Comscore Tracker

Ada 5 Juta Pendaftar, Tes CPNS Dimulai Januari Tahun Depan

Siap-siap dan tentu jangan lupa doa

Jakarta, IDN Times - Badan Kepegawaian Negara jumlah akun yang telah mendaftar tes Calon Pegawai Negeri Sipil menyentuh angka lima juta. Meski begitu, masih ada beberapa formasi yang sepi bahkan nihil peminat. Rencananya, tes awal akan dimulai pada Januari mendatang.

1. Ada empat kementerian yang paling diminati

Ada 5 Juta Pendaftar, Tes CPNS Dimulai Januari Tahun DepanIDN Times/Muhamad Iqbal

Ada empat kementerian yang masuk dalam jajaran instansi paling diminati dalam seleksi CPNS 2019. Kementerian yang paling tinggi peminatnya adalah Kementerian Hukum dan HAM.

Kementerian yang dipimpin oleh Yasonna Laoly ini mendapat 708.488 pelamar. Urutan kedua ditempati oleh Kementerian Agama dengan jumlah pelamar 183.494.

Masih dalam jajaran sepuluh besar, Kementerian Perhubungan berada di peringkat kesembilan dengan jumlah pelamar 34.323. Pada peringkat kesepuluh ada pula kementerian yang kini dipimpin Nadiem Anwar Makariem, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan total pelamar 33.606.

Baca Juga: CPNS 2019, Syarat Pendaftaran dan Dokumen yang Perlu Disiapkan

2. Lima juta akun tercatat telah mendaftar CPNS

Ada 5 Juta Pendaftar, Tes CPNS Dimulai Januari Tahun DepanIlustrasi. IDN Times/Irma Yudistirani

BKN mencatat ada 5.035.715 akun yang telah dibuat untuk mengikuti seleksi CPNS 2019. 4.382.047 di antaramya telah mengisi formulir dan 4.071.025 telah melakukan submit untuk keperluan seleksi CPNS 2019.

Masih ada sejumlah formasi yang nihil peminat meski pendaftar CPNS mencapai angka lima juta. Sepuluh formasi terbawah diisi oleh formasi asisten ahli sebagai dosen di berbagai bidang ilmu. Mulai dari Arkeologi, Asas-Asas Kebudayaan Islam, Audit Perbankan, hingga Ilmu Jiwa Pendidikan.

3. Tes seleksi kompetensi dasar bisa dimulai pada awal tahun 2020

Ada 5 Juta Pendaftar, Tes CPNS Dimulai Januari Tahun Depan(Ilustrasi) IDN Times/Arief Rahmat

Dihubungi IDN Times pada Sabtu (30/11), PLH Karo Humas BKN, Mohammad Ridwan menyatakan rincian jadwal ujian seleksi CPNS kini tengah dalam penyusunan. "Kemungkinan 27 Januari 2020 sudah ada yang mulai SKD (Seleksi Kompetensi Dasar)," kata Ridwan lewat pesan singkat kepada IDN Times.

Terkait dengan instansi penyelenggara SKD CPNS 2019, Ridwan mengatakan semua opsi sedang dipertimbangkan. "Untuk instansi daerah, ada yang menyelenggarakan bersama (4-5 kabupaten/kota di suatu tempat, cost sharing), ada juga yang sendiri-sendiri," kata Ridwan.

Sedangkan untuk kementerian dan lembaga menurut dia sebagian besar akan menggunakan fasilitas eksisting yang dimiliki BKN. "Again, mekanisme rinci sedang disusun," kata dia lagi. 

Baca Juga: Ini 28 Provinsi yang Buka Pendaftaran CPNS, Terbanyak DKI Jakarta 

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You