Comscore Tracker

Bahaya, Menhub Kembali Minta Pemudik Tak Gunakan Motor

Ingat, ada keluarga menanti di rumah

Palembang, IDN Times - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kembali menyampaikan imbauannya jelang arus mudim 2019. Ia meminta semua pemudik untuk tidak menggunakan motor. Alasannya tak lain karena motor dianggap sebagai moda trasportasi dengan risiko tinggi untuk perjalanan jauh. Hal ini disampaikannya saat ditemui di stasiun LRT Ampera, Kota Palembang, Jumat (10/5).

 

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

1. Mudik menggunakan motor, berbahaya

Bahaya, Menhub Kembali Minta Pemudik Tak Gunakan MotorIDN Times/Rangga Erfizal

Menurutnya, masyarakat setiap tahunnya lebih memilih untuk melakukan perjalanan mudik menggunakan kendaraan roda dua karena mereka nilai lebih cepat dan simpel. Namun Budi mengingatkan, di balik itu semua, mudik menggunakan kendaraan motor sangat berbahaya dan perlu fisik yang prima.

"Orang kita ini kebanyakan senang mudik pakai motor, tapi saya imbau jangan karena berbahaya," ujar Budi.

2. Pemerintah menyediakan angkutan gratis

Bahaya, Menhub Kembali Minta Pemudik Tak Gunakan MotorIDN Times/Rangga Efrizal

Selain motor sebagai kendaraan pribadi, pemerintah sudah menyiapkan berbagai macam alternatif kendaraan umum yang dapat digunakan masyarakat untuk melakukan mudik. Masyarakat bisa memilih kereta api, kapal, hingga bus gratis.

"Kita wanti-wanti para pengguna motor. Kepada saudara tercinta ini. Kita menyarankan, gunakan fasilitas publik gratis ada mobil, kapal dan kereta api," jelas dia.

3. Menhub memastikan Tol Palembang-Lampung bisa dilewati pemudik

Bahaya, Menhub Kembali Minta Pemudik Tak Gunakan MotorIDN Times/Rangga Erfizal

Saat ditanya persiapan jalan Tol Palembang - Lampung, Budi mengatakan masih akan melakukan pengecekan terlebih dulu ke lapangan guna memastikan kesiapan mudik hari Raya idul Fitri 2019.

"Kita akan cek dulu, jika memang sudah bisa difungsionalkan maka pemudik sudah bisa menggunakan tol secara gratis," kata Budi.

Baca Juga: Kemenhub Prediksi Pemudik dari Jabodetabek Tembus 14,9 Juta Orang

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya