Comscore Tracker

Profil Rachmawati Soekarnoputri, Anak Ketiga dari Presiden Soekarno

Rachmawati Soekarnoputri berpulang 3 Juli 2021

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Rachmawati Soekarnoputri, mengembuskan napas terakhir pada Sabtu, 3 Juli 2021 pukul 06.45 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Jakarta.

Dikutip dari situs Kepustakaan Presiden, Perpustakaan Nasional, Putri Bung Karno sekaligus adik kandung dari Megawati Soekarnoputri ini lahir di Jakarta, 27 September 1950. Rachmawati Soekarnoputri berpulang di usia 70 tahun dengan meninggalkan tiga orang anak.

"Innalilahi wa innaillaihi rojiun, pada 3 Juli 2021, sekira pk. 06.45 WIB, telah wafat Ibu Rachmawati Soekarnoputri di RSPAD," cuit akun twitter Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad @Don_dasco.

Berikut perjalanan karier Rachmawati Soekarnoputri, anak ketiga dari Presiden Soekarno.

1. Pendiri Yayasan Pendidikan Soekarno dan Universitas Bung Karno

Profil Rachmawati Soekarnoputri, Anak Ketiga dari Presiden SoekarnoPatung Bung Karno menunggang kuda berdiri di depan area kompleks kantor Kementerian Pertahanan, Medan Merdeka Barat, Jakarta, Minggu, 6 Juni 2021 (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Memiliki nama panjang Diah Pramana Rachmawati Soekarnoputi, anak ketiga dari pasangan Presiden Soekarno dan Fatmawati ini merupakan pendiri Yayasan Pendidikan Soekarno dan Universitas Bung Karno (UBK) bersama tokoh lainnya yaitu Yano Bolang, Simon Tiranda, dan Bagin.

Bukan tanpa tujuan, Rachmawati mendirikan instansi pendidikan tersebut untuk mengimplementasikan ajaran-ajaran Bung Karno yang masih sangat relevan dengan kondisi saat ini, seperti Trisakti Bung Karno yaitu berdaulat dalam bidang politik, berdikari dalam bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam bidang kebudayaan.

Baca Juga: [BREAKING] Innalillahi, Rachmawati Soekarnoputri Tutup Usia

2. Menempuh studi hukum di Universitas Bung Karno

Profil Rachmawati Soekarnoputri, Anak Ketiga dari Presiden SoekarnoIDN Times/Marisa Safitri

Rachmawati menempuh pendidikan SD dan SMP di Perguruan Cikini. Ia juga pernah bercita-cita ingin menjadi dokter, namun saat itu ia lulus SMA dari jurusan sosial sehingga ia melanjutkan studi di Fakultas Hukum Universitas Indonesia pada tahun 1969 namun tidak selesai.

Pada tahun 2002 ia melanjutkan kuliah S1 Hukum di Universitas Bung Karno dan melanjutkan kuliah S2 pada tahun 2017 di kampus yang sama dan meraih gelar Magister Hukum tahun 2020.

3. Mendirikan Partai Pelopor pada tahun 2002 sampai 2012

Profil Rachmawati Soekarnoputri, Anak Ketiga dari Presiden SoekarnoIlustrasi bendera partai politik (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Rachmawati semasa hidup juga aktif di banyak kegiatan. Ia aktif di organisasi Gerakan Pemuda Marhaenis (GPM), Yayasan Bung Karno, dan Yayasan Pendidikan Soekarno (YPS).

Tak ikut bersama kakaknya di PDI Perjuangan (PDIP), Rachmawati mendirikan Partai Pelopor di tahun 2002 sampai 2012. Kemudian di tahun 2013 ia juga sempat bergabung dengan Partai Nasdem dan menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan tetapi tak lama ia dipecat akibat kritik pedasnya terhadap Jokowi.

Akhirnya pada tahun 2015 ia bergabung bersama Partai Gerindra dan menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.

Baca Juga: Mahfud Bertemu Empat Mata dengan Rachmawati, Bahas Agenda Politik?

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya