Comscore Tracker

Jokowi: Tahun Depan Situasi yang Sulit Masih Akan Kita Hadapi

Indonesia harus optimistik di tengah pandemik ini

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengungkapkan tantangan wabah virus corona yang dihadapi Indonesia bisa saja terjadi hingga tahun depan. Kendati demikian, mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta agar masyarakat tetap bersatu dan bergotong-royong menghadapi COVID-19. Tidak hanya Indonesia, semua negara sedang dilanda virus corona dan berlomba-lomba untuk memenangkannya.

1. Perlu kerja keras untuk lewati masa sulit ini

Jokowi: Tahun Depan Situasi yang Sulit Masih Akan Kita HadapiUpacara Virtual dalam Rangka Memperingati Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2020 (Youtube/Sekretariat Presiden)

Dalam amanatnya saat upacara Hari Lahir Pancasila, Senin (1/6), Jokowi menuturkan bahwa tantangan yang dihadapi Indonesia tidaklah mudah. Bahkan tantangan wabah virus corona ini bisa berlanjut hingga tahun depan.

"Atau bahkan tahun depan situasi yang sulit masih akan kita hadapi, situasi yang memerlukan daya juang kita sebagai bangsa, yang memerlukan kerja keras agar kita mampu melewati masa sulit itu," ujar Jokowi di Upacara Hari Lahir Pancasila yang digelar virtual, Senin (1/6).

Baca Juga: Jokowi Restui 102 Wilayah Lakukan New Normal, Ini Daftarnya

2. Ada 215 negara yang diserang virus corona

Jokowi: Tahun Depan Situasi yang Sulit Masih Akan Kita HadapiDok. Biro Pers Kepresidenan

Jokowi mengingatkan bahwa ada 215 negara yang tengah diserang virus corona saat ini. Dia mengatakan Indonesia tak sendirian, sehingga harus tetap berjuang untuk jadi pemenang.

"Semua dalam kesulitan, tapi kita juga harus menyadari semua negara tengah berlomba-lomba untuk menjadi pemenang, menjadi pemenang dalam pengendalian virus maupun menjadi pemenang dalam pemulihan ekonominya," tuturnya.

3. Jokowi minta Indonesia tetap optimis di tengah pandemik

Jokowi: Tahun Depan Situasi yang Sulit Masih Akan Kita HadapiDok. Biro Pers Kepresidenan

Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan sebagai bangsa yang besar, Indonesia juga harus tampil sebagai pemenang. Menurutnya, Indonesia harus optimistik di tengah pandemik ini.

"Kita harus optimis, kita harus menciptakan peluang di tengah kesulitan, kita harus menjawab semua itu dengan inovasi dan karya nyata. Kita tidak boleh berhenti berkreasi, berinvoasi dan berprestasi di tengah pandemi COVID ini," ucapnya.

Jokowi juga meminta masyarakat untuk membuktikan ketangguhan dengan bersungguh-sungguh agar tantangan bisa dijadikan lompatan untuk menang.

"Mari memperkokoh persatuan, mari kita peduli dan berbagi untuk sesama, mari kita tunjukkan bahwa kita bangsa yang kuat bukan hanya mampu menghadapi tantangan, tapi bangsa yang memanfaatkan kesulitan menjadi lompatan kemajuan," kata Jokowi lagi.

Baca Juga: Upacara Hari Lahir Pancasila Virtual, Jokowi dan Peserta Pakai Masker

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya