Comscore Tracker

Selalu Dianggap Penghibur dan Seram, Ini Sejarah Lahirnya Badut

Kehadiran badut yang seram selalu muncul dalam film

Kamu tergolong orang yang takut sama badut gak? Biasanya badut selalu hadir untuk menghibur setiap kali ada acara ulang tahun anak-anak, festival, atau sirkus.

Namun sebagian orang lagi menganggap badut sebagai sosok yang menyeramkan meski mereka berupaya menghibur. Ini dia sejarah lahirnya badut yang perlu kamu ketahui:

1. Badut sudah ada di zaman Yunani kuno

Selalu Dianggap Penghibur dan Seram, Ini Sejarah Lahirnya Badutlistverse.com

Dilansir laman Britannica, karakter badut sudah ada pada zaman Yunani Kuno. Kebanyakan mereka bertugas untuk menghibur dengan atraksi-atraksi sederhana yang mampu mengundang gelak tawa para penonton.

Namun pada abad ke-16, badut berubah menjadi karakter yang kurang disukai. Lantaran kerap melakukan aksi mencuri dan menipu. Mereka juga tidak segan-segan memamerkan para korbannya di muka umum. Cukup aneh, ya.

Baca Juga: Tanda-tanda Anak yang Cenderung Jadi Psikopat, Orangtua Wajib Tahu!

2. Riasan badut menyimpan kesan psikis yang misterius

Selalu Dianggap Penghibur dan Seram, Ini Sejarah Lahirnya Badutbangordailynews.com

Coba kamu perhatikan bagaimana riasan badut. Selalu ada guratan senyum di sekitar bibir. Meski begitu, seperti ada sesuatu yang misterius di balik riasan tersebut. Dilansir laman Psychology Today, karakter badut memang wajar jika dianggap menyeramkan. Ada kesan psikis yang misterius di balik riasan atau topeng badut.

Jadi kalau menganggap badut itu memang sosok yang aneh dan menyeramkan, kamu gak salah kok. Secara psikologi, badut memang tergambar sebagai karakter yang lihai menyembunyikan identitas aslinya.

3. Satu hal yang membuat badut itu menyeramkan adalah para pelaku kriminal yang terkadang berdandan layaknya badut

Selalu Dianggap Penghibur dan Seram, Ini Sejarah Lahirnya Badutitv.com

Seperti diberitakan dalam The Guardian, ada rentetan kejadian kriminalitas di mana pelakunya memakai riasan dan topeng badut. Kejahatan-kejahatan ini kebanyakan terjadi di kota-kota besar Amerika Serikat.

Beberapa kejahatan yang kerap kali dilakukan oleh mereka adalah pencurian, vandalisme, mengganggu pengguna jalan, sampai menakut-nakuti warga yang sedang lewat di jalan. Tentu saja tindakan ini membuat karakter badut semakin tidak disukai oleh banyak orang.

4. Film-film selalu membangun karakter badut sebagai tokoh yang jahat dan menyeramkan

Selalu Dianggap Penghibur dan Seram, Ini Sejarah Lahirnya Badutinverse.com

Tidak semua ide dan gagasan dalam film itu benar serta dapat diterima. Sebab terkadang film memberikan andil besar dalam menjustifikasi realitas yang ada.

Contohnya karakter badut ini. Badut selalu diubah menjadi tokoh yang menyeramkan dan monster pemakan manusia. Tentu ini menggiring penilaian negatif di mata publik.

5. Tidak sedikit orang yang fobia sama badut

Selalu Dianggap Penghibur dan Seram, Ini Sejarah Lahirnya Baduthcamag.com

Menurut jurnal psikologi Mental Floss, fobia atau ketakutan terhadap badut disebut sebagai coulrophobia. Ternyata badut sudah lama dianggap sebagai karakter yang menyeramkan bagi sebagian orang hingga muncul fobia.

Itulah lima fakta tentang badut. Kalau menurut pendapatmu gimana guys?

Baca Juga: Selain Joker, 5 Film Ini Juga Menampilkan Badut Sebagai Sosok Seram

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Dahli Anggara di IDN Times Community dengan judul Alih-alih Dianggap Lucu, 5 Fakta Ilmiah Badut Ini Justru Menyeramkan

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya