Comscore Tracker

8 Fashion Berbahaya yang Pernah Ngetren di Zaman Dulu, Sangat Menyiksa

Hidup biasa-biasa aja susah, apalagi yang beginian

Ada sebahian orang yang beranggapan, bahwa fashion dapat menunjang penampilan jadi lebih menarik dan trendi. Maka akan menjadi wajar ketika ada seseorang yang rela mengeluarkan bajet besar untuk membeli fashion. Padahal tidak semua barang trendi selalu baik. Ada kalanya malah berbahaya bagi tubuh jika dikenakan. Contohnya high heels atau sepatu berhak tinggi.

Zaman dulu, ada tren fashion yang ternyata jauh lebih berbahaya daripada sekadar high heels. Berikut ini daftarnya:

1. Chopine, sepatu dengan sol setinggi 50 centimeter

8 Fashion Berbahaya yang Pernah Ngetren di Zaman Dulu, Sangat Menyiksametmuseum.org

Kalau kamu mengira high heels setinggi 14 centimeter di belakang tumit sudah sangat menyiksa, maka itu bukan apa-apa dibandingkan dengan high heels ini.

Pada abad ke-15 di Italia, sepatu dengan sol yang tinggi pernah tren di kalangan perempuan. Namanya chopine. Sepatu ini terbuat dari kayu dan tingginya bisa mencapai 50 centimeter.

2. Tudor ruff yang dapat mencekik leher si pemakai

8 Fashion Berbahaya yang Pernah Ngetren di Zaman Dulu, Sangat Menyiksaid.pinterest.com

Tudor ruff adalah benda yang dipakai di bagian leher. Benda ini tidak memiliki fungsi. Walaupun ikonik, aksesori tersebut dikatakan sangat menyiksa, karena mencekik pemakainya. Agar lebih menarik, tudor ruff dipasangkan dengan berlian hingga emas.

3. Sepatu teratai

8 Fashion Berbahaya yang Pernah Ngetren di Zaman Dulu, Sangat Menyiksa20min.ch

Perempuan Tiongkok kuno dulunya memakai sepatu ini lho, guys. Ukurannya terlalu kecil untuk kaki. Perempuan Tiongkok kuno memakai sepatu itu sejak kecil. Katanya, kaki seperti itu dulunya dianggap untuk mempercantik perempuan.

4. Kerah tinggi yang kaku

8 Fashion Berbahaya yang Pernah Ngetren di Zaman Dulu, Sangat Menyiksawhatculture.com

Aksesori ini dipergunakan untuk menunjukkan seseorang yang menjaga penampilannya. Faktanya di era Edwardian di Eropa, kerah ini malah dapat membunuh seseorang.

Itu karena aksesori tersebut memotong dan menyumbat aliran darah di leher. Berita kasus ini pernah dilaporkan di New York Times pada tahun 1888.

Baca Juga: Sulit Ditemukan Penyebabnya, Ini 5 Wabah Paling Aneh dalam Sejarah 

5. Wig pernah ngetren di kalangan orang Eropa

8 Fashion Berbahaya yang Pernah Ngetren di Zaman Dulu, Sangat Menyiksamentalfloss.com

orang-orang Eropa dulu mengalami kebotakan karena wabah sifilis. Untuk mengatasinya, mereka menggunakan wig dan menjadi tren. Mengingat para pejabat juga mengenakannya.

Tren itu diikuti oleh merebaknya hama dan kutu yang bersemayam di dalam rambut palsu tersebut. Selain itu, risiko rambut terbakar juga besar kala itu. Karena pada masa itu, penerangannya masih menggunakan lilin.

6. Rok sempit

8 Fashion Berbahaya yang Pernah Ngetren di Zaman Dulu, Sangat Menyiksamedium.com/kanupriya.goenka

Awal abad 20, ada tren yang membuat para perempuan menggunakan rok sempit. Bukan rok pendek. Ini memaksa perempuan untuk melangkah kecil dan perlahan. Beberapa perempuan bahkan mengalami kecelakaan, yang mana mereka terjatuh dan meninggal dunia.

7. Korset

8 Fashion Berbahaya yang Pernah Ngetren di Zaman Dulu, Sangat Menyiksathisvictorianlife.com

Inilah barang fashion yang terkenal di Eropa pada abad pertengahan. Korset tujuannya untuk membentuk tubuh perempuan agar memperlihatkan bodi sempurna.

Dengan menyeratkan badan di area perut, korset justru  membuat mereka yang menggunakannya tercekik, tulang rusuknya retak, hingga pendarahan internal.

Tetapi korset zaman sekarang jauh lebih baik daripada zaman dulu yang jauh lebih menyiksa.

8. Crinoline, rok yang mirip sangkar burung

8 Fashion Berbahaya yang Pernah Ngetren di Zaman Dulu, Sangat Menyiksametmuseum.org

Crinoline mirip sangkar burung. Tetapi itu sebenarnya adalah rok. Kerangka rujuannya supaya rok yang dipakai tampak mengembang. Fashion ini justru membawa petaka. Banyak kasus para perempuan terbakar ketika menggunakannya. Karena mereka terlalu dekat dengan perapian. Isu lain dari crinoline adalah rok ini mudah terjerat oleh mesin atau kereta kuda.

Itulah fashion berbahaya yang pernah ngetren di zaman dulu. Kalau fashion itu masih bertahan sampai sekarang, kamu mau memakainya gak?

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya