Comscore Tracker

6 Fungsi Kumis Kucing, Jangan Dipotong Ya Demi Kelangsungan Hidupnya

Itu daerah sensitif guys #IDNTimesScience

Kucing memang hewan yang paling banyak dijadikan sebagai peliharaan ya. Ketika kecil pun lucu dan tingkahnya menggemaskan. Tetapi kamu pernah gak sih iseng mencabut atau memotong kumisnya? Itu bukan kumis biasa, guys. Berikut ini fungsi kumis kucing:

1. Kumisnya berfungsi sebagai sensoris seperti ujung jari manusia

6 Fungsi Kumis Kucing, Jangan Dipotong Ya Demi Kelangsungan HidupnyaInstagram.com/mayonaisethecat

Kucing termasuk hewan karnivor. Makanya insting dia adalah berburu. Penglihatan kucing lemah meskipun indra penciuman dan pendengarannya kuat. Dia tidak bisa fokus melihat objek jarak dekat. Namun bisa merasakan objek di dekatnya berkat bantuan kumis.

Dilansir VCA Hospitals, kumisnya seperti reseptor untuk sentuhan. Fungsinya lebih mirip seperti ujung jari manusia. Kumis kucing terdapat banyak syaraf yang bekerja untuk memberikan informasi tentang kondisi dan tekanan udara, serta benda-benda lain yang disentuhnya. Sehingga membantu menajamkan pendengaran dan penglihatan kucing.

2. Untuk mengukur lebar ruangan yang akan dia masukin

6 Fungsi Kumis Kucing, Jangan Dipotong Ya Demi Kelangsungan HidupnyaIlustrasi kucing (IDN Times/Dwifantya)

Kamu pernah memerhatikan kucing yang melihat-lihat dulu dan memasukkan kepalanya sebelum memasuki ruang sempit? Itu karena kucing sedang berusaha mengukur lebar ruang tersebut dengan kumisnya.

Dilansir dari Purina, rentang lebar kumis dari kedua sisi menggambarkan lebar tubuh kucing. Jadi kucing akan tahu apakah tubuhnya muat atau tidak untuk masuk ke dalam ruang tersebut. Nah, gimana kalau kucingnya obesitas ya?

3. Membantu navigasi dalam gelap

6 Fungsi Kumis Kucing, Jangan Dipotong Ya Demi Kelangsungan Hidupnyailustrasi kucing berburu dalam gelap (unsplash.com/Gijs Coolen)

Selain mata dia mampu melihat dalam kondisi minim cahaya, kucing tetap lancar navigasinya gara-gara kumis. Dilansir dari LiveScience, kumis kucing bisa memberikan informasi tentang arus udara yang berhubungan dengan letak benda-benda di sekitar tubuhnya.

Informasi itu lalu diteruskan ke otak dan kucing akan tahu arah untuk melangkah tanpa harus menabrak benda-benda tersebut.

Baca Juga: 5 Manfaat Sterilisasi pada Kucing, Bikin Kucing Hidup Sejahtera!

4. Mood kucing bisa dilihat dari kumisnya

6 Fungsi Kumis Kucing, Jangan Dipotong Ya Demi Kelangsungan Hidupnyapexels/buenosia carol

Kalau pengin tahu kayak gimana kucing yang lagi emosional, cukup lihat dari kumisnya ya. Posisi kumis akan berubah-ubah sesuai situasi yang sedang dia alami.

Dikutip dari Purina, kumisnya akan datar, kaku, dan mengumpul di sekitar wajah apabila sedang ketakutan. Kalau sedang waspada atau penasaran, kucing akan mengarahkan kumisnya ke depan. Tetapli kalau lagi rileks, kumisnya akan mengarah keluar dan tidak terlalu menyebar.

5. Sebagai indikator usia kucing

6 Fungsi Kumis Kucing, Jangan Dipotong Ya Demi Kelangsungan Hidupnyailustrasi kucing tua (unsplash.com/Jacco Rienks)

Dilansir Purina, kumis kucing akan berubah warna jika sudah tua. Sama seperti manusia. Hanya saja bedanya bukan memutih, melainkan berubah warna menjadi abu-abu tua atau menghitam.

6. Ini yang terpenting, kumis kucing tidak boleh dipotong!

6 Fungsi Kumis Kucing, Jangan Dipotong Ya Demi Kelangsungan Hidupnyaunsplash.com/Yerlin Matu

Menurut laporan dari VCA Hospitals, 40 persen area sensoris di otak kucing saling berkaitan dengan informasi dari tubuh yang ditumbuhi kumis. Makanya kumis kucing gak boleh dipotong. Dia akan merasakan sakit dan kehilangan sebagian besar kemampuan sensorisnya. Beda halnya kalau kumisnya terlepas sendiri. Karena pasti akan tumbuh kembali.

Jadi tahu kan fungsinya kumis kucing? Gak usah iseng mencabut atau memotong kumisnya ya.

Baca Juga: 6 Fakta Tentang Kucing Bengal, Kucing Langka dari Amerika

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Ratna Kurnia Ramadhani di IDN Times Community dengan judul Tidak Boleh Dipotong, Ini 6 Fungsi Penting Kumis pada Kucing

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya