Belum Banyak yang Tahu, 7 Ilmuwan Wanita Ini Berjasa Besar untuk Dunia

Sosok jenius di balik penemuan ilmiah

Seseorang yang berjasa terhadap negaranya atau bahkan dunia, nama serta jasanya akan selalu dikenang. Begitu pula dengan para ilmuwan yang dengan bekal penelitiannya mereka mampu mengubah dunia ke arah yang lebih baik lagi.

Hanya saja ternyata tidak sedikit ilmuwan yang sering terlupakan meskipun pernah memberikan dampak yang besar. Dalam kasus ini, tidak sedikit dari mereka yang terlupakan adalah wanita. Selama ini dunia science tampaknya lebih didominasi oleh  laki-laki, misalkan saja Thomas Alfa Edison, Isaac Newton, atau Plato.

Berikut 7 nama ilmuwan wanita yang belum banyak orang yang mengetahui kiprah mereka padahal penelitian dan jasanya sangat berarti, bahkan hingga sekarang.

1. Mary Somerville (ahli astronomi)

Belum Banyak yang Tahu, 7 Ilmuwan Wanita Ini Berjasa Besar untuk Duniabbc.com

Lahir di Skotlandia, Somerville berhasil menjadi ilmuwan wanita yang konsern tentang tata surya. Hebatnya, dia memiliki pengaruh besar dalam penemuan planet Neptunus.

Akan tetapi, penemuannya yang krusial itu sering dilupakan. Mengutip BBC, setelah kematiannya pada 1872 silam, Somerville diberikan julukan sebagai "queen of science".

2. Mary Anning (ahli paleontologi)

Belum Banyak yang Tahu, 7 Ilmuwan Wanita Ini Berjasa Besar untuk Duniabbc.com

Britannica melaporkan bahwa Anning merupakan pemburu fosil yang produktif dan banyak membantu proses pengembangan awal paleontologi. Menariknya, di usia 12 tahun, Anning berhasil melakukan penemuan pertamanya yakni reptil kuno yang dinamakan Ichthyosaurus.

Kendati demikian, meskipun berjasa, dia disebut dalam The Natural History Museum sebagai "pahlawan penemu fosil tanpa tanda jasa". Sayangnya Anning masih juga belum diakui hingga setengah abad kematiannya.

3. Ada Lovelace (ahli matematika)

Belum Banyak yang Tahu, 7 Ilmuwan Wanita Ini Berjasa Besar untuk Duniabbc.com

Ahli matematika yang satu ini memiliki jasa dalam menciptakan program komputer awal. Bersama seorang ahli mesin bernama Charles Babbage, Lovelace pernah menciptakan proposal untuk "Mesin Analitik". Namun, mesin tersebut tidak pernah dibuat, walaupun desainnya banyak ditiru oleh komputer modern.

Selain itu, catatan yang pernah ditulis Lovelace juga berisi bagaimana caranya kode bisa dipakai untuk penanganan huruf, simbol, dan angka. Lovelace meninggal di usia yang terbilang cukup muda. Ia lahir di Inggris pada 1815 dan meninggal pada tahun 1852.