Comscore Tracker

Ini Dia 5 Fakta Udang Petinju, Kemampuannya Kayak Superman

Pukulannya lebih cepat dari tembakan peluru

Udang mantis termasuk biota laut yang masuk ke dalam ordo stomatopoda. Tinggal di perairan tropis dan subtropis yang dangkal. Jenis ini ternyata berbeda dari spesies udang pada umumnya. Lebih agresif dan justru aktif berburu pada malam hari. Dia akan mengubur dirinya di pasir untuk menunggu mangsa atau beristirahat. Berikut ini fakta menarik tentang udang mantis:

Baca Juga: 12 Potret Hewan Berwarna Mencolok, Cantik-cantik dan Ada yang Beracun

1. Udang mantis terdiri dari 450 jenis yang dibedakan berdasarkan cara berburunya

Ini Dia 5 Fakta Udang Petinju, Kemampuannya Kayak Supermanudang mantis merak, salah satu jenis udang mantis tipe pemukul (biologydictionary.net)

Rata-rata jenis udang mantis berukuran 10 centimeter hingga 30 centimeter. Spesimen terbesar yang pernah ditangkap mencapai 46 centimeter. Warna tubuhnya juga berbeda-beda.

Dilansir dari Great Barrier Reef Foundation, keunikan yang mencolok dari udang ini adalah cara berburu mangsa. Diketahui udang mantis memiliki dua jenis metode berburu: memukul dan menusuk.

Udang mantis yang memukul cenderung memiliki kaki depan yang keras. Pukulannya kuat untuk menghajar mangsa. Sedangkan tipe yang menusuk, kaki depannya lebih tajam. Jadi hantamannya dalam bentuk tusukan hingga menembus tubuh mangsa.

2. Udang mantis punya penglihatan yang kuat. Bahkan bisa melihat sel kanker. Manusia saja kalah

Ini Dia 5 Fakta Udang Petinju, Kemampuannya Kayak SupermanUdang mantis dibalik karang laut. (pixabay.com/kevskoot)

Mereka memiliki tipe mata majemuk seperti manusia, tetapi yang ini lebih sensitif. Penglihatan dari krustasea ini bahkan disebut-sebut mampu melihat sel kanker secara kasat mata dan pergerakan sel neuron. Wah, kekuatannya kayak Superman saja ya.

Dikutip dari laman Biology Dictionary, bukti dari kelebihan mata udang mantis adalah terletak pada jenis sel yang mendeteksi warna dan panjang gelombang. Manusia hanya memiliki tiga jenis sel, sedangkan udang mantis memiliki 16 jenis sel. Hal ini membuat mereka menjadi makhluk dengan mata paling fungsional di antara makhluk lain yang pernah diteliti.

Selain mampu melihat sel kanker dan sel neuron, mata udang mantis dapat mendeteksi sinar ultraviolet dan inframerah. Hal ini karena kemampuannya dalam melihat panjang gelombang yang lima kali lipat lebih baik daripada manusia.

3. Pukulannya kuat dan cepat. Lihat saja sendiri videonya

https://www.youtube.com/embed/aabCOzFzMxU

Udang mantis merupakan hewan yang memiliki kekuatan pukulan paling kuat di antara hewan lainnya.

Dilansir dari Biology Dictionary, udang mantis dapat mengentakkan kaki depannya dengan kecepatan hingga 50 mph (80 kmh) dalam hitungan detik. Akselerasi pukulannya lebih cepat ketimbang tembakan peluru berkaliber 22 milimeter. Dengan kekuatan tersebut, udang mantis mampu menghasilkan energi hingga 1.500 Newton atau setara dengan hantaman benda berbobot 154 kg.

Saking cepatnya kekuatan pukulan udang mantis, sebuah gelombang sonik akan tercipta akibat gerakan mereka. Hal ini dapat membuat mangsa maupun predatornya mendapat kesialan. Karena mereka akan menerima dua kali pukulan dalam hitungan detik.

Baca Juga: 10 Hewan Laut Raksasa Paling Indah dan Menakjubkan!

4. Usianya diperkirakan jauh lebih tua dari dinosaurus

Ini Dia 5 Fakta Udang Petinju, Kemampuannya Kayak Supermanpenampakan udang mantis dalam kegelapan (biologydictionary.net)

Mirip seperti beberapa jenis krustasea lainnya, udang mantis ternyata hidup selama jutaan tahun di Bumi. Bahkan disebut-sebut jauh lebih tua ketimbang dinosaurus.

Disebutkan dalam laman Mental Floss, ordo stomopods telah mulai berevolusi secara terpisah dari jenis krustasea lainnya sejak 400 juta tahun yang lalu. Artinya, keluarga udang mantis sudah mulai berevolusi sekitar 170 juta tahun lebih awal ketimbang dinosaurus.

Selain itu, udang mantis berevolusi secara terisolasi dan menghasilkan beragam karakteristik unik, yang tentunya berbeda dari krustasea lainnya. Beberapa peneliti bahkan menyebutnya sebagai "udang dari Mars" lantaran beberapa bagian tubuh mereka sangat aneh.

5. Peneliti menciptakan pelindung tubuh yang terinspirasi dari udang mantis

Ini Dia 5 Fakta Udang Petinju, Kemampuannya Kayak Supermanudang mantis berwarna merah (mentalfloss.com)

Udang ini dapat dikonsumsi. Para peneliti juga menelitinya atas kemampuan yang dia miliki.

Dilansir dari Mental Floss, peneliti menemukan material unik bernama hydroxyapatite di bagian tangan udang mantis merak. Material ini adalah senyawa kalsium-fosfat yang terkristalisasi.

Permukaan lengannya juga mengandung polysaccharide yang elastis. Kedua material itulah yang membuat hantamannya begitu kuat, sekaligus bisa meredam dampak dari pukulan itu bagi tubuhnya.

Asal kamu ketahui, para peneliti menciptakan pelindung tubuh yang terbuat dari serat karbon karena terinspirasi dari desain tangan udang mantis. Pelindung tersebut kini diproduksi untuk keperluan peralatan militer dan badan pesawat.

Wah, kecil-kecil hebat juga ya. Apakah film-film superhero ada yang terinspirasi dari udang mantis gak ya?

Baca Juga: 6 Fakta Tentang Hewan Menguap, Apakah Semua Hewan Melakukannya?

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Anjar Triananda Ramadhani di IDN Times Community dengan judul 5 Fakta Udang Mantis, 'Petinju' Bawah Laut dengan Pukulan Mematikan

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya