Comscore Tracker

10 Temuan Ini Jadi Bukti Kalau Manusia Itu Jahat!

Manusia memang kejam sejak zaman kuno ya

Para peneliti selalu memberikan kejutan lewat temuan-temuannya. Namun temuan tidak selalu menyenangkan. Beberapa di antaranya justru mengungkap sejarah yang mengerikan tentang sisi gelap manusia zaman dulu. Berikut ini temuan-temuan yang menjadi bukti kalau manusia itu jahat dan kejam:

1. Temuan tubuh Viking tanpa kepala di Inggris

10 Temuan Ini Jadi Bukti Kalau Manusia Itu Jahat!pinterest.com.au

Di Inggris, para peneliti pernah menemukan kuburan para Viking pada 2009 lalu. Kuburan ini terbagi menjadi dua: kuburan tubuh dan kuburan kepalanya. Diprediksi pemenggalan massal ini dilakukan oleh para orang Anglo-Saxons.

2. temuan mumi berteriak

10 Temuan Ini Jadi Bukti Kalau Manusia Itu Jahat!thenational.ae

Ada beberapa mumi yang seperti ini. Seperti mumi yang ditemukan di sarkofagus oleh Gaston Maspero pada 1886. Atau mumi dari Peru yang menunjukkan posisi tangan menutupi wajah dalam kondisi ketakutan.

3. Tengkorak manusia yang diduga sebagai vampir. Entah ia vampir sungguh atau bukan

10 Temuan Ini Jadi Bukti Kalau Manusia Itu Jahat!nationalgeographic.com

Tengkorak yang paling terkenal datang dari Bulgaria. Teori sejarahnya adalah mereka yang disangka sebagai vampir akan dipasak menggunakan kayu atau besi di bagian dada mereka.

4. Neanderthal kanibal

10 Temuan Ini Jadi Bukti Kalau Manusia Itu Jahat!archaeologynewsnetwork.blogspot.com

Pada tahun 1994, arkeolog menemukan tulang berumur 49 ribu tahun di Spanyol. Setelah diteliti, ternyata tulang mayat tersebut menunjukkan jika tengkoraknya diremukkan dan diekstrak. Ini sebuah indikasi praktik kanibalisme oleh manusia zaman dulu.

5. Makam tengkorak tenggelam

10 Temuan Ini Jadi Bukti Kalau Manusia Itu Jahat!gizmodo.com

Swedia menjadi tempat penemuan yang aneh. Di bawah danau, terdapat makam yang berisikan tulang hewan, 11 orang yang berumur 8 ribu tahun dan peralatan batu. Arkeolog berkesimpulan tempat ini merupakan monumen yang menyimpan trofi peperangan.

6. Lubang berisikan cetakan-cetakan tangan

10 Temuan Ini Jadi Bukti Kalau Manusia Itu Jahat!livescience.com

Hal ini pernah ada dan terjadi di Mesir. Para arkeolog menemukan lubang seperti ini sebanyak empat buah. Dua diletakkan di dinding, dua lagi di luar ruang kerajaan, dan semua isinya adalah tangan kanan pria dewasa.

7. Temuan mumi diduga petani yang dibunuh saat musim panen buruk

10 Temuan Ini Jadi Bukti Kalau Manusia Itu Jahat!moesgaardmuseum.dk

Mumi Eropa Utara yang paling terkenal ini adalah manusia Grauballe. Mumi ini diprediksi merupakan mayat petani yang dibunuh setelah musim panen buruk pada delapan ribu tahun sebelum Masehi.

8. Candi Huagas De Moche

10 Temuan Ini Jadi Bukti Kalau Manusia Itu Jahat!timetravelturtle.com

Peradaban ini diperkirakan muncul antara 100 dan 800 tahun setelah Masehi. Kerajaannya dipenuhi para ksatria kuat. Namun melalui candi ini, dipercaya bahwa peradaban tersebut melaksanakan praktik pengorbanan manusia.

9. Alat berisikan tulang manusia

10 Temuan Ini Jadi Bukti Kalau Manusia Itu Jahat!mobile.twitter.com

Menurut para arkeolog, orang zaman dulu membuat alat yang terbuat dari tulang keluarganya. Praktik ini dilakukan di seluruh penjuru dunia. Alat yang paling terkenal ditemukan di Inggris dalam bentuk cawan.

10. Candi Peruvian

10 Temuan Ini Jadi Bukti Kalau Manusia Itu Jahat!fodors.com

Peru menjadi saksi bisu betapa mengerikannya praktik pengorbanan di sana. Pada 2012, arkeolog menemukan ruang dalam Candi Pachacamac, berisikan mayat orang dewasa yang telah diatur sedemikian rupa.

Mengerikan ya temuan-temuan ya. Sampai sekarang para peneliti masih mencari tahu atas kebenaran temuan ini. Entah ini benar atau tidak, praktik-praktik pengorbanan manusia pada zaman pasti pernah terjadi di seluruh dunia. Ini bukti kalau manusia itu memang jahat dan kejam. Setuju kamu gak? Diskusi di kolom komentar ya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya