Comscore Tracker

Satu Berasal dari Indonesia! Ini 7 Flora dan Fauna Terbesar di Dunia 

Manusia jadi kelihatan kecil banget ya!

Flora dan fauna yang tumbuh di bumi ini jenisnya begitu beragam. Begitu pula dengan ukurannya. Bahkan ada yang jauh melebihi ukuran manusia. Konon fauna dan flora terbesar di bumi ini lebih besar dari dinosaurus. Jenis apa sajakah mereka? Yuk langsung cek di bawah ini 7 flora dan fauna terbesar di dunia.

1. Teratai raksasa

Satu Berasal dari Indonesia! Ini 7 Flora dan Fauna Terbesar di Dunia gardenclinic.com

Di Amerika Selatan, Guyana adalah rumah bagi teratai raksasa (Victoria Amazonica). Teratai raksasa pertama kali ditemukan pada tahun 1837 dan dinamai berdasarkan Ratu Victoria. Diameter dari bantalan bunga bakung tumbuh hingga 10 kaki dan sanggup menampung manusia yang beratnya lebih dari 30 kg, demikian dikutip dari Rainforest Cruises.

Menurut Carla James dari Guyana Tourism Authority, teratai raksasa adalah bunga nasional Guyana dan dianggap sebagai salah satu 'Giants of Guyana'.

2. Hiu paus

Satu Berasal dari Indonesia! Ini 7 Flora dan Fauna Terbesar di Dunia WWF Global

Hiu paus adalah ikan terbesar yang diketahui. Spesies yang terancam punah ini dapat tumbuh hingga 62 meter. Tak heran apabila hiu paus digadang-gadang lebih besar dari dinosaurus.

Dengan lebar mulut hingga 152 cm, hiu paus dapat menelan banyak ikan kecil dan plankton sekaligus. Tapi tenang, menurut seorang ahli biologi kelautan di Greenpeace USA John Hocevar, hiu paus lembut terhadap manusia.

Mereka biasa berenang dengan kecepatan 3 mil per jam. Di beberapa spot tertentu, kamu bisa melihat hiu paus sedang berenang dari kapal.

3. Paus biru

Satu Berasal dari Indonesia! Ini 7 Flora dan Fauna Terbesar di Dunia deepoceanfacts.com

Melansir CNN, paus biru merupakan salah satu hewan terbesar yang pernah ada di bumi. Lidah paus biru saja sudah sebesar gajah. Spesies yang saat ini terancam punah itu dapat tumbuh hingga 32 meter dan memiliki berat hingga 200 ton. Berat jantung mereka setara dengan berat mobil ambulans.

Paus biru dapat berenang secepat 20 mil per jam, tetapi mereka biasanya melintasi laut dengan kecepatan yang jauh lebih lambat, sekitar lima mil per jam. Mereka biasa berenang secara berpasangan atau sendirian dan memiliki ciri khas vokalnya yang keras, yang dapat menjangkau paus lain ribuan mil jauhnya.

4. Rafflesia arnoldii

Satu Berasal dari Indonesia! Ini 7 Flora dan Fauna Terbesar di Dunia cabinetmagazine.org

Kali ini tanaman terbesar di dunia datang dari Indonesia. Siapa coba yang tidak tahu Rafflesia arnoldii atau dikenal sebagai bunga bangkai? Rafflesia arnoldii merupakan bunga asli asal hutan hujan di Sumatera. Selain itu, bunga bangkai juga bisa ditemukan di Thailand, Filipina, dan Malaysia.

Dengan berat sekitar 11 kg, Rafflesia arnoldii memiliki diameter sebesar 70-110 cm dan tinggi mencapai 50 cm. Ketika mekar, bunga ini akan mengeluarkan bau busuk seperti bau bangkai, makanya dinamakan bunga bangkai.

Baca Juga: 10 Dinosaurus Paling Cerdas yang Pernah Ada, Sepintar Apa Mereka?

5. Gorila timur

Satu Berasal dari Indonesia! Ini 7 Flora dan Fauna Terbesar di Dunia cnn.com

Gorila timur menjadi primata terbesar yang masih hidup hingga saat ini, meskipun statusnya sudah terancam punah. Dibandingkan manusia, gorila merupakan raksasa, apalagi spesies gorila dataran rendah timur. Bahkan ada yang beratnya mencapai 200 kg. Guinness World Records juga menyatakan gorila timur sebagai mamalia terbesar yang mampu membangun sarang.

Gorila timur memiliki dua subspesies, yakni gorila dataran rendah timur yang bisa ditemukan di Republik Demokratik Kongo, dan gorila gunung yang ada di hutan awan pegunungan vulkanik Virunga Massif di Republik Demokratik Kongo, Uganda, dan Rwanda.

6. Beruang kutub

Satu Berasal dari Indonesia! Ini 7 Flora dan Fauna Terbesar di Dunia Unsplash/Dan Bolton

Coba tebak, siapa hewan menjadi karnivora terbesar di darat? Mungkin kebanyakan orang akan menjawab dengan cepat dan menyebut harimau atau singa.

Akan tetapi, kalau melihat beratnya yang mencapai 680 kg dan panjangnya hingga 274 cm, beruang kutub dapat memiliki berat lebih dari gabungan antara singa jantan dan harimau.

Kendati begitu, beruang kutub memiliki selaput di kakinya sehingga sempat dipertimbangkan sebagai mamalia laut. Beruang kutub hidup di Kanada, Alaska, Norwegia, Greenland, dan Rusia.

7. Penyu belimbing

Satu Berasal dari Indonesia! Ini 7 Flora dan Fauna Terbesar di Dunia wtsp.com

Penyu belimbing adalah penyu terbesar dari semua penyu dan salah satu reptil terbesar di bumi. Saat ini risiko kepunahannya sangat tinggi.

Penyu yang sangat besar ini memiliki berat hingga 907 kg dan panjangnya mencapai 2,4 meter. Meski demikian, penyu belimbing dapat mencapai ukuran mobil kecil, walaupun menetas dari telur yang terlihat seperti bola pingpong.

Penyu belimbing bermigrasi hingga 10 ribu mil dalam setahun untuk mencari makanan dan tempat bersarang. Pada saat musim bersarang inilah kamu paling mungkin melihatnya.

Nah itu 7 jenis flora dan fauna yang ukurannya diyakini paling besar di dunia. Sekarang kamu sudah tahu kan apa saja itu? Menakjubkan sekali ya?

Baca Juga: 7 Manfaat Kesehatan Menanam Tumbuhan di dalam Rumah, Sudah Coba?

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya