Comscore Tracker

Aprilia Manganang Terlahir Laki-laki dan Mengalami Kelainan Reproduksi

Aprilia Manganang pernah memperkuat tim voli perempuan

Jakarta, IDN Times - Mantan atlet Timnas Bola Voli Indonesia, Aprilia Manganang, resmi mengalami perubahan status menjadi laki-laki. Perubahan ini berdasarkan hasil pemeriksaan dari pihak TNI AD di RSPAD pada 3 Februari 2021. Bahwa Sersan Dua (Serda) tersebut memiliki organ kelamin jenis laki-laki dibandingkan perempuan.

"Kemudian pemeriksaan hormonalnya pun begitu, hormonal yang normal, hormon testosteronnya diukur, sehingga secara faktual dan ilmiah, kita bisa meyakini bahwa sersan manganang lebih memiliki hormonal yang masuk dalam kategori normal, laki-laki," ujar Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI, Jenderal Andika Perkasa, dalam jumpa pers yang disiarkan oleh tvOne, Selasa (9/3/2021).

1. Manganang memiliki kelainan hipospadia. Artinya, sejak lahir ia memang laki-laki

Aprilia Manganang Terlahir Laki-laki dan Mengalami Kelainan Reproduksiinstagram.com/manganang92

Andika melanjutkan, Manganang sejatinya adalah seorang laki-laki sejak lahir. Namun ia mengalami kelainan pada sistem reproduksi yang disebut hipospadia. Kelainan ini bisa terjadi di Indonesia namun dalam skala yang jarang, yakni satu berbanding 1:250.

"Jadi seseorang yang kemudian diberi nama Aprilia Manganang tidak seberuntung kita semua. Jadi saat dilahirkan anak ini memiliki kelainan pada sistem reproduksinya, yang dalam terminologi kesehatan disebut hipospadia," kata Andika.

Baca Juga: 10 Potret Aprilia Manganang, Atlet Voli Putri Gagah Sarat Prestasi

2. TNI AD menawarkan bantuan operasi dan Manganang menyambutnya

Aprilia Manganang Terlahir Laki-laki dan Mengalami Kelainan ReproduksiKasad Jenderal TNI Andika Perkasa menangis mendengar cerita paramedis (Youtube/TNI AD)

Atas hasil pemeriksaan ini, pihak TNI AD juga menawarkan operasi correction surgery kepada Manganang. Bantuan ini disambut dengan baik oleh Manganang disebutnya menyambut baik bantuan itu dan mengaku senang.

"Sersan Manganang rupanya menyambut dengan sangat excited karena rupanya inilah yang dia tunggu-tunggu, sehingga saya hadirkan tim dari RSPAD lengkap, kemudian kita lakukan pemeriksaan secara lengkap di RSPAD dengan menggunakan seluruh faslitias kesehatan yang kami punya," lanjutnya.

3. Manganang mengumumkan mengundurkan diri sebagai atlet voli putri Indonesia

Aprilia Manganang Terlahir Laki-laki dan Mengalami Kelainan Reproduksiinstagram.com/manganang92

Manganang mengumumkan pensiun dari dunia bola voli pada September 2020 lalu. Kabar itu ia umumkan lewat akun Instagram @manganang92:

"Mengapa saya mengambil keputusan ini, karena saya ingin hidup lebih baik, ingin meraih kebenaran dalam hati saya, kedamaian. Karena itu, ini keputusan terbaik bagi saya."

Manganang sendiri direkrut sebagai anggota TNI AD lewat rekrutmen khusus bintara yang berprestasi pada tahun 2016. Kala itu ia dinyatakan lolos sebagai perempuan dan menjadi anggota Korps Wanita Angkatan Darat karena pemeriksaan yang dilakukan pihak TNI belum selengkap sekarang.

Baca Juga: Kerap Tampak Macho, 9 Bukti Aprilia Manganang Bisa Tampil Manis Juga

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya