Comscore Tracker

Resmi Bernama Aprilio Perkasa Manganang, Kakaknya Juga Hipospodia

Wah, kakak adik juga punya kelainan sistem reproduksi ya

Jakarta, IDN Times - Setelah menjalani operasi atas kelainan sistem reproduksi hipospadia, Aprilia Manganang kini resmi menyandang nama baru. Permohonan pergantian nama Sersan Dua TNI Angkatan Darat ini telah disetujui oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tondano, Nova Loura Sasube, dalam sidang yang digelar secara virtual, Jumat (19/3/2021).

"Menetapkan pergantian nama pemohon menjadi Aprilio Perkasa Manganang," kata Loura pada saat membacakan putusan sidang.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) juga diminta langsung menindaklanjutinya agar status Aprilio sah di mata Negara.

Baca Juga: Gak Usah Bingung, Ini Penyebab Aprilia Manganang Jadi Laki-laki

1. Orangtua Aprilio menghadiri proses sidang pergantian identitasnya

Resmi Bernama Aprilio Perkasa Manganang, Kakaknya Juga HipospodiaInstagram.com/manganang

Baca Juga: 7 Fakta Hipospadia, Penyakit Eks Pevoli Aprilia Manganang 

Pihak TNI bakalan membantu proses penyelesaian pencatatan identitas baru Aprilio ke Dukcapil. Hal itu sesuai instruksi dari KSAD Jenderal Andika Perkasa.

"Serda Aprilia Santini Manganang menghadiri sidang yang digelar secara virtual. Dia didampingi orangtua, sejumlah rekannya, serta saksi ahli yaitu dokter spesialis kejiwaan, Sulistio Budi, dan bedah plastik dan konstruksi, Guntoro, yang merupakan anggota TNI. Serda Aprilia benar menderita hipospadias dan statusnya kini telah sah secara hukum," ujar Andika.

2. Kakak Aprilio juga mengalami kelainan hipospadia

Resmi Bernama Aprilio Perkasa Manganang, Kakaknya Juga HipospodiaInstagram.com/manganang

Selain itu ada kabar yang baru. Kakaknya, Amasya Manganang, juga menderita hipospadia. Amasya sudah berkoordinasi dengan Jenderal Andika pula terkait kondisinya. Menurut Andika setelah dicek, Amasya juga mengalami masalah serupa dengan adiknya.

"Ternyata, kakaknya juga tak seberuntung kita. Dia bilang, mau diperiksa. Kami siap. Dia mau dibantu dan jadi dirinya seutuhnya," jelas Andika.

3. Kelainan itu sebenarnya bisa diketahui sejak kecil

Resmi Bernama Aprilio Perkasa Manganang, Kakaknya Juga HipospodiaInstagram.com/manganang

Aprilio selama ini tidak menyadari dirinya mengalami hipospadia. Sebenarnya kelainan itu bisa dideteksi sejak kecil. Namun Aprilio dan kakaknya tidak dibawa ke dokter kala itu. Kelainannya baru diketahui setelah dewasa dan masuk ke TNI. Karena pemeriksaan medis di TNI sangat kompleks dan detail, Aprilio diketahui memiliki banyak hormon laki-laki.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya