Comscore Tracker

7 Penampakan Gua yang Pernah Jadi Rumah Manusia

Ada pikiran pengin tinggal di gua gak?

Pada zaman purba, manusia hidup di dalam gua. Dilansir dari berbagai sumber, manusia yang hidup di gua dinamakan Neanderthal. Ya, namanya sesuai dengan lokasi penemuan gua pertama kali di Neandertal atau Lembah Neander, Jerman. Mereka hidup di zaman Pleistosen. Mereka bahkan sengaja membuat gua sebagai rumah. 

Seiring bergantinya zaman, masih ada juga orang yang memilih tinggal di gua. Entah itu sebagai rumah, persembunyian, dan lainnya. Berikut ini gua yang pernah jadi tempat tinggal di berbagai negara. Bahkan ada beberapa yang masih aktif ditinggali sampai sekarang.

Baca Juga: Mitos Perempuan Rwanda Punya Jenggot Jika Makan Daging Kambing

1. Petra di Yordania. Kini jadi warisan UNESCO dan sebagai objek wisata

7 Penampakan Gua yang Pernah Jadi Rumah Manusiaredbull.com

Gua-gua ini jadi situs kuno dan tersebar lebih dari 40 kilometer persegi. Dibuat tahun 300 SM dan menjadi tempat tinggalnya Bangsa Nabatea. Dulunya merupakan pusat perdagangan utama antara Arab, Mesir, dan Suriah.

Namun pada akhir abad ke-20, situs ini menjadi warisan UNESCO. Kini juga berubah sebagai objek wisata. Dilansir National Geographic, ada seorang pria berusia 76 tahun bernama Mofleh Bdoul, menolak untuk pergi dari sana. Baginya, gua tersebut adalah rumahnya. Jika kamu tertarik mengunjungi Petra, kamu bisa menunggangi unta atau kuda.

Baca Juga: 5 Hal Mistik yang Dilihat Indigo Selama Main ke Pantai Kuta & Legian

2. Uchisar, Cappadocia di Turki. Bekas peninggalan Kekaisaran Ottoman

7 Penampakan Gua yang Pernah Jadi Rumah Manusiatourmakerturkey.com

Kastil dari batu alami ini dulunya bekas pembangkit tenaga listrik dari jaringan gua Cappadocia. Ada beberapa ruangan, gereja, makam penguburan, terowongan untuk melarikan diri dan beberapa perangkap kompleks.

Tempat ini merupakan rumah pertama bagi orang-orang Kekaisaran Ottoman pada tahun 1400-1500. Kalau ingin berkunjung ke tempat ini, menurut laporan Red Bull, kamu harus naik pesawat atau kereta dari Istanbul, Turki untuk menginap di hotelnya yang berbentuk gua.

3. Vardzia di Georgia Selatan. Sebagai penampungan biksu yang berlatih

7 Penampakan Gua yang Pernah Jadi Rumah Manusiaredbull.com

Gua ini dapat menampung 40 ribu orang, mencakup 13 lantai dengan 409 kamar dan 25 gudang penyimpanan anggur. Banyak terowongan rahasia terbongkar ketika terjadi gempa besar tahun 1283. Sampai sekarang ada biara di gua ini, untuk menampung sekelompok kecil biksu yang berlatih.

Ini rumah bagi para biarawan Georgia. Letaknya di Georgia Selatan, dan dibuat tahun 1180an. Sekarang jadi Cagar Museum Arsitektur Historis dan terbuka untuk wisatawan.

Baca Juga: Kisah Mistis Gua Jepang di Klungkung, Kerap Ada Penampakan Anak Kecil

4. Terreras del Cualgerin di Spanyol. Peninggalan orang prasejarah yang kini disulap sebagai akomodasi wisata

7 Penampakan Gua yang Pernah Jadi Rumah ManusiaTerreras del Cualgerin, Spanyol (Dok. redbull.com)

Gua ini dijadikan sebagai rumah para penambang perak. Ada lebih dari 260 gua dengan kedalaman lima lapis. Banyak spot yang telah ditinggalkan atau hancur oleh erosi. Tetapi beberapa di antaranya telah direhabilitasi dan diubah menjadi rumah serta akomodasi wisata. Cuevas del Almanzora di dekatnya memiliki resor golf mewah. Gua ini dibangun antara 1300 SM-1900 SM. Penghuni pertamanya adalah orang-orang prasejarah.

5. Mesa Verde di Amerika Serikat, yang ditemukan oleh seorang koboi

7 Penampakan Gua yang Pernah Jadi Rumah Manusianationalparks.org

Gua ini ditemukan oleh seorang koboi sekitar akhir 1800an. Cliff Palace adalah pusat dari cagar 600 gua yang tersebar di dalamnya. Kini tempat tersebut menjadi Taman Nasional, cagar arkeologi terbesar di AS. Dulu gua-gua ini diciptakan oleh para Anasazi pada tahun 1190an.

6. Festos di Yunani. Rumahnya para Bangsa Minoa

7 Penampakan Gua yang Pernah Jadi Rumah Manusiaredbull.com

Gua tertua di tebing kapur ini dibuat antara 3000 SM-1850 SM dan menjadi rumah pertama bagi Bangsa Minoa. Setelah itu tempat ini jadi surganya para pengunjung pada tahun 1970an. Menyediakan tempat tidur berukir, jendela, dan beranda supaya bisa melihat matahari terbenam. Tapi sekarang sudah ditutup.

7. Bamiyan di Afghanistan, dibangun pada tahun 600

7 Penampakan Gua yang Pernah Jadi Rumah Manusiaredbull.com

Ada lebih dari 1000 gua di situs kuno ini. Dibangun pada tahun 600 dan jadi rumah pertama bagi Bangsa Hephthalite. Beberapa di antaranya bahkan berisiko runtuh setelah mengalami serangan hebat dari Taliban pada tahun 2001. Sekitar 700 keluarga Afghanistan bahkan menyebutnya sebagai rumah.

Itulah deretan gua yang pernah jadi tempat tinggal di berbagai negara. Ternyata banyak situs-situs yang menarik ya. Betapa hebatnya mereka yang membangun gua ini.

Itulah beberapa gua yang sempat menjadi rumah yang tersebar di seluruh dunia. Kamu tertarik gak untuk tinggal di sana?

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya