Comscore Tracker

Belum Banyak yang Tahu, 7 Ilmuwan Wanita Ini Berjasa Besar untuk Dunia

Sosok jenius di balik penemuan ilmiah

Seseorang yang berjasa terhadap negaranya atau bahkan dunia, nama serta jasanya akan selalu dikenang. Begitu pula dengan para ilmuwan yang dengan bekal penelitiannya mereka mampu mengubah dunia ke arah yang lebih baik lagi. 

Hanya saja ternyata tidak sedikit ilmuwan yang sering terlupakan meskipun pernah memberikan dampak yang besar. Dalam kasus ini, tidak sedikit dari mereka yang terlupakan adalah wanita. Selama ini dunia science tampaknya lebih didominasi oleh  laki-laki, misalkan saja Thomas Alfa Edison, Isaac Newton, atau Plato.

Berikut 7 nama ilmuwan wanita yang belum banyak orang yang mengetahui kiprah mereka padahal penelitian dan jasanya sangat berarti, bahkan hingga sekarang.

1. Mary Somerville (ahli astronomi)

Belum Banyak yang Tahu, 7 Ilmuwan Wanita Ini Berjasa Besar untuk Duniabbc.com

Lahir di Skotlandia, Somerville berhasil menjadi ilmuwan wanita yang konsern tentang tata surya. Hebatnya, dia memiliki pengaruh besar dalam penemuan planet Neptunus.

Akan tetapi, penemuannya yang krusial itu sering dilupakan. Mengutip BBC, setelah kematiannya pada 1872 silam, Somerville diberikan julukan sebagai "queen of science".

2. Mary Anning (ahli paleontologi)

Belum Banyak yang Tahu, 7 Ilmuwan Wanita Ini Berjasa Besar untuk Duniabbc.com

Britannica melaporkan bahwa Anning merupakan pemburu fosil yang produktif dan banyak membantu proses pengembangan awal paleontologi. Menariknya, di usia 12 tahun, Anning berhasil melakukan penemuan pertamanya yakni reptil kuno yang dinamakan Ichthyosaurus.

Kendati demikian, meskipun berjasa, dia disebut dalam The Natural History Museum sebagai "pahlawan penemu fosil tanpa tanda jasa". Sayangnya Anning masih juga belum diakui hingga setengah abad kematiannya.

3. Ada Lovelace (ahli matematika)

Belum Banyak yang Tahu, 7 Ilmuwan Wanita Ini Berjasa Besar untuk Duniabbc.com

Ahli matematika yang satu ini memiliki jasa dalam menciptakan program komputer awal. Bersama seorang ahli mesin bernama Charles Babbage, Lovelace pernah menciptakan proposal untuk "Mesin Analitik". Namun, mesin tersebut tidak pernah dibuat, walaupun desainnya banyak ditiru oleh komputer modern.

Selain itu, catatan yang pernah ditulis Lovelace juga berisi bagaimana caranya kode bisa dipakai untuk penanganan huruf, simbol, dan angka. Lovelace meninggal di usia yang terbilang cukup muda. Ia lahir di Inggris pada 1815 dan meninggal pada tahun 1852.

Baca Juga: 10 Hal Paling Misterius di Bumi, Ilmuwan pun Tak Bisa Menjelaskannya

4. Elizabeth Garrett Anderson (Dokter)

Belum Banyak yang Tahu, 7 Ilmuwan Wanita Ini Berjasa Besar untuk Duniabbc.com

Garrett Anderson menjadi wanita pertama yang memenuhi syarat di Inggris sebagai seorang dokter. Meski demikian, untuk mencapai titik itu ia harus melewati perjalanan yang tidak mudah. Usut punya usut, Anderson sempat ditolak karena tidak ada universitas yang mau mengizinkannya mengambil ujian untuk menjadi dokter.

Tidak mau menyerah sampai situ, dengan berbagai perjuangan, dia akhirnya memenuhi syarat pada tahun 1865. Setelah itu, dia membuka apotek untuk anak-anak dan wanita serta ikut mendirikan London School of Medicine for Women.

5. Elsie Widdowson (ahli diet)

Belum Banyak yang Tahu, 7 Ilmuwan Wanita Ini Berjasa Besar untuk Duniabbc.com

Mungkin ahli diet terdengar gampang oleh kamu karena terbayang pekerjaannya hanya seputar program diet. Walau begitu, Widdowson punya jasa besar sebagai ahli diet selama Perang Dunia Kedua (World War II). Selama perang berlangsung, dia lah yang memastikan para prajurit Inggris mendapatkan vitamin cukup untuk berperang agar tetap bertenaga dan dalam kondisi baik.

6. Dorothy Hodgkin (ahli kimia)

Belum Banyak yang Tahu, 7 Ilmuwan Wanita Ini Berjasa Besar untuk Duniabbc.com

Sebelum menjadi seorang ahli kimia, Hodgkin berjuang mati-matian supaya bisa belajar kimia bersama dengan anak laki-laki di sekolah. Berkat kemauan dan kerja kerasnya, Hodgkin berhasil menggunakan teknologi sinar-X untuk menemukan struktur penisilin, insulin, dan vitamin B12.

Tidak hanya itu, Hodgkin juga berhasil memenangkan Nobel Prize di bidang kimia pada 1964. Hingga saat ini hanya Hodgkin lah yang jadi wanita Inggris yang mampu memenangkan hadiah tersebut.

7. Jocelyn Bell Burnell (ahli astrofisika)

Belum Banyak yang Tahu, 7 Ilmuwan Wanita Ini Berjasa Besar untuk Duniabbc.com

Kamu perlu tahu bahwa ilmuwan wanita ini menemukan salah satu penemuan terpenting di abad 20, yaitu pulsar radio. Pada tahun 1974, Burnell pernah meraih penghargaan Nobel Prize untuk fisika. Akan tetapi, dia memberikan penghargaan tersebut kepada kedua pria yang bekerja sama dengannya.

Itulah beberapa nama ilmuwan wanita yang punya jasa dan penemuan penting dalam mengubah dunia. Sosok dan karya mereka menginspirasi banyak periset serta penemuan ilmiah modern lainnya.

Baca Juga: 7 Ilmuwan Paling Terkenal Sepanjang Masa, Apa Jasanya bagi Masyarakat?

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya