Penulis Harun Yahya Divonis Penjara 1.075 Tahun oleh Pengadilan Turki

Ia dinyatakan bersalah atas berbagai tuduhan kejahatan

Jakarta, IDN Times – Pengadilan Istanbul, Turki, menjatuhkan hukuman penjara 1.075 tahun kepada penulis Adnan Oktar alias Harun Yahya pada Senin (11/1/2021). Pria yang juga dikenal sebagai pendakwah itu dinyatakan bersalah atas berbagai tuduhan kejahatan.

Menurut NTV, Oktar ditangkap pada Juli 2018 atas berbagai tuduhan, termasuk membentuk organisasi kriminal, melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak, pelecehan seksual, hubungan seksual dengan anak di bawah umur, penculikan, pemerkosaan, dan pemerasan.

Ia juga dituduh melakukan pemenjaraan ilegal terhadap orang, spionase militer dan politik, penipuan menggunakan kedok agama dan perasaan orang, pelanggaran privasi, pemalsuan dokumen, dan sejumlah kejahatan lainnya.

“Total 236 orang, termasuk Oktar, terlibat dalam kasus tersebut, dan menerima berbagai hukuman penjara,” lapor Urdupoint, Senin.

Baca Juga: Turki Kecam Kapal Jerman yang Inspeksi Kapal Turki di Pesisir Libya

1. Seorang penulis buku terkenal

Penulis Harun Yahya Divonis Penjara 1.075 Tahun oleh Pengadilan Turkifacebook.com/a9tv.global

Sebagai seorang penulis, Oktar bukanlah nama yang asing dalam bidang ini. Ia telah menulis lebih dari 300 buku tentang masalah politik, agama, dan sains populer.

Buku-bukunya itu telah diterjemahkan ke dalam 76 bahasa.

2. Pernah ditangkap pada 1986 namun dibebaskan

Penulis Harun Yahya Divonis Penjara 1.075 Tahun oleh Pengadilan Turkifacebook.com/a9tv.global

Sebelumnya pada 1986, Oktar juga ditangkap dengan tuduhan mencoba menggunakan agama atau perasaan religius untuk mengubah sebagian struktur sosial, ekonomi, atau politik negara sekuler. Namun, pengadilan menolak tuduhan tersebut, setelah itu Oktar dibebaskan dari semua tuduhan dan dikeluarkan dari tahanan.

Beberapa media Turki juga telah melaporkan bahwa Oktar adalah pemimpin sekte Islam semu, di mana perbudakan seksual dan seks berkelompok dipraktikkan.

Baca Juga: Spesialis Makjang, Ini 5 KDrama Populer Karya Penulis Kim Sun Ok 

3. Mengkritik teori evolusi Darwin

Penulis Harun Yahya Divonis Penjara 1.075 Tahun oleh Pengadilan Turkifacebook.com/a9tv.global

Menurut The Guardian, salah satu kontroversi Oktar yang terkenal adalah bahwa dia telah menyebut Charles Darwin berbohong tentang teori evolusinya. Ia mengatakan, tidak percaya makhluk hidup berevolusi.

“Hampir 100 juta fosil telah ditemukan sejauh ini. Semua ini menunjukkan bahwa tumbuhan, hewan, manusia dan serangga tidak pernah mengalami evolusi apapun dan semuanya diciptakan dengan cara yang sama oleh Tuhan. Kita dapat melihat fakta ini pada setiap fosil yang kita datangi. Tidak ada fosil yang membuktikan sebaliknya. Jika mereka bisa menunjukkannya, saya akan memberi mereka 10 triliun Lira Turki,” katanya pada suatu kesempatan.

“Tidak ada fosil untuk membuktikan teori Darwin. Jika mereka dapat menunjukkan beberapa fosil, saya akan memberi mereka hadiah 10 triliun. Tetapi ada hampir 100 juta fosil yang membuktikan penciptaan. Di Turki, kami telah memamerkan ribuan dari mereka,” lanjut Oktar.

https://www.youtube.com/embed/pZh5b9QG-80

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya