Comscore Tracker

[Cek Fakta] Kebenaran Video WNA Kibarkan Bintang Kejora di Papua

IDN Times telah menelusuri asal video tersebut

Jakarta, IDN Times - Baru-baru ini beredar penggalan video berdurasi 1 menit 39 detik di Twitter, yang memperlihatkan warga negara asing mengibarkan bendera Bintang Kejora di Pegunungan Papua. Dari hasil penelusuran IDN Times, ada dua akun yang menyebarkan video tersebut. Akun yang pertama adalah Airlangga Yudha.

“Masalah Pengibaran Bendera Bintang Kejora di Pegunungan Papua, Sudah Jelas Ulah Siapa...! Mari Selamatkan Papua Untuk NKRI, Jangan Mudah Terprovokasi..!” tulis pemilik akun @Airlangga1101, yang diunggah pada 31 Agustus 2019 lalu.

Akun kedua yang menyebarkan video tersebut adalah Djoko Edhi Soetjipto, mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2004-2009.

“Jadi jelas masalah pengibaran Bendera Bintang Kejora di pegunungan adalah ulah para bule. Mari kita selamatkan Papua, selamatkan NKRI Jangan mudah terprovokasi,” tutur pemilik akun @Abdurra36041876 tersebut pada 1 September 2019 kemarin.

Lalu benarkah WNA dalam video tersebut mengibarkan bendera Bintang Kejora di Pengunungan Papua tahun 2019? Berikut ini hasil cek fakta IDN Times:

Baca Juga: Renovasi Fasilitas yang Rusak Pascarusuh Papua Habiskan Rp70 Miliar

1. Hasil penelusuran fakta: lokasi pengibaran bukan di Pegunungan Papua

[Cek Fakta] Kebenaran Video WNA Kibarkan Bintang Kejora di PapuaTwitter/Abdurra36041876

Dari hasil penelusuran fakta, IDN Times menemukan bahwa konten dari video tersebut tidak benar. Hal ini dibuktikan dengan adanya video yang sama muncul pertama kali di akun YouTube Free West Papua Campaign pada 23 Februari 2018 lalu. Lokasinya bukan di Pegunungan Papua. Melainkan di Blue Mountains, Sidney, Australia.

Video aslinya bisa dilihat di sini: https://www.youtube.com/watch?v=st1lC0iMpD4

2. Siapakah WNA yang mengibarkan bendera di video tersebut?

[Cek Fakta] Kebenaran Video WNA Kibarkan Bintang Kejora di PapuaYouTube/Free West Papua Campaign

Berdasarkan deskripsi akun YouTube tersebut, WNA yang mendaki gunung adalah Jake Toivonen, manajer hotel di wilayah Sidney. Dia ditemani oleh rekannya yang pandai memanjat tebing, yaitu Cam Leadle.

Pendakian setinggi 180 meter itu merupakan aksi solidaritas non-kekerasan, yang dilakukan oleh warga Australia untuk mendukung kemerdekaan Papua Barat.

3. Menggunakan pakaian dan helm yang sama

[Cek Fakta] Kebenaran Video WNA Kibarkan Bintang Kejora di PapuaTwitter/@Airlangga1101

Akun YouTube Free West Papua Campaign mengunggah video tersebut berdurasi 10 menit 48 detik. Lelaki yang diapresiasi oleh pendaki lainnya serta membawa bendera Bintang Kejora menggunakan pakaian hitam bertuliskan Young Henrys. Dia juga memakai helm pendakian hitam bermerek Giro.

Dengan demikian, video yang disebar oleh akun @Airlangga1101 dan Djoko Edhi Soetjipto dengan akun @Abdurra36041876, bahwa telah terjadi pengibaran Bendera Bintang Kejora di Pegunungan Papua, memuat informasi yang tidak benar.

Baca Juga: Kapolri dan Panglima TNI Berkantor di Papua Sepekan ke Depan

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya