Comscore Tracker

[BREAKING] Ahok Diminta Mundur dari PDIP Demi Independensi BUMN

Pengangkatannya disahkan pekan depan

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, telah mengangkat Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero). Pengangkatan ini akan disahkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Pertamina, pekan depan.

Selain itu, agenda RUPS Pertamina pekan depan ialah mengumumkan perombakan posisi di direksi maupun komisaris.

Setelah menjadi Komisaris, Erick meminta Ahok supaya mundur dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

"Pasti semua komisaris di BUMN apalagi direksi harus mundur dari partai, itu sudah clear," kata Erick di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (22/11).

Menurut dia, Ahok sudah setuju untuk mundur dari partai berlambang banteng itu. Erick mengatakan, independensi harus diutamakan dalam BUMN.

"Tentu independensi dari BUMN sangat dipentingkan dan Insya Allah orang-orang yang punya etikat baik pasti semua tahu risiko bagaimana mengabdi untuk negara," jelasnya.

Erick menyampaikan, Ahok akan dibantu oleh Wakil Menteri BUMN, Budi Sadikin, yang akan menjadi Wakil Komisaris Utama.

"Insya Allah sudah putus dari beliau, Pak Basuki akan jadi Komisaris Utama Pertamina. Akan didampingi Pak Wamen Budi Sadikin jadi wakil komisaris utama," lanjut dia.

Terlepas dari Pertamina, mantan Direktur Utama Telkomsel, Emma Sri Martini, akan menjadi Direktur Keuangan Pertamina yang baru.

"Karena memang kan yang sebelumnya Pahala kan ada tugas baru juga sebagai Dirut BTN. Dan Komisaris Utama Pak Chandra Hamzah (di BTN)," ucapnya.

Baca Juga: Ditolak Serikat Pekerja Pertamina, Ahok: Hidup Gue Ditolak Mulu

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You