Comscore Tracker

10 Tanaman Cantik yang Justru Berbahaya, Bikin Buta Hingga Kematian

Ada yang pernah dipakai Nazi juga untuk perang

Sesuatu yang cantik terkadang menyimpan hal berbahaya. Seperti mawar yang menyembunyikan durinya. Namun tingkat kebahayaan bunga mawar tak seperti tanaman-tanaman ini. Tanaman ini tak hanya bisa melukai, tetapi juga membunuh karena beracun.

1. Hemlock air yang mematikan

10 Tanaman Cantik yang Justru Berbahaya, Bikin Buta Hingga Kematianwagwalking.com

Masuk masuk dalam famili apiaceae yang serupa seperti wortel, namun tanaman ini sangat beracun. Racunnya bernama cicutoxin dan terletak di bagian akarnya. Racun ini membuat fungsi otakmu rusak. Gejalanya akan berkeringat, ginjal tidak berfungsi, dan bisa berujung pada kematian.

2. Gympie Gympie bikin tubuhmu terasa panas hingga bertahun-tahun

10 Tanaman Cantik yang Justru Berbahaya, Bikin Buta Hingga Kematianflickr.com

Tanaman ini hanya ada di Australia dan bisa memberikan reaksi alergi seperti bersin-bersin hingga mata berair. Namun dua hari kemudian, kamu akan merasakan rasa panas yang asam sekaligus sensasi tersetrum. Rasa ini bisa bertahan selama bulanan hingga tahunan.

3. Monkshood yang dapat mengganggu kinerja jantung

10 Tanaman Cantik yang Justru Berbahaya, Bikin Buta Hingga Kematianflickr.com

Nama latin bunga ini adalah aconitum napellus. Racun monkshood akan berfungsi jika tubuhmu mencerna tumbuhan ini. Kamu akan merasakan mual dan muntah. Lalu otot dan wajah kamu jadi keram. Semua itu karena kinerja jantungmu terganggu.

4. Bunga trompet malaikat bisa membuatmu koma

10 Tanaman Cantik yang Justru Berbahaya, Bikin Buta Hingga Kematianworldoffloweringplants.com

Bunga trompet sudah terkenal berbahaya, apalagi yang ini. Hampir seluruh bagian bunga trompet malaikat beracun semua. Mulai dari akar, daun, hingga bunganya. Kalau kena racunnya, kamu akan berhalusinasi dan bisa berakhir koma.

5. Belladonna sering dipakai oleh Nazi untuk perang

10 Tanaman Cantik yang Justru Berbahaya, Bikin Buta Hingga Kematianwoodlandtrust.org.uk

Memiliki nama latin atropa belladonna, tanaman ini terkenal sebagai pembunuh sejak berabad-abad lalu. Tanaman ini sering digunakan untuk meracuni lawan, bahkan di kala peradaban Romawi kuno. Nazi juga menggunakan tanaman ini sebagai racun saat Perang Dunia II.

6. Pohon bunuh diri dari India yang sering dipakai untuk bunuh diri

10 Tanaman Cantik yang Justru Berbahaya, Bikin Buta Hingga Kematianwashingtonpost.com

Nama latinnya adalah cerbera odollam dan merupakan tanaman khas India. Pohon ini mengandung Cerberin. Kandungan itu dapat memperlambat jantung. Penderitanya akan mati dalam waktu beberapa jam saja. Sesuai namanya, tanaman ini sering digunakan untuk bunuh diri di sana.

7. Mata boneka yang membuatmu jadi susah bernapas

10 Tanaman Cantik yang Justru Berbahaya, Bikin Buta Hingga Kematianmnn.com

Tanaman ini sering muncul di Amerika dan Eropa. Kamu bisa paham mengapa tanaman ini dijuluki mata boneka. Terlepas dari penampilannya yang aneh, tanaman ini memiliki racun yang membuatmu bisa merasakan sakit di tenggorokan, halusinasi, susah bernapas hingga kematian.

8. Hogweed raksasa yang dapat membutakan mata

10 Tanaman Cantik yang Justru Berbahaya, Bikin Buta Hingga Kematianmirror.co.uk

Tanaman ini berukuran sangat besar dan asal aslinya adalah Asia. Getahnya jadi bagian yang paling berbahaya. Kamu akan merasakan sensasi terbakar hingga kebutaan.

9. Ricinus yang bisa membunuh secara perlahan

10 Tanaman Cantik yang Justru Berbahaya, Bikin Buta Hingga Kematianamazon.com

Inilah tanaman yang menghasilkan ricin, salah satu racun paling berbahaya di dunia. Ricinus sangat berbahaya. Empat hingga delapan bijinya bisa membunuhmu dalam beberapa hari. Tentu saja itu bukan kematian seketika. Ada proses yang harus kamu lalui terlebih dahulu dan itu sangat menyiksa.

10. Snakeroot putih yang berbahaya juga jika dimakan oleh hewan ternak

10 Tanaman Cantik yang Justru Berbahaya, Bikin Buta Hingga Kematianflickr.com

Tanaman ini punya racun bernama tremetol. Kalau ada hewan ternak yang memakan tanaman ini juga berbahaya. Karena daging dan susunya bisa ikut beracun jika kamu santap ternak tersebut.

Itulah deretan tanaman berbahaya. Semoga kamu tidak keliru merawat tanaman ini ya. Kali aja kamu dapat hadiah tanaman ini dari luar negeri.

Baca Juga: Hemat Ruang, 7 Tanaman Ini Bisa Tumbuh dengan Metode Aeroponik

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya