Comscore Tracker

Viral Isi Ceramah Jafar Shodiq, Samakan Ma'ruf Amin dengan Babi

Jafar Shodiq sudah ditangkap Rabu lalu

Jakarta, IDN Times - Mabes Polri menangkap Ustaz Jafar Shodiq atas tuduhan menghina Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin. Karena Jafar menyamakan Ma'ruf Amin dengan seekor babi dalam ceramahnya.

Dari penelusuran IDN Times, ceramah itu diposting dalam kanal YouTube Habib Ja'far Shodiq bin Sholeh Alattas lima hari lalu. Ungkapan hujatan ini berdurasi 1 menit 47 detik. Dilihat dari latar belakang panggung, ceramah ini terjadi pada tanggal 28 Januari 2019.

Dalam ceramah itu, Jafar Shodiq menceritakan sebuah riwayat di zaman Nabi Musa AS. Ia mengungkapkan kisah seorang murid Musa yang diubah Allah SWT menjadi seekor babi, karena telah menjual ilmu agama yang didapatnya untuk masalah duniawi. Berikut ini uraiannya:

1. Berikut ini isi lengkap ceramah Jafar Shodiq:

Viral Isi Ceramah Jafar Shodiq, Samakan Ma'ruf Amin dengan BabiUstaz Jafar Shodiq/YouTube

Sebuah riwayat di mana di zaman Nabi Musa AS, ada seseorang yang belajar dengan Nabi Musa AS. Ketika mendapatkan ilmu, ini orang menyebarkan ilmunya untuk duniawi. Agama yang dia dapat, dia jual untuk duniawi. Akhirnya Allah SWT ubah dirinya menjadi seekor babi, Nabi Musa kaget. Nabi Musa kaget ketika seseorang memberi tahu kepada Nabi Musa, hai musa ini adalah muridmu. Ini babi, kata Nabi Musa, ini babi. Akhirnya Nabi Musa meminta kepada Allah, ya Allah jadikan kembali ini muridku dari babi berubah lagi menjadi manusia.

Apa kata Allah, ya Musa andaikan engkau berdoa dengan doanya para nabi, tidak akan aku kabulkan ini babi berubah lagi jadi manusia. Tapi Allah memberitahu kepada dia, kepada Nabi Musa, kalau engkau ingin tahu ya Musa kenapa muridmu aku ubah jadi seekor babi, karena muridmu telah menjual agama untuk duniawinya. Maka kalau ada ustad-ustaz zaman sekarang andaikata ada ustaz bayaran yang di zaman Nabi Muhammad hidup di zaman Musa, sudah berubah jadi seekor babi.

Selanjutnya dalam tanya jawab dengan jemaahnya Jafar sempat menyebut nama Ma'ruf Amin, yang ia kaitkan dalam ceramahnya di atas.

Baca Juga: Pasal Penghinaan Presiden dan Wakil Presiden Masuk Delik Aduan

2. Jafar dipolisikan dengan pasal penghinaan

Viral Isi Ceramah Jafar Shodiq, Samakan Ma'ruf Amin dengan BabiUstaz Jafar Shodiq/YouTube

Isi cermaha ini membuat Jafar ke polisi dilaporkan oleh Wakil Ketua Umum Rabithah Babad Kesultanan Banten, Imaduddin Utsman.

"Setelah kita nonton (Videonya) luar biasa menghina betul sama putra Banten terbaik. Kemudian berkoordinasi dan sepertinya ini sudah sangat keterlaluan. Maka harus dilaporkan ke polisi," kata Agus Setiawan selaku kuasa hukum di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (5/12).

Agus menjelaskan, kliennya tidak akan mengurungkan niatnya untuk melaporkan, meski Ma'ruf Amin sendiri sudah memaafkan Jafar. Menurutnya, Ma'ruf sudah khatam soal akhlak rasul sehingga memaafkan Jafar.

"Tapi rasa sakit masyarakat Banten tidak hanya dirasakan oleh kita yang ada di sini loh, semua. Pak Gubernur juga sakit hatinya. Hatinya Bupati, Wali Kota, Kiai sebanten dan semua," kata Agus.

3. Jafar ditangkap di rumahnya kawasan Depok

Viral Isi Ceramah Jafar Shodiq, Samakan Ma'ruf Amin dengan BabiYouTube.com/Ustaz Jafar Shodiq

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono, membenarkan penangkapan Jafar. Ia ditangkap di kawasan Depok, Jawa Barat, Rabu (4/12) lalu. Saat ini Jafar masih diperiksa polisi. Meski begitu pihak Mabes Polri hingga kini belum buka suara perihal penangkapan Jafar.

"Kita sudah laporan model A. Dari Siber (Mabes Polri) kemarin amankan seorang laki-laki inisial JS," kata Argo.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya