Comscore Tracker

7 Sosok yang Diyakini Paling Jenius Sepanjang Sejarah Manusia

Adakah yang belum masuk dalam daftar ini?

Kecerdasan manusia sesungguhnya dapat diukur dengan berbagai cara. Ada yang percaya bahwa cara paling akurat untuk menentukan tingkat kepintaran seseorang adalah dengan mengukur IQ nya. Namun, tidak sedikit pula yang memiliki pendapat berbeda yakni mengukur kepintaran berdasarkan kecerdasan emosional serta sumbangsih apa yang sudah dia ciptakan demi kehidupan manusia yang lebih banyak.

Selain itu, sesungguhnya ada banyak sekali faktor yang memengaruhi kecerdasan manusia, termasuk terkait asupan yang dia dapat ketika masih di dalam kandungan hingga seberapa keras dirinya belajar. Nah berikut ini beberapa sosok yang diyakini paling jenius sepanjang sejarah manusia. Namun tentu ada pula sosok cerdas lainnya yang boleh jadi tidak tercatat dalam sejarah karena satu dan lain hal. 

1. Nicolaus Copernicus

7 Sosok yang Diyakini Paling Jenius Sepanjang Sejarah Manusiabusinessinsider.com

Melansir Business Insider, Nicolaus Copernicus menjadi salah satu orang terpintar dalam sejarah. Copernicus merupakan seorang ahli matematika dan astronom asal Polandia yang berhasil menemukan model heliosentrisme alam semesta, di mana bukan bumi yang menjadi pusat tata surya, melainkan matahari.

Copernicus diperkirakan memiliki skor IQ berkisar antara 160 - 200. Bukunya yang berjudul De Revolutionibus Orbium Coelestium pernah dilarang oleh Gereja setelah dia meninggal pada 1543. Buku itu tetap menjadi daftar bahan bacaan terlarang selama hampir tiga abad sesudahnya.

2. Rudolf Clausius

7 Sosok yang Diyakini Paling Jenius Sepanjang Sejarah Manusialibertaddigital.com

Rudolf Clausius adalah seorang ahli fisika dan matematika asal Jerman yang terkenal karena merumuskan hukum termodinamika kedua. Perkiraan skor IQ-nya berkisar dari 190 hingga 205. Clausius menjadikan termodinamika sebagai sains, menciptakan istilah "entropi," dan mengembangkan teori kinetik gas.

Dia juga menjadi salah satu ilmuwan pertama yang menyarankan bahwa molekul terdiri dari atom yang saling bergantian, yang kemudian memberikan dasar bagi teori disosiasi elektrolitik (penguraian molekul menjadi atom atau ion yang bermuatan).

3. Isaac Newton

7 Sosok yang Diyakini Paling Jenius Sepanjang Sejarah Manusiathefamouspeople.com

Paling terkenal karena hukum gravitasinya, fisikawan dan matematikawan asal Inggris Sir Isaac Newton sangat berperan dalam revolusi ilmiah abad ke-17. Perkiraan skor IQ-nya berkisar dari 190 hingga 200 dengan metode pengukuran yang berbeda. 

Menurut Big Think, buku Newton yang berjudul Philosophiæ Naturalis Principia Mathematica adalah teks dasar mekanika klasik dan memengaruhi pemikiran ilmiah selama lebih dari 300 tahun. Secara luas, karya Newton ini juga diyakini menjadi buku yang paling berpengaruh dalam fisika, bahkan semua sains. 

Baca Juga: 7 Konsep Manusia Ideal Terunik dalam Sejarah, Kamu Pasti Heran

4. Leonardo da Vinci

7 Sosok yang Diyakini Paling Jenius Sepanjang Sejarah Manusiabiography.com

Sebagai pelukis, pematung, arsitek, musisi, matematikawan, insinyur, penemu, ahli anatomi, ahli geologi, pembuat peta, ahli botani, dan penulis, Leonardo da Vinci mungkin adalah orang paling berbakat yang pernah hidup. Perkiraan skor IQ-nya berkisar 180-220 dengan berbagai macam pengukuran.

Dia adalah salah satu pelukis paling terkenal dalam sejarah, terutama lukisan Mona Lisa nya yang sangat terkenal itu. Da Vinci juga dihormati karena inovasi teknologinya seperti mesin terbang, kendaraan lapis baja, tenaga surya terkonsentrasi, dan mesin.

5. Aristoteles

7 Sosok yang Diyakini Paling Jenius Sepanjang Sejarah Manusianuevafilosofia.net

Aristoteles adalah filsuf asal Yunani yang memiliki pengaruh ilmiah pada Abad Pertengahan. Aristoteles sebenarnya adalah murid Plato, yang juga merupakan filsuf Yunani, dan menjadi bagian dari Akademi Athena Plato selama lebih dari 20 tahun. 

Aristoteles memiliki pengaruh besar pada perkembangan filsafat dan sains Barat, penulisan tentang fisika, biologi, metafisika, logika, teater, estetika dan topik-topik lain. IQ dari Aristoteles diprediksi berada di antara 180-190.

6. Johann Goethe

7 Sosok yang Diyakini Paling Jenius Sepanjang Sejarah Manusiabusinessinsider.com

Dianggap oleh Einstein sebagai "manusia terakhir di dunia yang mengetahui segalanya," Goethe adalah seorang polymath Jerman yang menemukan ilmu chemistry manusia dan mengembangkan salah satu teori evolusi yang paling awal diketahui. Perkiraan skor IQ-nya berkisar dari 210 hingga 225.

Dia dianggap sebagai salah satu tokoh terbesar dalam sastra Barat. Buktinya drama puisinya pada tahun 1808, Faust, masih banyak dibaca dan dipelajari hingga saat ini.

7. Albert Einstein

7 Sosok yang Diyakini Paling Jenius Sepanjang Sejarah Manusiaunsplash.com

Albert Einstein adalah seorang ahli teori fisika dan filsuf sains kelahiran Jerman yang nilai IQ-nya berkisar antara 205 hingga 225. Ia terkenal karena rumus ekuivalensi massa-energi E = mc2 yang disebut persamaan paling terkenal di dunia.

Semasa hidupnya, Einstein mengartikulasikan prinsip relativitas dan berusaha untuk menyangkal teori kuantum sampai dia meninggal pada tahun 1955 di usianya yang menginjak 76 tahun.

Nah itulah beberapa sosok yang diyakini paling jenius dalam sejarah manusia. Tentu selain mereka, masih ada juga sosok lainnya yang barangkali tidak kalah pintarnya. Namun kehadiran figur di atas tidak bisa dielakkan telah memberikan sumbangsih untuk perkembangan ilmu pengetahuan. Bila kamu mengetahui ada figur lainnya, bisa juga ditambahkan di kolom komentar ya.

Baca Juga: Ini 10 Keluarga yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah Dunia, Simak Yuk

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya