang lain penting untuk kesehatan fisik dan mental. Tak cukup sampai di situ, sosialisasi juga merupakan kunci untuk meningkatkan kemampuan memori kita. Dilansir dari Sharecare, orang yang menutup diri dari lingkungannya lebih rentan terhadap gangguan memori seperti demensia. Selain itu, bertemu dan mengobrol dengan orang lain bisa mengurangi stres sehingga otak akan lebih rileks.

Nah sekarang kamu sudah tahu kan apa saja yang bisa dilakukan untuk mengasah memori biar lebih tajam dan tidak cepat lupa? Kamu bisa mulai menerapkan cara sederhana itu sedini mungkin. Selamat mencoba ya.

Baca Juga: Waspada, 7 Gejala Tumor Otak yang Sering Diabaikan Penderitanya

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya