Menhub Kembali Imbau Mudik Jangan Gunakan Motor 

Kemenhub sediakan fasilitas kendaraan umum mudik gratis

Palembang, IDN Times - Meskipun baru memasuki pekan pertama puasa, persiapan mudik tetap menjadi prioritas utama pemerintah. Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui di stasiun LRT Ampera, Kota Palembang, Jumat (10/5).

Dalam kunjungan ke Palembang, Menteri Perhubungan dalam kabinet Kerja Presiden Joko Widodo tersebut mengimbau bagi masyarakat untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor lantaran dianggap berisiko tinggi.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

1. Mudik menggunakan motor, berbahaya

Menhub Kembali Imbau Mudik Jangan Gunakan Motor IDN Times/Rangga Erfizal

Menurutnya, masyarakat setiap tahunnya lebih memilih untuk melakukan perjalanan mudik menggunakan kendaraan roda dua karena mereka nilai lebih cepat dan simpel. Namun Budi mengingatkan, di balik itu semua, mudik menggunakan kendaraan motor sangat berbahaya dan perlu fisik yang prima.

"Orang kita ini kebanyakan senang mudik pakai motor, tapi saya imbau jangan karena berbahaya," ujar Budi.

2. Pemerintah menyediakan angkutan gratis

Menhub Kembali Imbau Mudik Jangan Gunakan Motor 

Selain motor sebagai kendaraan pribadi, pemerintah sudah menyiapkan berbagai macam alternatif kendaraan umum yang dapat digunakan masyarakat untuk melakukan mudik. Masyarakat bisa memilih kereta api, kapal, hingga bus gratis.

"Kita wanti-wanti para pengguna motor. Kepada saudara tercinta ini. Kita menyarankan, gunakan fasilitas publik gratis ada mobil, kapal dan kereta api," jelas dia.

3. Menhub memastikan Tol Palembang-Lampung bisa dilewati pemudik

Menhub Kembali Imbau Mudik Jangan Gunakan Motor IDN Times/Rangga Erfizal

Saat ditanya persiapan jalan Tol Palembang - Lampung, Budi mengatakan masih akan melakukan pengecekan terlebih dulu ke lapangan guna memastikan kesiapan mudik hari Raya idul Fitri 2019.

"Kita akan cek dulu, jika memang sudah bisa difungsionalkan maka pemudik sudah bisa menggunakan tol secara gratis," kata Budi.

Baca Juga: Kemenhub Prediksi Pemudik dari Jabodetabek Tembus 14,9 Juta Orang

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya