Comscore Tracker

Ini Planet Terdingin sampai Paling Panas di Tata Surya 

Bumi planet terpanas urutan ketiga yaitu 58°C di Gurun Libya

Sejauh ini, dalam tata surya, hanya bumi satu-satunya planet yang bisa dihuni oleh manusia. Sementara, planet lain kondisinya masih cukup ekstrem untuk ditempati manusia. Baik karena kadar oksigen yang terlalu rendah, maupun karena suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas.

Nah ini urutan planet dari yang paling dingin hingga yang terpanas. Dan kira-kira bumi ada di urutan nomor berapa ya? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Pluto

Ini Planet Terdingin sampai Paling Panas di Tata Surya sciencenews.org

Pluto menjadi planet paling dingin di tata surya. Bukan hanya karena letaknya yang paling jauh dari matahari, tetapi juga komposisinya yang terbuat dari es dan batu. Planet kecil ini memiliki suhu terdingin -233ºC, sebagaimana dijelaskan dalam laman Space. So cold!

Suhu pada permukaan lebih dingin daripada suhu atmosfer karena pengaruh zat metana yang menyebabkan intervensi suhu. Sementara, jika sedang hangat, suhu ini bisa menyuburkan nitrogen yang ada di atmosfer Pluto sebagaimana diungkap dalam laman World Atlas.

2. Neptunus

Ini Planet Terdingin sampai Paling Panas di Tata Surya techspot.com

Planet dengan urutan ke-8 di tata surya ini memiliki suhu terdingin -218ºC dan suhu terhangat -200ºC, seperti diungkap pada laman Universe Today. Hidrogen dan helium adalah zat penyusun utama planet Neptunus. Planet ini sering dilanda badai besar dengan angin yang sangat kencang sehingga membuat suhu di dalamnya menjadi semakin dingin.

Dibandingkan dengan bumi, Neptunus menerima sinar matahari 1000 kali lebih sedikit. Atmosfernya terdiri dari gas metana, hidrogen, helium dan amonia. Sementara, bagian inti planet diperkirakan memiliki suhu sekitar 7000ºC seperti diungkap laman Sciencing.

3. Uranus

Ini Planet Terdingin sampai Paling Panas di Tata Surya worldatlas.com

Uranus memegang posisi sebagai planet terdingin ke-3 setelah Neptunus. Suhu terdingin di planet ini adalah -218°C dan suhu terhangat -153°C, terang laman Space. Komposisi Uranus terdiri dari hidrogen, helium dan metana. Sementara, suhu inti planet Uranus sekitar 5.000°C, sedikit lebih dingin dari inti planet Neptunus.

Ukuran planet Uranus lebih besar dari bumi. Diameter planet Uranus adalah 50.724 kilometer, sementara diameter bumi hanya sekitar 12.742 kilometer. Atmosfer bagian atas planet terdiri dari air, amonia dan kristal es metana yang memberi planet ini warna biru pucat, tutur laman Space Facts.

4. Saturnus

Ini Planet Terdingin sampai Paling Panas di Tata Surya wwjnewsradio.radio.com

Berikutnya, Saturnus. Planet bercincin ini memiliki suhu terdingin sekitar -173°C dan suhu terhangat -113°C sebagaimana diungkap laman Space. Komposisi Saturnus adalah hidrogen, helium, belerang, metana, amonia, nitrogen dan oksigen. Saturnus memiliki inti berbatu, 10-20 kali massa bumi yang dikelilingi dengan hidrogen logam cair.

Meski suhu luarnya termasuk dingin, Saturnus memiliki suhu inti planet yang sangat panas. Tak tanggung-tanggung, suhu inti planet mencapai 11.700°C lho! Tingginya suhu inti planet Saturnus juga dipengaruhi oleh ukurannya. Saturnus memiliki diameter planet sekitar 116.460 kilometer, hampir 10 kali lipat ukuran planet bumi!

5. Jupiter

Ini Planet Terdingin sampai Paling Panas di Tata Surya mnn.com

Planet terbesar di tata surya ini memiliki suhu terdingin -160°C dan suhu terhangat -100°C. Ini adalah suhu yang ada di permukaan hingga 50 kilometer ke atas. Namun, di bagian atmosfer dengan ketinggian 1.000 kilometer di atas permukaan planet, suhunya bisa mencapai 725°C, seperti dijelaskan dalam laman Space.

Sama dengan beberapa planet lainnya, komposisi utama Jupiter adalah hidrogen dan helium. Suhu inti planet Jupiter luar biasa panas, bisa mencapai hingga 35.000°C! Tidak bisa dibayangkan untuk hidup di planet ini. Fakta unik lain seputar Jupiter adalah jumlah satelit alaminya yang sangat banyak. Tercatat, Jupiter memiliki satelit alami berjumlah 79 buah!

Baca Juga: Ternyata Ada Batas Jumlah Maksimum Planet di Tata Surya, Sudah Tahu? 

6. Mars

Ini Planet Terdingin sampai Paling Panas di Tata Surya science.howstuffworks.com

Tetangga bumi ini memiliki suhu yang cukup ramah bila dibandingkan dengan yang lain. Tercatat, suhu terdingin planet Mars ialah -60°C dan suhu terhangatnya mencapai 20°C. Sementara, suhu di bagian kutub planet Mars adalah -125°C dan suhunya ketika malam hari ialah -73°C, sebagaimana diterangkan pada laman Space.

Atmosfer planet Mars 100 kali lebih tipis dari bumi dan menyebabkan Mars kesulitan mempertahankan energi panas. Mars memiliki inti planet yang terdiri dari besi metalik dan nikel yang dikelilingi oleh mantel dan kerak silikat. Tahukah kamu darimana warna merah planet ini berasal? Warna merah yang khas disebabkan oleh oksidasi besi di permukaannya.

7. Bumi

Ini Planet Terdingin sampai Paling Panas di Tata Surya nationalgeographic.com.au

Nah ini dia planet yang kita huni. Bumi menempati posisi sebagai planet terdingin nomor 7 dan planet terpanas di urutan ketiga. Suhu terdingin bumi ialah -88°C yang tercatat di Vostok Station, Antartika. Sementara, suhu terpanasnya adalah 58°C di Gurun Libya yang membentang dari Libya bagian timur hingga ujung barat laut Sudan. Bisa dibayangkan betapa panasnya jika kita hidup di Gurun Libya.

Sekitar 71 persen permukaan bumi terdiri dari air dan 95 persen di antaranya berbentuk air laut. Bagian kerak bumi terdiri dari 46,6 persen oksigen, 27,7 persen silikon, 8,1 persen aluminium, 5 persen besi, 3,6 persen kalsium, 2,8 persen natrium, 2,6 persen kalium dan 2,1 persen magnesium, sebagaimana diungkap pada laman Space.

8. Merkurius

Ini Planet Terdingin sampai Paling Panas di Tata Surya worldatlas.com

Merkurius adalah planet paling dekat dengan matahari. Namun, planet ini berada di urutan kedua planet terpanas di tata surya. Suhu terpanas di permukaan Merkurius mencapai 449°C dan suhu terdingin adalah -170°C. Seperti dijelaskan dalam laman Universe Today, diperkirakan komposisi Merkurius terdiri dari 70 persen logam dan 30 persen silikat.

Sama halnya dengan planet lain, Merkurius terdiri dari kerak, mantel dan inti planet. Bagian inti menyumbang 42 persen dari keseluruhan planet dan terdiri dari besi dalam jumlah besar. Sementara, bagian permukaan memiliki tampilan yang mirip dengan bulan, seperti daratan yang luas dengan kawah yang tidak aktif selama miliaran tahun.

9. Venus

Ini Planet Terdingin sampai Paling Panas di Tata Surya scienceabc.com

Nah, ini dia planet terpanas di tata surya. Yup, it's Venus! Suhu rata-rata Venus adalah 460°C, berdasarkan laman Universe Today. Suhu yang tinggi ini bukan hanya disebabkan letaknya yang paling dekat dengan matahari, tetapi juga karena planet ini ditutupi oleh lapisan awan tebal yang terdiri dari karbon dioksida.

Karbon dioksida ini mencegah panas dari matahari keluar kembali ke luar angkasa. Planet ini pun terus-menerus menyerap panas dari matahari dan membuat suhunya semakin meninggi. Panasnya Venus memperkecil kemungkinan manusia bisa tinggal di dalamnya dan rasanya sangat tidak memungkinkan untuk tinggal di sana.

Nah, itulah urutan planet di tata surya, mulai dari terdingin hingga  yang paling panas. Bumi memiliki suhu yang paling ideal untuk kehidupan manusia saat ini.

Baca Juga: 7 Fakta Sistem Pertahanan Planet Bumi, Seperti di Film Armageddon 

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya